Berita Terbaru, Pemerintahan

MUSRENBANG RKPD TAHUN 2012 KABUPATEN TOBA SAMOSIR DILAKSANAKAN

“Saya minta agar seluruh pemangku kepentingan di Kabupaten Toba Samosir menggerakkan semua potensi sumber daya yang ada untuk mendukung prioritas pembangunan yang telah kita sepakati di dalam RPJMD Kabupaten Toba Samosir 2011-2015”, demikian disampaikan Bupati Toba Samosir dalam  sambutannya yang dibacakan oleh Wakil Bupati Toba Samosir Liberty Pasaribu, SH, M.Si pada pembukaan Musrenbang RKPD Tahun 2012 Kabupaten Toba Samosir di Aula SMK Negeri 1 Balige, (Selasa,22/3/11). Pelaksanaan Musrenbang RKPD Tahun 2012 ini, direncanakan akan dilaksanakan dari tanggal 22 s/d 23 Maret 2011.

Pada kesempatan tersebut, Bupati juga mengingatkan kepada seluruh pimpinan SKPD untuk memperhatikan prioritas pembangunan sebagaimana visi dan misi Kabupaten Toba Samosir yaitu pengembangan perekonomian masyarakat, dan kepada para camat, Bupati juga meminta agar benar-benar memperhatikan usulan musrenbang pada kecamatan sehingga akan terdapat sinkronisasi antara program di tingkat kecamatan dengan program-program masing-masing SKPD.

Bupati juga berharap, melalui pelaksanaan Musrenbang ini dapat menghasilkan program-program dan kegiatan yang benar-benar merupakan keinginan dan kebutuhan masyarakat, dan Musrenbang ini akan mampu memberikan wawasan pemikiran yang lebih luas dalam merencanakan pembangunan di Kabupaten Toba Samosir.

Dalam arahannya setelah membuka secara resmi Murenbang ini, Wakil Bupati Liberty Pasaribu, SH, MSi tidak lupa kembali menekankan bahwa RPJMD yang telah ditetapkan untuk menjadi arah pembangunan Kabupaten Toba Samosir untuk masa 5 (lima) tahun ke depan, dan selanjutnya Wabup Liberty Pasaribu tidak lupa meminta dukungan anggota DPRD Provsu Dapem VIII dan Bappeda Provsu agar usulan-usulan pembangunan oleh Pemkab Toba Samosir untuk mendapat prioritas dalam penganggaran melalui Bantuan Daerah Bawahan dan Bantuan Dana Dekonsentrasi. “saya juga menghimbau agar seluruh pimpinan SKPD benar-benar mengikuti Musrenbang ini, dengan demikian produk-produk Musrenbang yang dihasilkan benar benar mencerminkan aspirasi kebutuhan riil masyarakat di Kabupaten Toba Samosir”, harapnya.

Pada kesempatan berikutnya, Ketua DPRD Toba Samosir Sahat Panjaitan dalam sambutannya mengharapkan agar melalui pelaksanaan Musrenbang RKPD Tahun 2012 akan tercapai keterpaduan Rancangan Kerja antar SKPD dan antar Rencana Pembangunan Kecamatan, sehingga pada akhirnya pelaksanaan pembangunan benar-benar sesuai dengan aspirasi dan kebutuhan masyarakat yang telah disepakati pada Musrenbang tingkat Desa/ Kelurahan dan tingkat Kecamatan. “Marilah kita saling bergandengan tangan, melangkah bersama sesuai dengan tugas dan fungsi kita masing-masing untuk meningkatkan pembangunan menuju kehidupan masyarakat yang lebih maju dan lebih baik lagi”, pesannya di akhir sambutannya.

Sementara itu, dalam laporannya Kepala Bappeda Kab. Toba Samosir Ir. Jonner Hutagaol menyampaikan bahwa Musrenbang RKPD ini dilaksanakan untuk menyamakan persepsi semua pemangku kepentingan dan pihak terkait terhadap rencana program dan pelaksanaan pembangunan sebagai perwujudan dari pendekatan partisipatif perencanaan pembangunan daerah. “Sebelum Musrenbang RKPD ini dilaksanakan, telah terlebih dahulu dilaksanakan Musrenbang di tingkat kecamatan yang diikuti oleh seluruh stake holder pembangunan dari desa/ kelurahan dan kecamatan serta SKPD se-Kabupaten Toba Samosir yang dilaksanakan dari tanggal 17-25 Februari 2011 yang lalu”, jelasnya lebih lanjut.

Musrenbang ini dilaksanakan sebagaimana amanat UU Nomor 25 Tahun 2004 Tentang Sistem Perencanaan  Pembangunan Nasional, PP Nomor 8 Tahun 2008 dan Permendagri Nomor 54 Tahun 2010 Tentang Pelaksanaan PP Nomor 8 Tahun 2008 Tentang Tahapan, Tata cara Penyusunan, Pengendalian dan Evaluasi Pelaksanaan Rencana Pembangunan Daerah.

Untuk tahun 2012 perencanaan pembangunan Kabupaten Toba Samosir difokuskan pada beberapa sektor diantaranya penurunan angka kemiskinan, peningkatan ekonomi kerakyatan guna terciptanya peningkatan pendapatan masyarakat dan meningkatkan  infrastuktur perdesaan serta mendorong pembangunan di sektor pertanian, peternakan, dan perkebunan, peningkatan kualitas sarana dan prasarana pendidikan serta peningkatan derajat kesehatan dan kualitas hidup masyarakat dengan berlandaskan Kasih, Peduli dan Bermartabat.

Turut hadir pada pembukaan Musrenbang RKPD ini,  Bapak Sopar Siburian Anggota DPRD Sumatera Utara, Ketua dan Anggota DPRD Tobasa, mewakili kepala Bappeda Provsu Ir. Laurent Gultom Kabid Fisik, Sarana dan Prasarana Bappeda Provsu, Ir. Surung Siregar, Dipl. HE dari Dinas Pengelolaan SDA Provsu, Lintong Sitorus dari Dinas Pertanian Provsu, Plh. Sekdakab Ir. Saibon Sirait, para Staf Ahli Bupati Toba Samosir, para Asisten dan Kabag Setdakab Toba Samosir, Kepala SKPD dan para Camat se- Kabupaten Toba Samosir, pimpinan BUMN/BUMD, Tokoh Masyarakat/Agama, LSM dan Insan Pers serta undangan lainnya .

(Relis Bagian Humas dan Protokol Setdakab Toba Samosir)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s