MUSRENBANG KECAMATAN LUMBAN JULU

Bupati Toba Samosir Pandapotan Kasmin Simanjuntak menegaskan Pemerintah Kabupaten Toba Samosir telah secara nyata dan sungguh-sungguh untuk memacu pertumbuhan dan mendorong pergerakan pembangunan sesuai dengan visi Kabupaten Toba Samosir Tahun 2011-2015 yaitu “Terwujudnya Kabupaten Toba Samosir yang memiliki rasa Kasih, Peduli, dan Bermartabat”.

Demikian sambutan tertulis Bupati Toba Samosir yang dibacakan Sekretaris Bappeda Toba Samosir Joni Hutajulu, SP saat membuka Musrenbang Kecamatan Lumban Julu di Aula Kantor Camat Lumban Julu, Jumat (18/02/2011).

Untuk itu, harap bupati, program dan kegiatan yang akan dilaksanakan pada Tahun 2012 harus benar-benar dapat menekan angka kemiskinan, meningkatkan ekonomi kerakyatan guna terciptanya peningkatan pendapatan masyarakat, meningkatkan dukungan infrastruktur bagi masyarakat desa dan mendorong bertumbuhnya sektor pertanian, peternakan dan perkebunan.

Sementara itu, anggota DPRD Toba Samosir Ir. Viktor Silalahi dan Syamsudin Manurung senada menegaskan agar setiap musrenbang harus selalu mengikutsertakan seluruh elemen masyarakat sehingga tidak ada pihak yang dirugikan. Pihaknya berharap agar momentum musrenbang ini dipergunakan sebagai inspirasi sehingga meningkatkan wawasan dan partisipasi masyarakat dalam proses pembangunan. Untuk itu kepada setiap SKPD agar mencantumkan kegiatan dan jumlah anggaran yang akan dikerjakan di setiap kecamatan dengan memberikan informasi sejelas mungkin di papan pengumuman di setiap kantor camat.

Sekretaris Bappeda Kabupaten Toba Samosir Joni Hutajulu, SP dalam paparan pembukanya menyebutkan sesuai dengan UU No. 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional bahwa Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) adalah forum antar pelaku dalam rangka menyusun rencana pembangunan nasional dan rencana pembangunan daerah. Karenanya, dalam setiap musrenbang semua elemen masyarakat selaku pemangku kepentingan diikutsertakan mulai dari DPRD, kepala desa/ lurah, BPD, LPMD, insan pers, LSM, tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh adat, tokoh pemuda, dan pihak lainnya.

Acara yang diisi dengan paparan rencana pembangunan dari setiap SKPD dan pengajuan rencana usulan-usulan dari setiap desa ini, turut dihadiri Camat Lumban Julu Drs. Augus Sitorus, Uspika Lumban Julu, satker di lingkungan Pemkab Toba Samosir, serta puluhan warga elemen masyarakat.

(Relis Bagian Humas dan Protokol Setdakab Toba Samosir)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s