TIM SUPERVISI TP. PKK PROVSU KUNJUNGI KABUPATEN TOBA SAMOSIR

Inti pemberdayaan masyarakat adalah melakukan perubahan (Social Change), dalam arti merubah kondisi masyarakat untuk mencapai suatu kemajuan atau perubahan taraf hidup dan penghidupan masyarakat lebih baik dari sebelumnya, demikian disampaikan Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemberdayaan Desa Kab. Tobasa James Silaban, SE pada acara Kunjungan Tim Supervisi TP. PKK Propinsi Sumatera Utara di Balai Data Kantor Bupati Toba Samosir (Senin 21 Maret 2011). “Salah satu strategi pemberdayaan masyarakat di Kabupaten Toba Samosir dalam kaitannya dengan gerakan PKK adalah adanya program pembinaan desa atau kelurahan yang meliputi Desa Percontohan 10 program PKK, Desa Percontohan Objek Wisata dan Desa Percontohan PT. P2WKSS. Melalui program tersebut diharapkan dapat mempercepat proses terwujudnya kemandirian  keluarga dan masyarakat”, ungkapnya.

Wakil Bupati Tobasa Liberty Pasaribu, SH, MSi dalam sambutannya meminta agar segala sesuatunya yang telah disampaikan Tim Supervisi dapat dengan sungguh-sungguh diperhatikan dan dilaksanakan, sehingga dengan demikian apa yang dicita-citakan dapat terwujud pada ketiga desa binaan tersebut. Selanjutnya Liberty Pasaribu juga menekankan kepada para pimpinan SKPD yang hadir untuk benar-benar memperhatikan kebutuhan desa tersebut sebagaimana tupoksinya. Tidak lupa Wabup Liberty Pasaribu, SH, MSi mengajak seluruh komponen masyarakat desa  khususnya TP PKK desa melalui peran sertanya untuk membangun desanya masing-masing.

Adapun yang menjadi Desa Binaan di Kabupaten Toba Samosir Tahun 2011 adalah Desa Jonggi Manulus Kec. Parmaksian sebagai Desa Percontohan 10 Program PKK, Desa Hutagaol Kec. Silaen sebagai Desa Percontohan Objek Wisata dan Desa Aek Bolon Julu Kec.Balige sebagai Desa Percontohan PT. P2WKSS yang telah ditetapkan dengan Surat Keputusan Bupati Toba Samosir Nomor 201 Tahun 2010 tertanggal 28 Oktober 2010 tentang Penetapan Desa Binaan Di Kabupaten Toba Samosir Tahun 2010.

Sementara itu, dalam paparannya Ketua TP.PKK Kabupaten Tobasa yang disampaikan oleh Wakil Ketua TP. PKK Kab. Tobasa Ny.Agustina Sambenga Liberty Pasaribu Br. Sibuea, menyatakan bahwa TP PKK Kab. Tobasa telah melaksanakan pembinaan langsung terhadap ketiga desa binaan tersebut diatas. Namun beliau mengakui masih terdapat beberapa kekurangan yang perlu ditindaklanjuti. “Sosialisasi dan Pelatihan bagi Kader PKK di semua jenjang terutama di Desa Binaan perlu dilaksanakan, dengan demikian akan ada pemahaman dan tindak lanjut program-program SKPD yang dilaksanakan di pedesaan terutama yang terkait dgn 10 Program PKK”,  papar Ny Agustina.

Ny. Herawaty Halim, Koordinator Pokja III TP.PKK Provinsi Sumatera Utara mengatakan bahwa maksud dan tujuan dari Tim Supervisi Sumatera Utara adalah memberikan pembinaan kegiatan yang akan dilakukan di ketiga desa binaan tentang kegiatan 10 Program Pokok PKK. Disamping itu, kegiatan ini juga untuk mengetahui seberapa besar manfaat yang dirasakan oleh masyarakat di desa binaan, serta untuk melihat kemajuan desa yang telah dibina.

Turut hadir dalam acara ini, Wakil Bupati Toba Samosir Liberty Pasaribu, SH, M.Si, Plh. Sekdakab Ir. Saibon Sirait, Wakil Ketua TP.PKK Kab.Toba Samosir Ny. Agustina Sambenga Liberty Pasaribu Br. Sibuea, SKM, Asisten Pemerintahan Drs.Rudolf Manurung, Staf Ahli Bupati Bidang Kemasyarakatan C.Hasugian, Staf Ahli Bidang Pemerintahan Drs.Dugat Panjaitan, Kaban PM dan PD James Silaban SE, Kabag Humas dan Protokol Arwanto H.Ginting S.STP, Dewan Penyantun TP.PKK, Camat Ketiga desa binaan, Ketua dan Pengurus  TP. PKK Ketiga Kecamatan, Ketua dan Pengurus TP. PKK Ketiga Desa Binaan, yang mewakili dari BKKBN Provsu Rosmawaty, Pokja I Ny. Azis Siregar, Pokja VI Ny. Hasra Ridwan Batubara, Dinas Pertanian Propinsi Sumatera Utara Ny. Hanis Ami Sembiring, Sekretaris Tim Supervisi TP. PKK Jhonny Siagian.

(Relis Bagian Humas dan Protokol Setdakab Tobasa)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s