TOBASA CANANGKAN BULAN BHAKTI GOTONG ROYONG MASYARAKAT DAN KESATUAN GERAK PKK

Bupati Toba Samosir, Pandapotan Kasmin Simanjuntak didampingi Wakil Bupati Liberty Pasaribu melakukan pencanangan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyakarat ke IX yang dirangkai dengan Hari Kesatuan Gerak PKK ke-40, bertempat di Kompleks HKBP Nommensen, Sigumpar pada hari Selasa (08/05) di Kecamatan Sigumpar, Toba Samosir. Acara yang berlangsung hikmat dan sederhana ini, juga dihadiri para pengurus TP PKK tingkat Kecamatan dan Desa serta seluruh Camat se-Kabupaten Toba Samosir. Juga hadir para Asisten, Staf Ahli Bupati serta beberapa kepala SKPD se-Kabupaten Toba Samosir, seperti Asisten Pemerintahan Drs. Rudolf Manurung, Kepala Badan PM dan PD Labinsar Sirait, Kadis Perhubungan dan Infokom Espon Simanjuntak, Camat Sigumpar Arifin Simanjuntak, Kabag Humas dan Protokol Elisber Tambunan dan pejabat lainnya.

Dalam arahannya, Bupati mengingatkan pentingnya kegiatan ini, karena menekankan pada pemberdayaan masyarakat bersama-sama dengan pemerintah untuk menuju kemandirian dalam memenuhi kebutuhan hidup. Dalam pencanangan bulan bhakti gotong royong, Bupati menilai kegiatan ini sebagai upaya menciptakan integritas sosial dan keharmonisan dalam kehidupan bermasyarakat. “Gotong royong  harus tetap kita pertahankan sebagai sistem nilai sosial budaya, yang melibatkan warga untuk mempunyai andil dalam pembangunan”, kata Bupati. Juga menurut Bupati, nilai-nilai gotong royong sesuai dengan dengan semboyan Kabupaten Toba Samosir “Tampakna do Rantosna, Rim Ni Tahi do Gogona” yang bermuara pada penguatan kesatuan dan persatuan.

Sekaitan dengan peringatan Hari Kesatuan Gerak PKK yang ke-40, Bupati berpendapat, adanya sinkronisasi yang tidak terpisahkan antara pelaksanaan gotong royong sebagai bagian perwujudan 10 Program Pokok PKK yang sangat efektif menyentuh sendi-sendi kehidupan masyarakat. Bupati juga mengapresiasi giatnya TP-PKK melakukan pembinaan terhadap desa-desa di Toba Samosir, sebagai wujud peran serta dalam pembangunan nasional. Karena itu, Bupati meminta para camat selaku Ketua Dewan Penyantun PKK di kecamatan, untuk benar-benar memberikan perhatian yang serius dalam membantu kegiatan-kegiatan PKK.

Untuk mewujudkan Kesatuan Gerakan PKK ini, TP-PKK Toba Samosir melakukan perlombaan terhadap desa-desa binaan untuk kategori Desa Percontohan 10 Program Pokok PKK, Desa Program Terpadu Peningkatan Peranan Wanita menuju Keluarga Sehat Sejahtera (PTP2WKSS) dan  Desa menuju Objek Wisata. Dan setelah melakukan pembinaan yang berkesinambungan, TP-PKK Toba Samosir melalui Surat Keputusan Nomor : 7/KEP/PKK-TOBASA/XI/TAHUN 2011, telah menetapkan para pemenang lomba desa binaan, yakni Desa Paindoan, Kecamatan Balige, Desa Lumban Rau Tengah, Kecamatan Nassau dan Desa Lumban Nabolon, Kecamatan Uluan, berturut-turut sebagai Juara I, II dan III untuk kategori Desa Binaan Percontohan 10 Program Pokok PKK. Untuk kategori Desa PTP2WKSS, ditetapkan Desa Nalela, Kecamatan Porsea sebagai Juara Pertama, dan Desa Lumban Pea, Kecamatan Habinsaran dan Desa Lumban Rau Tenggara, Kecamatan Nassau, sebagai juara kedua dan ketiga. Sedangkan, untuk kategori Desa menuju Objek Wisata dimenangkan Desa Jangga Dolok, Kecamatan Lumban Julu dengan terbaik kedua dan ketiga masing-masing diraih Desa Sibadihon, Kecamatan Bonatua Lunasi dan Desa Halado, Kecamatan Pintu Pohan Meranti. Dengan didampingi camat masing-masing, para kepala desa pemenang lomba, menerima trophy dan piagam penghargaan, yang secara berturut-turut diserahkan Bupati Pandapotan Kasmin Simanjuntak, Ketua TP PKK Ny. Netty Pandapotan Kasmin Simanjuntak, Wakil Bupati Liberty Pasaribu, Wakil Ketua TP PKK Ny. Agustina Liberty Pasaribu, Wakil Ketua DPRD Rahmat K. Manullang, Kajari Balige Timbul Pasaribu, dan Kapolres Toba Samosir AKBP Budi Suherman disaksikan undangan yang hadir. Sebelumnya, dalam merayakan Hari Kesatuan Gerak PKK ini, Ketua dan Wakil Ketua TP-PKK, juga melakukan pemotongan nasi tumpeng, yang selanjutnya diserahkan kepada Bupati dan Wakil Bupati.

