Berita Terbaru

SOSIALISASI SISTEM PENGENDALIAN INTERN PEMERINTAH DI KABUPATEN TOBA SAMOSIR

Inspektorat Kabupaten Toba Samosir  bekerjasama dengan Kantor Perwakilan BPKP Prov. Sumatera Utara menyelenggarakan Sosialisasi Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) di Kabupaten Toba Samosir yang dilaksanakan pada hari Selasa (29/03/2011) bertempat di Balai Data Lt. IV Kantor Bupati Toba Samosir.

Dalam sambutan tertulis Wakil Bupati Toba Samosir Liberty Pasaribu, SH, M.Si yang dibacakan oleh Plh. Sekda Ir. Saibon Sirait menegaskan bahwa Pengawasan merupakan salah satu fungsi pimpinan untuk mengetahui apakah pelaksanaan tugas/ pekerjaan telah sesuai dengan program, tujuan dan sasaran yang ditetapkan dan pengawasan ini harus kita mulai dari satuan kerja masing-masing.

“Undang-undang di Bidang Keuangan Negara membawa implikasi perlunya sistem pengelolaan keuangan negara yang lebih akuntabel dan transparan dan hal ini baru dapat kita capai jika seluruh tingkat pimpinan menyelenggarakan kegiatan pengendalian atas keseluruhan kegiatan di instansi masing-masing. Dengan demikian penyelenggaraan kegiatan pada suatu instansi pemerintah, mulai dari perencanaan, pelaksanaan, pengawasan sampai dengan pertanggungjawaban harus dilaksanakan secara tertib, terkendali serta efisien dan efektif.” tambahnya.

Sosialiasai ini diisi dengan pemaparan oleh Kepala Perwakilan BPKP Prov. Sumatera Utara, Mohammad Yusuf, Ak, ME, CFE dengan topik paparannya berjudul “Overview Sosialisasi Sistem Pengendalian Intern Pemerintah di Kabupaten Toba Samosir”. Dalam materi yang disampaikan, Muhammad Yusuf mengatakan bahwa Sistem Pengendalian Intern adalah proses yang integral pada tindakan dan kegiatan yang dilakukan secara terus menerus oleh pimpinan dan seluruh pegawai untuk memberikan keyakinan memadai atas tercapainya tujuan organisasi melalui kegiatan yang efektif dan efisien, keandalan pelaporan keuangan, pengamanan aset negara, dan ketaatan terhadap peraturan perundang-undangan. “sedangkan Sistem Pengendalian Intern Pemerintah adalah sistem Pengendalian Intern yang diselenggarakan secara menyeluruh di lingkungan Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah”, jelasnya.

Selanjutnya Artur Pasaribu, salah satu anggota perwakilan BPKP Provinsi Sumatera Utara yang hadir juga menjelaskan bahwa pelaksanaan SPIP tidak hanya menekankan pada hard control tetapi juga soft control tidak tersentuh yang meliputi integritas, komitmen, kepemimpinan dan nilai etika sebagaiman amanat PP Nomor 60 Tahun 2008 tentang SPIP. Artur Pasaribu juga menambahkan bahwa dalam pelaksanaan SPIP ini meliputi unsur-unsur lingkungan pengendalian, penilaian resiko, kegiatan pengendalian, informasi komunikasi dan pemantauan pengendalian intern.

Inspektur Kabupaten Toba Samosir Augus Simanjuntak, SE berharap pelaksanaan sosialisasi ini akan memberikan dampak yang positif dalam penyelenggaraan sistem pengendalian intern pada Pemerintah Kabupaten Toba Samosir, dengan demikian pelaporan keuangan dan pengamanan aset dapat terselenggara sesuai dengan ketentuan sebagai salah satu tujuan pembangunan.

Adapun peserta yang hadir pada pelaksanaan sosialisasi ini diantaranya para Staf Ahli Bupati, para Asisten dan Kepala Bagian pada Sekretariat Daerah, para pimpinanan SKPD, Camat se-Kabupaten Tobasa dan undangan lainnya.

(Relis Bagian Humas dan Protokol Setdakab Tobasa)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s