Pendidikan

UNTUK MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN, DIKNAS TOBASA SELENGGARAKAN RAKER KEPALA SEKOLAH SE-KABUPATEN TOBA SAMOSIR

“Pendidikan adalah tanggung jawab bersama antara pemerintah, orang tua dan masyarakat”, demikian disampaikan Bupati Toba Samosir Pandapotan Kasmin Simanjuntak dalam sambutannya saat membuka secara resmi Rapat Kerja Kepala Sekolah, Pengawas Sekolah dan UPTD Diknas Se-Kab. Toba Samosir, Selasa, 01 Maret 2011 di Aula SMK Negeri 1 Balige. Raker kali ini mengambil Tema “Optimalisasi Peran Kepala Sekolah untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan di Kabupaten Toba Samosir dalam Membangun Tata Kelola Kependidikan secara Profesional dan Akuntabel”.

Bupati Tobasa juga menegaskan bahwa pendidikan memiliki peran yang sangat strategis dalam upaya pembangunan kehidupan berbangsa dan bernegara. Upaya Peningkatan Mutu Pendidikan tersebut salah satunya didukung dengan adanya program manajemen berbasis sekolah (MBS) yang merupakan pola pengembangan sekolah mandiri dengan mengakomodir potensi masyarakat.

Di akhir sambutannya, Bupati Tobasa berharap raker ini mampu memberi inspirasi dan motivasi dalam pelaksanaan tugas dan fungsi para kepala sekolah sehingga upaya peningkatan mutu pendidikan dapat tercapai dan mampu menjawab problema dan tantangan dunia pendidikan  yang semakin kompleks. Dalam kesempatan tersebut, beliau juga menambahkan beberapa pesan untuk para guru dan kepala sekolah yang hadir supaya jangan berhenti membaca dan pada saat menyelenggarakan proses belajar mengajar agar tidak merokok dan mengaktifkan handphone.

Sebelumnya, dalam laporannya Ketua Panitia Penyelenggara Drs. Marangkup Sinurat yang juga menjabat sebagai Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Toba Samosir menyebutkan bahwa tujuan diselenggarakannya raker ini diantaranya, untuk menyegarkan kembali pemahaman kepala sekolah akan tugas pokok dan fungsinya, menyamakan persepsi tentang pelaksanaan  UAN 2011, mendorong kepala sekolah, pengawas sekolah dan UPTD Diknas dapat menyusun dan melaporkan kegiatan dan program kerjanya secara periodik serta untuk meningkatkan kemampuan kepsek memanfaatkan potensi dalam meningkatkan mutu pendidikan. Sedangkan, materi yang dibahas dan yang akan disajikan para narasumber dalam raker ini meliputi pembahasan Tugas Pokok dan Fungsi Kepala Sekolah, Penyusunan Laporan Program Kerja Kepala Sekolah, Pemantapan Pelaksanaan UAN, Profesionalisme Guru Dalam Membangun Mutu Pendidikan, Perencanaan Pembangunan Website Di lingkungan Sekolah.

Pelaksanaan Raker ini diselenggarakan selama satu hari dengan peserta para kepala sekolah tingkat SD, SLTP, SMA/SMK, Pengawas Sekolah dan UPTD Diknas Kecamatan Se-Kabupaten Toba Samosir.

Pelaksanaan raker ini turut dihadiri Wakil Bupati Toba Samosir, Liberty Pasaribu, SH, Msi, Asisten Pemerintahan Drs. Rudolf Manurung, Kadis Pendidikan Liberty Manurung, Staf Ahli CY. Hasugian, Kabag Perekonomian Drs. Agust Nadeak, MSi dan Kabag Humas dan Protokol Arwanto H. Ginting, SSTP.

(Relis Bagian Humas dan Protokol Setdakab Tobasa)

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s