KEMERIAHAN HUT RI KE-66 DI TOBA SAMOSIR DENGAN SEMANGAT NASIONALISME DAN KEBHINEKAAN

Upacara pengibaran Sang Merah Putih dalam rangka memperingati HUT Proklamasi Kemerdekaan RI Ke-66 tingkat Kabupaten Toba Samosir berlangsung di Lapangan Sisingamgaraja XII, Balige dengan penuh hikmad, Rabu (17/08). Mengambil tempat pada mimbar kehormatan, Bupati Toba Samosir Pandapotan Kasmin Simanjuntak bertindak selaku Inspektur Upacara dengan Komandan Upacara Dan Sub Denpom 1/2-6 Balige Kapten CPM Dwi Darsono.

Rangkaian upacara detik-detik Proklamasi yang berlangsung hikmat ini, dilanjutkan dengan pembacaan teks Proklamasi Kemerdekaan RI oleh Ketua DPRD Toba Samosir Sahat Panjaitan. Sebelum pembacaan teks Proklamasi, juga terdengar dentuman tembakan salvo ke udara dan raungan sirene untuk mengiringi pembacaan naskah yang menjadi tonggak kemerdekaan bagi Bangsa Indonesia ini. Sementara itu, tidak lupa untuk mengenang pengorbanan dan perjuangan para pendahulu bangsa ini dalam merebut kemerdekaan, Inspektur Upacara Pandapotan Kasmin Simanjuntak mengajak seluruh peserta upacara untuk mengheningkan cipta sejenak.

Kemudian ke-25 para pasukan pengibar bendera (Paskibra) yang terpilih dari siswa/i SMA/SMK di Kabupaten Toba Samosir mengisi acara dengan mengibarkan sang merah putih dipimpin langsung Komandan Upacara. Selama proses pengibaran bendera, terlihat para kesatuan upacara (barisan peserta upacara-red) sangat antusias mengikuti detik demi detik proses pengibaran bendera ini. Kesatuan upacara yang mengikuti upacara ini terdiri dari kesatuan upacara siswa/i TK/PAUD, SD, SLTP, SMA/SMK, Mahasiswa, TNI/Polri dan OKP/Ormas,

Setelah berakhirnya upacara Detik-Detik Proklamasi, Bupati Pandapotan Kasmin Simanjuntak beserta Uspida kemudian didaulat untuk menerima rombongan karnaval anak-anak TK/PAUD, SD/SLTP/SLTA, Mahasiswa/i, Ormas/OKP dan para PNS di Lingkungan Pemkab Toba Samosir. Pada parade karnaval ini, terlihat kemeriahan dari ekspresi yang ditampilkan oleh anak-anak PAUD/TK guna merayakan HUT RI ini. Dengan raut wajah penuh semangat nasionalisme dan keluguannya, para anak-anak ini memamerkan kebolehannya selama karnaval berlangsung.

Diterima Bupati, bergantian parade rombongan peserta karnaval melewati tribun kehormatan untuk memberikan penghormatan kepada Bupati beserta rombongan. Selama berlangsungnya parade ini, terlihat para pengunjung dari masyarakat Toba Samosir khususnya masyarakat Balige sangat antusias menyaksikan berbagai atraksi yang diperlihatkan para peserta parade khususnya pola tingkah lucu dari anak-anak TK/PAUD yang mengundang gelak tawa para pengunjung. Parade peserta karnaval ini juga mampu memancarkan semangat nasionalisme mengingat teriknya matahari, namun tidak menyurutkan semangat nasionalis para peserta karnaval. Juga terlihat sajian penggunaan pakaian adat dari berbagai suku dan daerah di Wilayah Republik Indonesia oleh peserta pawai sebagai wujud apresiasi atas ke-Bhineka-an di Indonesia.

Peringatan HUT RI Ke-66 tingkat Kabupaten Toba Samosir kali ini mengangkat thema “Dengan Semangat Proklamasi 17 Agustus 1945, Kita Tingkatkan Kesadaran Hidup dalam ke-Bhineka-an, untuk kokohkan Persatuan NKRI, Kita Sukseskan Kepemimpinan Indonesia dalam Forum ASEAN untuk Kokohkan Solidaritas ASEAN”.

