Pemerintahan

WABUP TOBA SAMOSIR BUKA SOSIALISASI UU No. 28 TAHUN 2009 TENTANG PAJAK DAERAH DAN RETRIBUSI DAERAH

Pemerintah provinsi dan pemerintah kabupaten/ kota diberikan kewenangan secara terbatas untuk memungut jenis pajak dan jenis retribusi sebagaimana amanat UU No. 28 Tahun 2009 tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah. Sekaitan dengan itu, Pemerintah Kabupaten Toba Samosir bersama dengan DPRD Toba Samosir pada rapat paripurna tanggal 24 November 2010 lalu telah menetapkan sebanyak 5 (lima) Peraturan Daerah Kabupaten Toba Samosir tentang Pajak dan Retribusi yakni Perda Retribusi Pelayanan Pasar, Perda Pemakaian Kekayaan Daerah, Perda Retribusi Pelayanan Persampahan/ Kebersihan, Perda Retribusi IMB, dan Perda Pajak Perolehan Hak Atas Tanah dan Bangunan.

Demikian paparan Wakil Bupati Toba Samosir Liberty Pasaribu, SH, M.Si saat membuka secara resmi acara Sosialisasi UU No. 28 Tahun 2009 tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah di Kabupaten Toba Samosir bertempat di Balai Data Kantor Bupati Toba Samosir di Balige, Jumat (25/02/2011).

Lebih lanjut Wabup Liberty Pasaribu, SH, MSi menjelaskan bahwa penyusunan peraturan daerah tersebut, telah mengacu pada UU No. 28 tahun 2009 sebagai pengganti dari UU No. 18 Tahun 1997 dan UU No. 34 Tahun 2000. Sementara itu untuk peraturan daerah tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah yang penyusunannya masih didasarkan pada UU 18/1997 dan UU 34/2000, akan diganti dengan perda yang mempedomani UU No. 28 Tahun 2009.

Hadir dalam sosialisasi itu ketua dan anggota Badan Legislasi DPRD Toba Samosir terdiri dari Herbert Sibuea, Jojor Marintan Napitupulu, Franjos Sitorus, Monang Naipospos.  Disamping itu, turut hadir Plh. Sekdakab Tobasa Ir. Saibon Sirait, Para Staf Ahli, Kabag Hukum Drs. A.M. Sitorus, SH serta para pimpinan satker di lingkungan Pemkab Toba Samosir.

Acara sosialisasi ini diisi dengan paparan optimalisasi peningkatan sumber-sumber PAD yang disampaikan Herbert Sibuea dan Jojor Marintan Napitupulu serta Sosialisasi UU No. 28 Tahun 2009 yang disampaikan Ary Gemini  Pangaribuan, SE, Ak.MM dari Ditjen Perimbangan Keuangan Kemenkeu RI.

(Relis Bagian Humas dan Protokol Setdakab Tobasa)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s