KABUPATEN TOBA SAMOSIR RAYAKAN ULANG TAHUN KE-12

Hari Jadi Ke-12 Kabupaten Toba Samosir diperingati secara sederhana dengan penuh hikmat melalui Upacara Peringatan  Hari Jadi yang dilaksanakan di halaman Kantor Bupati Toba Samosir di Balige, Rabu (09/03/2011). Adapun thema yang diangkat dalam perayaan hari jadi ini, adalah “Dengan Hari Jadi Ke-12 Kabupaten Toba Samosir, Mari Kita Wujudkan Masyarakat Kabupaten Toba Samosir yang Memiliki Rasa Kasih, Peduli dan Bermartabat dalam rangka Percepatan Pembangunan Daerah Kabupaten Toba Samosir”.

Bupati Toba Samosir Pandapotan Kasmin Simanjuntak yang bertindak selaku Pembina Upacara mengatakan terbentuknya Kabupaten Toba Samosir sebagai wujud untuk meningkatkan pelayanan dan kesejahteraan masyarakat. Dikatakannya, peringatan dan perayaan Hari Jadi Kabupaten Toba Samosir sesungguhnya tidak dilihat dari kemeriahan atau kesederhanaan pelaksanaanya, tetapi lebih kepada makna dan esensi yang terkandung di dalamnya.

“Kita bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa bahwa di usia ke-12 tahun Kabupaten Toba Samosir, Tuhan masih memberikan kita berkesempatan untuk berkarya dan mengabdikan diri untuk berbuat yang terbaik sesuai dengan profesi kita masing-masing, demi keberhasilan dan kemajuan pembangunan Kabupaten Toba Samosir ini, sehingga pada akhirnya akan membawa perbaikan terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat,” ujar Pandapotan Kasmin Simanjuntak.

Lebih lanjut, Bupati juga berharap akan adanya dukungan dan partisipasi dari seluruh elemen masyarakat di Kabupaten Toba Samosir dalam mensukseskan pembangunan Toba Samosir sebagaimana visi dan misi yang telah ditetapkan.

Hadir pada upacara tersebut Wabup Tobasa Liberty Pasaribu, SH, M.Si, Ketua DPRD Sahat Panjaitan dan para anggota DPRD lainnya, Mantan Bupati Tobasa Drs. Sahala Tampubolon,  Kapolres Tobasa AKBP Musa Tampubolon, SH, SIK, M.Si, Kajari Balige Timbul Pasaribu, SH, Ketua PN Balige Natsir Simanjuntak, SH, Dandim 0210/TU yang diwakili Danramil Balige Kapten P. Siahaan, Ketua TP. PKK Toba Samosir Ny. Netty Pandapotan Kasmin Simanjuntak dan Wakil Ketua Ny. Agustina Liberty Pasaribu, pimpinan parpol, pimpinan BUMN/BUMD, para tokoh adat dan tokoh masyarakat, ormas, OKP, dan para undangan lainnya.

Pada kesempatan itu pula, dilakukan pemotongan kue ulang tahun yang dilakukan Bupati Toba Samosir Pandapotan Kasmin Simanjuntak yang selanjutnya membagikan  kepada tetamu yang hadir. Di akhir acara, dilakukan pemberian cendera mata oleh para tokoh adapt berupa ulos kepada para Mantan Bupati dan Mantan Ketua DPRD Toba Samosir yang hadir yakni Drs. Sahala Tampubolon. Sementara kepada Drs. Mangasi Lumbanraja dan drh. Unggul Siahaan ulos langsung diterima oleh keluarga.

Usai acara, para tetamu yang hadir dan seluruh peserta upacara melakukan jabat tangan kepada Bupati Toba Samosir Pandapotan Kasmin Simanjuntak dan Wakil Bupati Toba Samosir Liberty Pasaribu masing-masing beserta ibu serta Mantan Bupati Drs. Sahala Tampubolon sebagai bentuk ucapan selamat atas Hari Jadi ke-12 Kabupaten Toba Samosir.

