KETUA TP PKK TOBASA : PENGURUS PKK HARUS AKTIF MEMANTAU PELAKSANAAN 10 PROGRAM POKOK PKK

Ketua TP PKK Toba Samosir, Ny. Netty Pandapotan Kasmin Simanjuntak br. Pardosi mengatakan, guna keberhasilan gerakan PKK di Kabupaten Toba Samosir, TP PKK Kecamatan, desa dan kelurahan harus berperan aktif serta tekun memantau sejauhmana pelaksanaan 10 Program Pokok PKK di kalangan masyarakat. Demikian disampaikannya, pada pembukaan Latihan Pengelola Program dan Penyuluhan (LP3) Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga bagi seluruh Pengurus TP PKK Kabupaten, Kecamatan dan Desa/ Kelurahan se-Kabupaten Toba Samosir, bertempat di Balai Data Kantor Bupati Toba Samosir, Jumat (08/06) di Balige.

Lebih lanjut dikatakan Ny. Netty, sistem rentang kendali 1-3-6-9-12 serta kegiatan-kegiatan lainnya, khusus yang berkaitan dengan sistem administrasi harus dipedomani sebagaimana amanat Rakernas VII PKK Tahun 2010 yang lalu. Ditambahkannya, kegiatan-kegiatan prioritas yang merupakan program nasional TP PKK agar menjadi perhatian khusus TP PKK dalam pencapaiannya. Kegiatan prioritas tersebut antara lain meliputi beberapa lomba seperti Lomba Tertib Administrasi PKK, Lomba tentang Pencegahan KDRT, Lomba UP2K, Lomba Pemanfaatan Halaman Pekarangan dan Pemanfaatan Tanaman Obat Keluarga (TOGA)  dan Lomba Lingkungan Bersih dan Sehat.

Melalui pelatihan tersebut, Ny. Netty br Pardosi yang didampingi Wakil Ketua TP PKK Kabupaten Tobasa, Ny. Agustina Liberty Pasaribu berharap, produktifitas dan kerjasama antara TP PKK dengan instansi terkait akan semakin meningkat, sehingga sasaran pelaksanaan program PKK dapat tercapai. Karena pada dasarnya, dikatakannya, seluruh rangkaian kegiatan tersebut membutuhkan kemitraan dengan instansi terkait serta dukungan masyarakat.

Sementara dalam arahannya, Bupati Toba Samosir Pandapotan Kasmin Simanjuntak menyebutkan, gerakan Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga merupakan bagian dari pembangunan Nasional yang tumbuh dari, oleh dan untuk masyarakat. Dikatakannya lagi, gerakan ini secara terpadu dan serasi telah terintegrasi mulai dari tingkat Nasional, Provinsi, Kabupaten/ Kota, Desa/ Kelurahan hingga ke kelompok-kelompok Dasa Wisma.

Karena itu, untuk mengoptimalkan kegiatan gerakan PKK ini, Bupati menghimbau dan mengajak lembaga masyarakat, dunia usaha dan lembaga pemerintah serta dengan dukungan masyarakat untuk membentuk kemitraan sebagai tanggung jawab sosial dalam mewujudkan kesejahteraan keluarga. Untuk lingkungan Pemerintah Kabupaten Toba Samosir, Bupati meminta jajarannya, agar berbagai kegiatan untuk wanita yang diprogramkan pada SKPD, dalam pelaksanaannya dapat bekerjasama dengan PKK. “Saya harapkan, agar para anggota dewan penyantun, SKPD, baik secara pribadi ataupun kedinasan, berperan aktif memberikan dukungan demi kelancaran pelaksanaan Program PKK”, himbau Bupati.

Disamping dukungan tersebut, untuk keberhasilan program PKK, Bupati meminta agar pengurus TP PKK, dapat membuat rencana kerja yang proporsional serta terjadwal, didukung dengan kerjasama yang ulet dan penuh kesungguhan. Selanjutnya menurut Bupati, para pengurus perlu meningkatkan profesionalisme dan pengetahuan serta wawasan akan program yang jalankan.

Pelatihan yang dihadiri para pengurus TP PKK Kabupaten, Kecamatan, Desa/ Kelurahan serta para Camat se-Kabupaten Toba Samosir ini, menghadirkan narasumber dari Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa kabupaten Toba Samosir.

(Relis Bagian Humas dan Protokol Setdakab Toba Samosir)

About these ads
This entry was posted in Humas. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s