BAPPEDA TOBASA SELENGGARAKAN FORUM SKPD SEBAGAI WADAH MENYELARASKAN PROGRAM SETIAP SKPD

Setelah menyelenggarakan konsultasi publik (Kamis,03/03/11), Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Toba Samosir kembali menyelenggarakan forum serupa, namun forum kali ini melibatkan seluruh SKPD di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Toba Samosir yang disebut dengan Forum SKPD yang diselenggarakan di Ruang Rapat Bagian Umum, Simanjalo (Senin, 07/03/11). Forum SKPD ini merupakan tahapan lanjutan dari rangkaian penyusunan rancangan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) untuk tahun 2012 sebagaimana amanat Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2004 dan  Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 54 Tahun 2010 yang menyebutkan bahwa forum SKPD ini merupakan wahana antara pihak-pihak yang langsung dan tidak langsung mendapatkan manfaat atau dampak dari program dan kegiatan SKPD sebagaiman tugas pokok dan fungsinya.

Melalui forum SKPD ini, Bupati Toba Samosir Pandapotan Kasmin Simanjuntak kembali menegaskan agar rancangan rencana kerja SKPD yang disusun dapat mensinergikan program hasil musrenbang kecamatan  dengan program pada setiap SKPD. “masyarakat merupakan mitra kerja pemerintah dalam setiap tahapan pembangunan, masyarakat tidak hanya menjadi objek pembangunan tetapi harus turut serta dalam proses perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi serta dalam penentuan arah dan kebijakan pembangunan”, tegas Bupati lebih lanjut dalam sambutannya.

Di akhir sambutannya, Bupati Pandapotan Kasmin Simanjuntak berharap adanya indiktor yang jelas dari suatu kegiatan yang disusun, dengan demikian program dan kebijakan yang dirumuskan setiap SKPD akan mampu memacu percepatan pencapaian target pembangunan sesuai Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Toba Samosir.

Sementara itu,  Ketua DPRD Toba Samosir Sahat Panjaitan juga menekankan agar penyusunan Rencana Kerja SKPD Tahun 2012 ini harus menitik beratkan kepada pembangunan yang menyentuh langsung ke masyarakat dengan memperhatikan kondisi daerah.

Forum SKPD ini  dibagi dalam 2 (dua) sidang pleno yang meliputi kegiatan pemaparan atas rancangan awal RKPD Kabupaten Toba Samosir tahun 2012 yang kemudian dilanjutkan dengan pemaparan Renja SKPD tahun 2012 oleh masing-masing pimpinan SKPD. Selanjutnya para peserta yang hadir memberikan tanggapan dan masukan atas paparan tersebut dan dilanjutkan dengan pembahasan dalam sidang kelompok yang dibentuk untuk mempertajam indikator dan sinkronisasi program/ kegiatan lintas SKPD. Rangkuman hasil sidang kelompok selanjutnya dirumuskan ke dalam rancangan berita acara kesepakatan hasil forum SKPD, dengan demikian keselarasan program seluruh SKPD dapat terwujud.

Disamping dihadiri Bupati dan Wakil Bupati Toba Samosir, Forum SKPD ini juga dihadiri para Asisten dan Staf ahli Bupati serta seluruh pimpinan SKPD di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Toba Samosir. (Iq)

(Relis Bagian Humas dan Protokol Setdakab Tobasa)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s