Berita Terbaru

PEMKAB TOBASA SERAHKAN TALI ASIH BAGI WARGANYA YANG DITIMPA MUSIBAH

5 KK KORBAN MUSIBAH KEBAKARAN DI SIBADIHON  TERIMA BANTUAN

???????????????????????????????Pemerintah Kabupaten Toba Samosir (Tobasa) melalui Dinas Sosial dalam perwujudan visi nya dalam meningkatkan kepedulian bagi warganya,  kembali menyalurkan bantuan sosial bagi 5 (lima) KK warga Desa Sibadihon, Kecamatan Bonatua Lunasi yang ditimpa musibah kebakaran beberapa waktu lalu. Bertempat di areal lokasi kebakaran, Senin (24/3), Kadis Sosial melalui Kabid Bina Sosial disaksikan Camat Bonatua Lunasi Hulman Sitorus menyerahkan bantuan kepada para korban yakni, keluarga Helina Sirait, Hotler Sirait, Paian Sirait, Mukmin Sirait dan Jhori Sirait.

Sebagaimana disampaikan melalui Kabid Bina Sosial, Antoni Doloksaribu, Kadis Sosial berharap, para korban dapat dengan tabah dan sabar menghadapi musibah tersebut, dan untuk senantiasa tetap berserah diri kepada Tuhan, sehingga cobaan ini akan lebih mudah dihadapi.  Bantuan yang diserahkan diharapkan akan mampu meringankan beban para korban, sehingga dapat lebih mudah kembali menata kembali kehidupan mereka.

Adapun bantuan yang disalurkan bagi para korban, berupa bahan-bahan sembilan bahan pokok dan perlengkapan rumah tangga. Juga diserahkan bantuan berupa kain dan pakaian, khususnya pakaian sekolah sehingga tidak sampai mengganggu aktifitas anak-anak sekolah yang menjadi korban musibah ini.Bantuan yang diserahkan tersebut bersumber dari APBD Kabupaten Toba Samosir dan Pemprovsu serta bantuan dari Kementerian Sosial RI.

???????????????????????????????Camat Bonatua Lunasi, Hulman Sitorus menyebutkan, musibah kebakaran yang menimpa warganya tersebut terjadi pada Sabtu, 8 Maret 2014 lalu, sekitar pukul 01.00 Wib dini hari. Kebakaran tersebut menyebabkan 5 (lima) unit rumah warga berbentuk rumah adat hangus terbakar. Ditambahkan, kebakaran ini tidak sampai menyebabkan korban jiwa, namun kerugian yang disebabkan diperkirakan mencapai ratusan juta rupiah.

WARGA DIHIMBAU LAKUKAN LANGKAH ANTISIPATIF

Untuk mengantisipasi kondisi cuaca dan perubahan iklim yang rentan mengakibatkan musibah kebakaran, Plt Kabag Humas dan Protokol Robintang FP Sitepu di Kantor Camat Bonatua Lunasi mengatakan, pihaknya berharap partisipasi aktif masyarakat sehingga musibah serupa dapat diminimalisir. Dikatakan, melalui instansi terkait maupun camat/ kades setempat  telah meminta agar mensosialisasikan upaya upaya pencegahan musibah kebakaran dan meningkatkan kewaspadaan hingga ke desa-desa.

Menurutnya, penggunaan kompor minyak maupun kompor gas di rumah-rumah penduduk harus benar-benar diperhatikan dengan baik dan benar. Disamping itu, aktivitas pembukaan lahan pertanian dengan pembakaran maupun pembakaran sampah atau rumpun bambu di perkampungan warga harus benar-benar diawasi atau bahkan dihindari. “Untuk menghindari musibah seperti ini, kita himbau warga untuk  lebih waspada dan melakukan langkah-langkah antisipatif mencegah kebakaran”, pungkasnya.

(Relis Bagian Humas dan Protokol Setdakab Tobasa)

Leave a comment