Sebagai informasi, Kabupaten Toba Samosir dimekarkan dari Kabupaten Tapanuli Utara melalui Undang-Undang Nomor 12 Tahun 1998 tentang Pembentukan Kabupaten DATI II Toba Samosir dan Kabupaten DATI II Mandailing Natal, dan diresmikan pada tanggal 9 Maret 1999 dengan melantik Drs. Sahala Tampubolon sebagai Penjabat Bupati. Seiring dengan perkembangan dan aspirasi yang berkembang di masyarakat, pada tahun 2003 Kabupaten Toba Samosir dimekarkan lagi dengan pembentukan Kabupaten Samosir melalui Undang-Undang Nomor 36 Tahun 2003 tentang Pembentukan Kabupaten Samosir dan Kabupaten Serdang Bedagai.

Pada pemilihan kepala daerah yang dilaksanakan pada tanggal 12 Mei 2010, Kabupaten Toba Samosir berhasil memiliki kepala daerah yang baru secara demokratis yaitu pasangan Pandapotan Kasmin Simanjuntak dan Liberty Pasaribu, SH, MSi. Sejalan dengan dilantiknya Pandapotan Kasmin Simanjuntak sebagai Bupati dan Liberty Pasaribu, SH, MSi sebagai Wakil Bupati pada 12 Agustus 2010, telah ditetapkan visi Pemkab Toba Samosir untuk 5 (lima) tahun ke depan, yaitu “Terwujudnya Masyarakat Kabupaten Toba Samosir yang memiliki rasa Kasih, Peduli dan Bermartabat”, sebagaimana telah ditetapkan dalam Peraturan Daerah Nomor 3 Tahun 2010 tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Toba Samosir tahun 2011-2015.

Hingga perayaan Hari Jadi ke-12 ini, Kabupaten Toba Samosir terdiri dari 16 (enam belas) kecamatan, 231 (dua ratus tiga puluh satu) desa dan 13 (tiga belas) kelurahan. Peringatan dan Perayaan Hari Jadi Kabupaten Toba Samosir ini, walaupun berlangsung sederhana namun tidak mengurangi makna dan esensi yang terkandung yakni sebaga ungkapan syukur atas terbentuknya kabupaten ini, sehingga peningkatan kesejahteraan dan pelayanan terhadap masyarakat dapat ditingkatkan.

Selamat Hari Jadi Ke-12 Kabupaten Toba Samosir.

(Relis Bagian Humas dan Protokol Setdakab Tobasa)

Komandan Upacara Tumpal Hasibuan, AP, MSi yang juga Camat Pintu Pohan Meranti memimpin penghormatan umum kepada Inspektur Upacara, pada Upacara Perayaan HUT Tobasa ke-12 di Balige (Rabu,9/3/11)
Tampak Bupati dan Wakil Bupati Tobasa bersama Ketua DPRD Tobasa dan Uspida akan melakukan pemotongan Kue Ulang Tahun pada HUT Ke-12 Tobasa di Balige (Rabu,9/3/11)
Disaksikan Uspida, Bupati Pandapotan Kasmin Simanjuntak menyerahkan potongan kue kepada Drs. Sahala Tampubolon/ Bupati Pertama Tobasa (Rabu,9/3/11)
Selanjutnya Kapolres Tobasa AKBP Musa Tampubolon menerima potongan kue dari Bupati Tobasa pada Perayaan HUT ke-12 Tobasa (Rabu,9/3/11)
Para pimpinan SKPD dan PNS di Lingkungan Pemkab Tobasa menyalami Bupati dan Wakil Bupati Tobasa pada Perayaan HUT ke-12 Tobasa (Rabu,9/3/11)
Bupati dan Wakil Bupati Tobasa beserta ibu melakukan photo bersama dengan uspida, para mantan Bupati Tobasa/ mewakil dan Tokoh Masyarakat pada Perayaan HUT ke -12 Tobasa (Rabu,9/3/11)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s