FKUB SUMUT GELAR DIALOG DENGAN PENGURUS FKUB WILAYAH VI DI TOBA SAMOSIR

Sabtu (19/03/11), Bertempat di Aula Bagian Umum, Kompleks Perkantoran Simanjalo, Balige, Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Provinsi Sumatera Utara menggelar dialog dengan  FKUB Wilayah VI, yang meliputi FKUB Tobasa, FKUB Taput, FKUB Samosir dan FKUB Humbahas. Adapun thema yang diangkat dalam dialog antar FKUB kali ini adalah “ Partisipasi masyarakat terhadap Kerukunan Umat Beragama, Masalah dan Solusinya”.

Dalam dialog ini, Bupati Toba Samosir Pandapotan Kasmin Simanjuntak dalam sambutannya yang dibacakan Asisten Pemerintahan Drs. Rudolf Manurung menyambut baik pelaksanaan dialog ini. Bupati juga menyampaikan bahwa, “Dialog antar pegurus FKUB seperti ini sangat penting dilaksanakan guna mencari solusi atas berbagai permasalahan yang dihadapi baik di tingkat Kabupaten maupun di tingkat Provinsi serta dapat mempertahankan Kerukunan umat beragama yang kondusif selama ini”. Bupati Pandapotan Kasmin Simanjuntak juga berharap melalui dialog ini dapat menciptakan suasana kehidupan masyarakat yang aman, damai dan harmonis, sehingga dengan demikian jalannya pemerintahan, pembangunan dan pelayanan kemasyarakatan dapat berjalan dengan lancar, aman dan baik.

Sementara itu, Ketua FKUB Provinsi Sumatera Utara Dr. H. Maratua Simanjuntak, didampingi Sekretaris FKUB Provinsi Sumatera Utara Dr. JA. Ferdinandus, menegaskan dalam dialog tersebut bahwa kerukunan umat beragama harganya mahal, sehingga diperlukan upaya dan biaya yang besar untuk menjaganya. “Provinsi Sumatera Utara sebagai Barometer Kerukunan Umat beragama di Indonesia harus dapat mempertahankan situasi yang kondusif ini, sehingga sebutan untuk Sumatera Utara Luar Biasa oleh Bapak Presiden SBY dapat tetap kita pertahankan”, ujar Maratua.

Dialog yang  digagas oleh FKUB Provinsi Sumatera Utara, dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan kewaspadaan masyarakat dalam kehidupan beragama mengingat kondisi saat sekarang ini banyak muncul ajaran-ajaran sesat yang dapat mengganggu tatanan kehidupan beragama yang sudah terjaga dengan baik selama ini. Pada dialog ini juga diungkapkan bahwa kerukunan antar umat beragama merupakan suatu tatanan nasional yang harus tetap di pelihara.

Selaku tuan rumah penyelenggaraan dialog ini, FKUB Toba Samosir dengan Ketua  Pdt. H. Simanungkalit, Wakil Ketua HM. Siregar, BA dan Sekretaris A.S Pangaribuan, BA berharap dialog ini akan dapat menjadi wadah masyarakat untuk meningkatkan kerukunan antar umat beragama khususnya di wilayah kerja FKUB wilayah VI.

Disamping para pengurus FKUB Wilayah VI dan undangan yang hadir, dialog FKUB Wilayah VI ini juga dihadiri Kepala Badan Kesbangpol dan Linmas Kab. Tobasa Drs. Edward Tampubolon dan Kabag Humas dan Protokol Setdakab Tobasa Arwanto H. Ginting, S.STP.

(Relis Bagian Humas dan Protokol Setdakab Tobasa)

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s