UNTUK PERCEPATAN PEMBENAHAN INFRASTRUKTUR, SUDAH SAATNYA TOBASA BENTUK BUMD

ResesDPRDSU di Porsea2Anggota DPRD Sumatera Utara dari Fraksi PDI Perjuangan, Budiman P. Nadapdap di sela reses DPRD SU di Balai Pertemuan, Porsea, Rabu (27/03) mengatakan, untuk percepatan pembenahan dan perbaikan infrakstruktur khususnya jalan dan jembatan di wilayah Toba Samosir, sudah saatnya Pemkab Toba Samosir melakukan kajian untuk membentuk suatu Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) yang khusus menangani pembenahan infrastruktur tersebut. Disamping memberdayakan seluruh potensi yang dimiliki daerahnya, Budiman menilai, BUMD akan sangat efektif dan efisien dalam melakukan perbaikan sarana prasaran jalan sehingga tidak sampai menunggu terlalu lama. “Hal ini sudah layak untuk dipertimbangkan, dan selanjutnya dapat diatur dalam peraturan daerah”, ujar Budiman P. Nadapdap

Menurutnya lagi, disamping dukungannya untuk mendongkrak laju pembangunan dan pertumbuhan ekonomi masyarakat sebagai bentuk tanggung jawabnya terhadap konstituennya, dukungan pemerintah daerah melalui BUMD ini nantinya, kondisi jalan maupun jembatan yang merupakan sarana yang vital bagi masyarakat dapat selalu mendapat perhatian, sehingga kerusakan-kerusakan yang terjadi, dapat sewaktu-waktu diperbaiki. Budiman juga mengakui, untuk menyikapi kondisi ruas jalan dan jembatan di Tobasa, Bupati Toba Samosir, Pandapotan Kasmin Simanjuntak, cukup intens membangun komunikasi dengannya termasuk anggota DPRD SU dari Sumut VIII lainnya, agar perbaikan jalan dan jembatan ini dapat diakomodir. “Saya apresiasi Bupati Pandapotan Kasmin Simanjuntak, yang cukup intens membangun komunikasi dengan fraksi-fraksi lainnya di DPRD SU untuk pembenahan infrastruktur di daerahnya”, tambahnya.

Dalam reses tersebut, Budiman P Nadapdap yang juga Ketua Fraksi PDI Perjuangan DPRD Disamping berjanji akan memperjuangkan aspirasi konstituennya dalam reses tersebut, Budiman juga menghimbau pemerintah daerah untuk memanfaatkan peluang penyusunan anggaran pada P-APBD di tingkat provinsi yang akan dilaksanakan dalam waktu dekat, sehingga usulan warga yang sangat mendesak dapat diperjuangkan untuk didanai.

ResesDPRDSU di Porsea1Sementara Asisten Pemerintahan Setdakab Toba Samosir, Wasir Simanjuntak pada kesempatan tersebut menyampaikan harapannya, agar anggota DPRD SU khususnya dari Daerah Pemilihan Sumut VIII, dapat menampung aspirasi warga Tobasa dan memperjuangkannya di tingkat provinsi. “Usulan-usulan warga yang masih belum dapat didanani APBD Kabupaten akibat keterbatan anggaran, kiranya mendapat perhatian Bapak”, kata Wasir. Dikatakannya juga, dalam mendorong percepatan pembangunan, warga juga diminta untuk dapat memberikan partisipasinya, dengan menerima pelaksanaan pembangunan itu yakni dengan mempermudah  pembebasan lahan yang terkena dampak pembangunan tersebut.

Sementara, Anggota DPRD Tobasa, Viktor Silalahi menilai, rapat konsultasi tersebut dapat dimanfaatkan masyarakat Tobasa sebagai momentum untuk menyampaikan usulan-usulan pembangunan lainnya secara cerdas, karena telah membuka peluang terbukanya pintu aspirasi warga ke wakil rakyat di DPRD. Viktor juga menitipkan berbagai usulan pembangunan dan alokasi anggaran untuk Tobasa, untuk selanjutnya dapat diperjuangkan Budiman P. Nadapdap di tingkat provinsi ataupun ke tingkat pusat.

Menanggapi wacana pembentukan BUMD yang khusus menangani pembenahan infrastruktur di Kabupaten Tobasa, Ketua LSM Komite Pemantau Pembangunan Independen (KPPI), Eduard Sibuea, SH mengatakan, pihaknya sepakat dalam hal ini, namun disarankannya agar dalam pembentukan BUMD itu nantinya, juga disusun suatu regulasi yang tepat, sehingga kewenangan BUMD tersebut dapat bekerja sesuai harapan, sehingga tujuan pembentukannya dapat tepat sasaran. “Kita sepakat soal ini, hanya agar efektif, regulasi yang benar-benar tepat harus disusun pemerintah daerah”, imbuh Eduard.

Budiman P Nadapdap, anggota DPRD SU dari Fraksi PDI Perjuangan dalam kunjungannya di tanah kelahirannya di Porsea kali ini, merupakan rangkaian dari Reses Anggota DPRD SU dengan mengambil tajuk Rapat Konsultasi Tiga Pilar (Partai, Legislatif, dan Eksekutif) dalam rangka penjaringan Aspirasi, Saran, Usul dan Pendapat dalam Percepatan Pembangunan Daerah.

ResesDPRDSU di PorseaReses melalui rapat konsultasi yang dimaksudkan sebagai wadah untuk menjaring aspirasi warga sebagai tahapan perencanaan pembangunan disamping musrenbang ini, juga dihadiri Bupati Toba Samosir yang diwakili Asisten Pemerintahan, Drs. Wasir Simanjuntak, Ketua DPC PDI-Perjuangan Toba Samosir yang juga Wakil Ketua DPRD Tobasa, Djojor Tambunan, Anggota DPRD Tobasa Ir. Viktor Silalahi, Camat Porsea Agus Sitorus, para kepala desa dari Kecamatan Parmaksian, Porsea dan Uluan, tokoh masyarakat dan warga setempat.

(Relis Bagian Humas dan Protokol Setdakab Toba Samosir)

About these ads
This entry was posted in Humas. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s