BUPATI SAMPAIKAN RANPERDA APBD TAHUN 2012 KABUPATEN TOBA SAMOSIR

Dalam pengantar nota keuangan APBD 2012, Bupati Toba Samosir Pandapotan Kasmin Simanjuntak menyampaikan bahwa penyusunan APBD Toba Samosir untuk Tahun 2012 telah didahului dengan penyusunan kebijakan umum anggaran dengan memperhatikan skala prioritas serta dilanjutkan dengan penetapan plafond anggaran sementara. Juga dikatakan Bupati, hasil dari tahapan tersebut telah menghasilkan dokumen yang akan menjadi pedoman karena telah memuat butir-butir kebijakan yang akan ditempuh Pemerintah Daerah sebagai prioritas kegiatan untuk Tahun Anggaran 2012. Pengantar nota keuangan ini disampaikan Bupati Pandapotan Kasmin Simanjuntak pada Rapat Paripurna DPRD Toba Samosir di Gedung DPRD Toba Samosir, Rabu (14/12) di Balige. Rapat paripurna yang dihadiri para anggota DPRD Toba Samosir ini, juga dihadiri Wakil Bupati Toba Samosir Liberty Pasaribu, Sekretaris Daerah Liberty Manurung dan para asisten, staf ahli bupati serta para pimpinan SKPD di lingkungan Pemkab Toba Samosir.

Bupati Pandapotan Kasmin Simanjuntak juga menjabarkan kebijakan-kebijakan yang bermuara pada upaya peningkatan kesejahteraan rakyat dan pengurangan kemiskinan ini akan dilaksanakan melalui pertumbuhan ekonomi yang berkualitas dan berkeadilan sebagaimana visi dan misi Kabupaten Toba Samosir. Ditambahkan Bupati, kebijakan-kebijakan yang semaksimal mungkin dilaksanakan tersebut akan membawa Toba Samosir dalam kondisi pencapaian perwujudan pemerintahan yang bersih dan berwibawa, meningkatnya kualitas pelayanan kesehatan, meningkatnya mutu pendidikan dan pengembangan SDM, peningkatan infrastruktur, pembangunan ekonomi rakyat, optimalisasi sumber daya alam dan terciptanya stabilitas kehidupan bermasyarakat.

Seputar kebijakan ekonomi yang ditempuh, Bupati berharap akan kebijakan ekonomi makro yang ditempuh akan mampu meningkatkan pertumbuhan ekonomi Toba Samosir sebagaimana asumsi ekonomi makro APBN TA 2012 sebesar 6,7 %. “Harapan tersebut akan dapat terwujud, apabila ada kerjasama antara pemerintah dan masyarakat”, pinta Bupati.

Untuk Tahun Anggaran 2012, dalam nota pengantar keuangan yang disampaikan, disampaikan struktur APBD Kabupaten Toba Samosir terdiri dari Pendapatan Daerah sebesar Rp. 575.751.881.000, dan Belanja Daerah Rp. 575.177.462.375, maka akan surplus sebesar Rp. 574.418.625,-. Sementara untuk pembiayaan daerah, meliputi Penerimaan Pembiayaan Daerah sebesar Rp. 1.600.000.000,- dengan Pengeluaran Pembiayaan Daerah senilai Rp. 2.174.418.625,-, jadi pembiyaan netto defisit Rp. 574.418.625,-. Lebih lanjut, untuk alokasi belanja langsung sesuai dengan urusan pemerintahan berdasarkan PP 58 tahun 2005 tentang Pengelolaan Keuangan Daerah, akan dialokasikan kepada 45 (empat puluh lima) satuan kerja perangkat daerah sebagai unit pertanggung jawaban.

(Relis Bagian Humas dan Protokol Setdakab Toba Samosir)

About these ads
This entry was posted in Humas. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s