DINAS PENDIDIKAN TOBASA SOSIALISASIKAN POLA PENGGUNAAN DANA ALOKASI KHUSUS TA 2012

Bupati Toba Samosir melalui Wakil Bupati Liberty Pasaribu memberikan pengarahan kepada kepala sekolah dan komite sekolah penerima DAK 2012, di Aula SMK N 1 Balige, Senin (09/07).

Peningkatan aksebilitas dan mutu pendidikan merupakan salah satu prioritas utama pembangunan di Toba SAmosir, maka demi berhasil gunanya pelaksanaan Dana Aloksi Khusus bidang Pendidikan, Pemerintah Kabupaten Toba Samosir melalui Dinas Pendidikan Kabupaten Toba Samosir menggelar Sosialisasi Pengelolaan dan Pelaksanaan Dana Alokasi Khusus TA 2012, bertempat di  Aula SMK N 1 Balige, Senin (09/07) di Balige, Toba Samosir.

Bupati Toba Samosir dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Wakil Bupati Liberty Pasaribu mengatakan, pelaksanaan kegiatan yang didanai dari Dana Alokasi Khusus, dimaksudkan untuk menunjang penuntasan wajib belajar pendidikan dasar sembilan tahun yang bermutu, dan juga sebagai perwujudan keterlibatan masyarakat secara aktif dalam kegiatan pendidikan. Karena itu, Bupati mengingatkan para kepala sekolah penerima dan pelaksana kegiatan DAK, agar dalam melaksanakan pekerjaan DAK, disesuaikan dengan petunjuk pelaksanannya. “Saya mengharapkan, pelaksanaan di masing-masing sekolah penerima DAK TA 2012, harus lebih baik dari tahun sebelumnya”, himbau Bupati. Untuk pencapaian itu, Bupati mengharapkan adanya kerjasama yang baik dari seluruh elemen pendidikan dan lapisan masyarakat.

Kadis Pendidikan Dra. Mariani, MPd menyampaikan laporan pelaksanaan Sosialisasi Pola Pengelolaan DAK bagi para kepala sekolah dan komite sekolah di Aula SMK N 1 Balige, Senin (09/07)

Pelaksanaan Sosialisasi ini menurut Kadis Pendidikan Kabupaten Toba Samosir, Dra. Mariani, MPd, dimaksudkan untuk menciptakan sudut pandang yang sama serta terciptanya  pemahaman pola pelaksanaan Dana Alokasi Khusus (DAK) TA 2012 bagi para kepala sekolah, komite sekolah dan masyarakat. Juga menurut Mariani, melalui sosialisasi ini dapat menghindari terjadinya simpang siur informasi seputar pelaksanaan Dana Alokasi Khusus. Karena itu, Mariani optimis para pelaksana kegiatan akan dapat melaksanakan pekerjaan di lapangan dengan baik, yang pada akhirnya akan bermuara pada peningkatan kualitas dan kuantitas pendidikan di Toba Samosir sebagai prioritas sasaran kegiatan tersebut dapat tercapai.

Sosialisasi Pengelolaan DAK TA 2012 ini menghadirkan narasumber dari unsur penegak hukum seperti pihak Polres Tobasa, Kejari Balige. Disamping itu juga dihadirkan narasumber dari Konsultan Pengawas dan Pejabat Pembuat Komitmen, Senin (09/07)

Lebih lanjut dalam laporannya, Dra. Mariani, MPd memaparkan, peruntukan Dana Alokasi Khusus bidang Pendidikan TA 2012 untuk Kabupaten Toba Samosir, menitikberatkan pada kegiatan rehabilitasi ruang kelas dan pembangunan perpustakaan. Sedangkan besaran alokasi dana tersebut termasuk dana pendampingnya kata Mariani, sebesar Rp. 20.791.705.000,-. Terkait dalam pelaksanaan kegiatan ini kedepannya, Mariani menjelaskan, pihaknya telah mengangkat Tim Pengawas dari Konsultan Pengawasan, yang nantinya dibantu Tim Teknis, akan bertugas melaksanakan bimbingan pelaksanaan kegiatan di lapangan. “Dengan demikian, diharapkan para pelaksana dapat bekerja secara maksimal, baik dari segi teknis maupun dari segi adminitrasi”, papar Mariani.

Sosialisasi ini juga dihadiri Sekretaris Daerah Kabupaten Liberty Manurung, Asisten Ekonomi Pembangunan Hormat Panjaitan, Inspektur Kabupaten Augus Simanjuntak, Kabag Humas dan Protokol Elisber Tambunan dan Kakan Satpol PP TH Sihombing. Sementara para narasumber yang dihadirkan, berasal dari Polres Toba Samosir, Kajari Balige, Konsultan Pengawas dan Pejabat Pembuat Komitmen.

(Relis Bagian Humas dan Protokol Setdakab Toba Samosir)

About these ads
This entry was posted in Humas. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s