Pada kesempatan tersebut, juga secara simbolis diserahkan alat-alat gotong royong yang diterima perwakilan masyarakat setempat serta penyerahan bibit tanaman jenis mangga, ingul dan durian yang diterima Kelompok Tani Tunas Muda. Para kader kelompok Bina Keluarga Balita (BKB) Marsangap Kecamatan Sigumpar juga menerima kaos kader. Adapun tema yang diangkat pada acara ini, adalah “Melalui Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat dan Hari Kesatuan Gerak PKK, Kita Tingkatkan Persatuan dan Kesatuan serta Partisipasi Masyarakat menuju Kemandirian Bangsa”.

BUPATI JUGA RESMIKAN KEGIATAN FISIK PNPM-MP

Pada kegiatan ini, juga dilakukan peresmian 5 (lima) kegiatan fisik Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat – Mandiri Perdesaan (PNPM-MP) TA. 2011 di wilayah Kecamatan Sigumpar, yang ditandai dengan penandatangan prasasti oleh Bupati Pandapotan Kasmin Simanjuntak. Kegiatan fisik yang diresmikan tersebut, meliputi Pembangunan Saluran Irigasi dan Perkerasan Jalan di Desa Sigumpar, Pembangunan Tembok Penahan Tanah di Desa Marsangap, Pembangunan Saluran Irigasi di Desa Situa-tua, dan di Desa Sigumpar Julu juga berupa pembangunan saluran irigasi. Ke-5 kegiatan fisik ini menghabiskan dana sebesar Rp. 916.066.000,- dengan perincian Rp. 880.006.000,- dana pemerintah dan Rp. 36.000.000,- yang bersumber dari swadaya masyarakat setempat. Selanjutnya, guna mendukung kegiatan PNPM-MP TA. 2012, secara simbolis, Bupati juga menyerahkan alokasi dana TA. 2012 sebesar Rp. 650.000.000,- yang diterima UPK PNPM-MP Kecamatan Sigumpar. “Saya minta dana ini dikelola  sebaik-baiknya, sebagaimana prosedur dan Petunjuk Teknis Operasional PNPM-MP”, kata Bupati mengingatkan.

Melihat besarnya keterbukaan dan peluang akan peran serta masyarakat pada pelaksanaan PNPM-MP, Bupati berharap, disamping kegiatan pembangunan fisik/ sarana prasarana, kedepannya program PNPM-MP juga menitik beratkan pada pembangunan sumber daya manusia. “Juga melalui program ini, agar tetap memperhatikan prinsip prioritas, yakni mengutamakan dan meperhatikan fungsi kemanfaatan untuk kepentingan bersama”, harap Bupati. Karena itu, agar manfaat pembangunan fisik yang dilakukan dapat dirasakan secara berkesinambungan, Bupati meminta agar hasil pembangunan tersebut dapat dipelihara serta dilestarikan.

(Relis Bagian Humas dan Protokol Setdakab Toba Samosir)

About these ads
This entry was posted in Humas and tagged , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s