SUKSES SEBAGAI PASKIBRA, KEDEPANNYA HARUS SEBAGAI TELADAN

Setelah sukses menjalankan tugasnya dengan baik sebagai pasukan pengibar bendera (paskibra) dalam mengibarkan dan menurunkan sang Merah Putih pada acara puncak Perayaan Detik-Detik Proklamasi HUT RI ke-66 tingkat Kabupaten Toba Samosir, bertempat di Balai Data Kantor Bupati Toba Samosir di Balige, Kamis (18/08), Bupati Toba Samosir Pandapotan Kasmin Simanjuntak didampingi Wakil Bupati Liberty Pasaribu melepas sekaligus membubarkan pasukan pengibar bendera melalui sebuah upacara singkat namun penuh makna. Dengan disaksikan para kepala sekolah dari masing-masing perwakilan yang siswa/i nya terpilih selaku Paskibra, acara pelepasan dan pembubaran Paskibra tingkat  Kabupaten Toba Samosir ini ditandai dengan pelepasan tanda paskibra secara simbolik oleh Bupati Toba Samosir dari salah satu paskibra Rakhel Injil Sibarani.

Dalam sambutannya, Bupati memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya dan respon positif atas kinerja para paskibra yang telah sukses melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya dengan baik dan lancar pada prosesi pengibaran dan penurunan bendera HUT RI kemarin. Bupati berharap, agar pengalaman sebagai paskibra setelah melalui proses pelatihan dan pembinaan selama 22 (dua puluh dua) hari dapat ditularkan kepada rekan-rekannya di sekolahnya, terutama dalam menciptakan disiplin diri dan cara belajar yang baik. “Kiranya mereka (siswa/i lain-red) juga dapat mencontoh bagaimana belajar dengan disiplin yang baik”, harap Bupati. Pada kesempatan tersebut, Bupati juga tidak lupa menyampaikan terima kasihnya kepada para pelatih dan pembina paskibra serta seluruh pihak-pihak yang terkait hingga acara puncak perayaan HUT RI ke-66 tingakat Kab. Toba Samosir kemarin berjalan baik.

Ke-25 orang Paskibra yang telah berprestasi terpilih dari siswa/i SMA/SMK di Toba Samosir untuk melaksanakan tugas mengibarkan Sang DwiWarna tersebut adalah : Desmawati Serdiana Gultom dan Irvan Simanjuntak (SMAN 1 Borbor), Rakhel Injil Sibarani (SMAN 1 Narumonda), Indah V. Napitupulu (SMAN 1 Uluan), Gemar S. Marpaung (SMAN 1 Pintu Pohan), Rainim Butar-Butar dan Rikki P. Sidabutar (SMAN 1 Lumban Julu), Fitri Astuti Pane dan Jusinus H. Pardosi (SMAN 1 Habinsaran), Rindella Sinaga dan David Sitorus (SMAN 1 Silaen), Melva Elfrida Sinaga, Charles F. Nahampun, Charno N. Simanjuntak (SMAN 1 Laguboti), Eka Natalia Hasibuan (SMK PGRI 10 Balige), David Sianipar (SMK Yaspor Balige), Anna Bakkara (SMKN 2 Balige), Topri Hutagaol dan Reza Siahaan (SMKN 1 Balige), Patar Sinaga (SMA YAPEBUDHI), Grace Pasaribu (SMAN 1 Balige), Faisal Surya Manurung (SMAN 2 Balige), Cham Ilyas P. Panjaitan, Daniel E. Lumban Toruan dan Trisnawati Y. Sibarani (SMA BTB Balige), serta Arni Jumita Tampubolon dan Manatap Lubis (SMEA Karya Balige).  Pada upacara penaikan bendera kemarin, Rabu (17/08) dengan dikomandoi Charno N Simanjuntak, yang bertugas sebagai pengibar bendera adalah Patar Sinaga dan Irvan Simanjuntak dengan pembawa bendera oleh Anna Bakkara. Sedangkan pada upacara penurunan bendera pada sore harinya, dengan komando Gemar S. Marpaung, Chan Ilyas P. Panjaitan dan Daniel E Lumbantoruan bertugas selaku penggerek penurunan bendera serta Trisnawaty br Sibarani sebagai pembawa baki bendera.

Sementara dalam Doa Pelepasan para Paskibra ini yang dibawakan Frater Flor Halawa, tidak lupa para paskibra ini didoakan hingga nantinya sukses dalam mencapai cita-citanya agar menjadi generasi penerus bangsa yang mampu membawa bangsa dan negara ini ke arah yang lebih baik khususnya dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat, terutama kesejahteraan masyarakat Toba Samosir. Pelepasan Paskibra tingkat Kabupaten Toba Samosir ini diakhiri dengan penyampaian Piagam Penghargaan dan tali kasih dari Pemkab Toba Samosir kepada seluruh paskibra dan pihak-pihak yang telah mendukung suksesnya pelaksanaan upacara.

Senada dengan amanat Bupati, Kabag Humas dan Protokol Arwanto H. Ginting, SSTP dalam siaran persnya berharap para paskibra ini setelah kembali ke sekolahnya nantinya, harus dapat menjadi teladan bagi siswa/i lain terutama untuk generasi muda Toba Samosir serta semakin termotivasi dalam mewujudkan cita-cita mulianya dalam mengharumkan nama bangsa khususnya Toba Samosir kedepannya. “ Dengan demikian, tentunya sebagaiman harapan kita semua,  mereka akan menjadi generasi muda penerus bangsa yang mempunyai disiplin, nasionalisme, patriotisme, berkarakter, dan semangat kebangsaan dilandasi rasa kasih, peduli dan bermartabat”, ujar Arwanto

Plt. Sekdakab Drs. Liberty Manurung, MM Biztel turut hadir menyaksikan pelepasan/ pembubaran paskibra ini. Beberapa pejabat lainnya di lingkungan Pemkab Toba Samosir yang juga hadir antara lain Staf Ahli Bupati CY Hasugian dan TA Dugat Panjaitan, Asisten Pemerintahan Drs. Rudolf Manurung, Kaban Lingkungan Hidup dan Pertambangan Drs. Agust Nadeak, MSi, Kadis Sosial Drs. Sangkap Pasaribu, Kabag Humas dan Protokol Arwanto H. Ginting, SSTP dan pejabat lainnya. Dari unsur TNI/ POLRI juga hadir Danramil Balige Kapten Inf. Pagar Siahaan, Kapolsek Balige AKP Gibson Siagian, Dan Sub Denpom 1/2-6 Balige Kapten CPM Dwi Darsonoserta Dan Kipan Yonif A 125 Simbisa Lettu H. Nainggolan.

(Relis Bagian Humas dan Protokol Setdakab Toba Samosir)

About these ads
This entry was posted in Humas. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s