Selama berlangsungnya upacara ini, pada tribun kehormatan terlihat Wakil Bupati Toba Samosir Liberty Pasaribu, Ketua DPRD Toba Samosir Sahat Panjaitan, Kapolres Toba Samosir AKBP Musa Tampubolon, Kajari Balige Timbul Pasaribu, Kepala PN Balige Natsir Simanjuntak. Hadir juga mantan Bupati Toba Samosir Sahala Tampubolon, para tokoh masyarakat serta para Legiun Veteran Republik Indonesia dan undangan lainnya.

PEMBERIAN REMISI

Sebelum upacara detik-detik Proklamasi berlangsung, Rabu (17/08) sekitar pukul 08.00 Wib, Bupati Toba Samosir Pandapotan Kasmin Simanjuntak dan Wakil Bupati Liberty Pasaribu beserta Uspida dan rombongan lainnya melangsungkan upacara pemberian remisi kepada warga binaan Rumah Tahanan (Rutan) Kelas B Balige di halaman Rutan Balige, Rabu (17/08).

Melalui upacara singkat di Rutan Balige, Bupati Toba Samosir menyerahkan secara simbolis Surat Keputusan Menteri Hukum dan HAM tentang pemberian remisi dalam rangka HUT RI kepada 60 orang warga binaan Rutan Balige. Adapun warga binaan yang mendapat remisi, antara lain Jeko Marpaung dan Misiun Aruan yang mendapat remisi 6 bulan, Dolkan Siahaan mendapat remisi 2 bulan, serta Boy Sitinjak dan Frengky Silaen yang masing-masing mendapat remisi 1 bulan. Kedua nama terakhir, karena masa hukumannya tinggal sebulan lagi, dengan remisi tadi keduanya dinyatakan bebas. Acara ini juga diisi dengan pembacaan sambutan tertulis Menteri Hukum dan HAM RI oleh Bupati Toba Samosir atas pemberian remisi kepada warga binaan rutan ini.

UPACARA TAPTU dan RENUNGAN SUCI

Sehari sebelumnya, Selasa (16/08), sekitar pukul 18.30 Wib, masih dalam rangkaian memeriahkan HUT RI Ke-66 tingkat Kabupaten Toba Samosir juga dilaksanakan upacara TAPTU dengan Dandim 0210 Taput/Tobasa Letkol Inf Habzen Sianturi selaku inspektur upacara. Sebelum kesatuan-kesatuan peserta upacara Taptu dilepas, Komandan Upacara Ipda R. Sembiring menyampaikan laporan kesiapan pelaksanan Taptu.

Pelaksanaan Taptu ini ditandai dengan penyalaan obor induk oleh Inspektur Upacara yang dilanjutkan dengan penyalaan obor para peserta Taptu. Kemudian peserta Taptu diberangkatkan untuk mengelilingi kota Balige melalui rute yang telah ditentukan, dengan start dari pelataran Kantor Bupati Toba Samosi  melalui Jl. Sutomo ke Jl. Patuan Nagari dilanjutkan menuju Terminal Mini hingga ke Jl. Raja Paindoan, Jl. Gereja, Jl. Sisingamangaraja, Jl. DI Panjaitan, Jl. Mulia Raja dan berakhir di Lapangan Sisingamangaraja XII, Balige.

Masih dalam rangkaian acara perayaan HUT RI Ke-66 tingkat Kabupaten Toba Samosir, Rabu, (17/08) sekitar pukul 24.00 Wib juga dilangsungkan Apel Kehormatan dan Renungan Suci untuk memberikan penghormatan kepada arwah pejuang kemerdekaan RI di Taman Makam Bahagia, Soposurung, Balige.

Dalam acara yang diisi dengan pembacaan renungan ini, Kapolres Toba Samosir AKBP Musa Tampubolon bertindak selaku Inspektur Upacara dan Komandan Upacara dipimpin oleh Letda Inf Muzakir. Pada kesempatan tersebut, inspektur upacara juga berkesempatan untuk meletakkan krans bunga dan diakhiri dengan memberikan penghormatan terakhir kepada para pahlawan oleh seluruh peserta upacara.

Dalam acara yang berlangsung dengan khusyuk ini, diikuti kesatuan upacara yang terdiri dari anggota Koramil 17/ Balige, Ki Pan A Yonif 125/SMB, Polres Toba Samosir, Veteran, Korpri, OKP dan Pramuka. Inspektur

(Relis Bagian Humas dan Protokol Setdakab Toba Samosir)

About these ads
This entry was posted in Humas. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s