Berita Terbaru

KOMUNITAS WARTAWAN/TI TOBASA DIKUKUHKAN

Bupati Toba Samosir Pandapotan Kasmin Simanjuntak yang diwakili oleh Kabag Humas dan Protokol Setdakab Tobasa Arwanto H. Ginting, SSTP menghadiri Pengukuhan Pengurus Organisasi Komunitas Wartawan/Ti Toba Samosir (KAWAT) periode 2011-2014, yang dilaksanakan pada hari Kamis (17/03/11) pukul 17.00 Wib di Kompleks Tugu D.I. Panjaitan, Balige.

Acara pengukuhan ini diawali dengan kebaktian singkat yang dipimpin Ibu Pdt. M br. Hutapea yang dalam renungan yang dibawakannya, berharap organisasi KAWAT ini akan menjadi sarana yang digunakan Tuhan, Pemerintah dan Masyarakat untuk memperbaiki aspek kehidupan bermasyarakat dengan pemberitaan yang membangun. Setelah selesai Kebaktian, acara dilanjutkan dengan acara pengukuhan berupa pembacaan ikrar dan prosesi penyerahan Pataka KAWAT oleh Penasehat KAWAT Drs. Sahala Tampubolon kepada Ketua KAWAT Fredika Napitupulu sebagai tanda resminya pengurus KAWAT periode 2011-2014 dikukuhkan.

Bupati Tobasa dalam sambutan tertulisnya mengatakan bahwa Pemkab Tobasa menyambut baik atas berdirinya organisasi ini. Mengingat kewajiban pemerintah dalam memberikan layanan informasi bagi masyarakat, maka  penyebarluasan informasi tidak akan dapat terlepas dari peran serta insan pers. “Keberhasilan fungsi informasi tersebut tentunya tidak lepas dari peran serta insan pers yang selalu setia memberitakan apa yang dilihat, didengar dan dirasa”, tegas Bupati. “Informasi merupakan hal yang penting bagi pemerintah dalam penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan dan pelayanan kemasyarakatan. Berkenaan dengan pentingnya informasi tersebut, mewajibkan pemerintah untuk menyediakan layanan informasi yang akurat dan mendidik sebagaimana amanat UU 14 Tahun 2008”, jelasnya.

Bupati  juga menyampaikan harapannya agar insan pers dalam melaksanakan tugasnya dapat memenuhi rasa tanggung jawab, netralitas, etika dan kesopanan namun tetap memiliki semangat dan jiwa kritik positif sehingga organisasi ini dapat memberikan kontribusi positif bagi masyarakat dan dapat mewujudkan tugas mulia pers sebagai kontrol sosial.

Penasehat KAWAT Drs. Sahala Tampubolon menekankan agar dalam perjalanannya organisasi ini tetap dilandasi dengan semangat dan jiwa yang sama, dengan demikian tujuan dan sasaran organisasi akan dapat terwujud khususnya dalam kaitannya dalam peran serta membangun Toba Samosir.

Di kesempatan lain, Binahar Napitupulu mewakili Tokoh OKP/ Ormas mengaku sangat bangga atas pengukuhan dan keberadaan organisasi ini dan berharap KAWAT akan dapat menjadi sarana pemersatu wartawan/ti di Tobasa untuk bersama-sama membangun Toba Samosir ke arah yang lebih baik.  “Pena wartawan itu dapat lebih tajam daripada peluru, artinya apa yang ditulis pena tersebut dapat membangun dan menghancurkan, oleh karena itu saya mengajak rekan-rekan wartawan untuk bersama-sama membangun Tobasa dengan pena nya”, ujar Binahar.

Sementara itu Fredika Napitupulu selaku Ketua KAWAT mengatakan, KAWAT dalam melakukan kontrol sosialnya akan selalu berpegang teguh pada UU Pers dan Kode Etik Jurnalistik. Fredika juga menegaskan komitmen KAWAT yang akan mengawal suksesnya Visi dan Misi Kabupaten Toba Samosir hingga 2014. “Kawat juga akan menjadi mitra yang kritis bagi pemerintah dalam upaya  membangun Tobasa”, tegasnya.

Pengukuhan ini turut juga dihadiri Kapolres Tobasa yang diwakili oleh Kabag Ops. Polres Tobasa Kompol SH. Siregar, Pengacara Timbul Hutajulu, SH,Tokoh Pemuda Binahar Napitupulu dan para undangan lainnya. (Team)

(Relis Bagian Humas dan Protokol Setdakab Tobasa)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s