Pemerintahan

DINAS KEPENDUDUKAN DAN CATATAN SIPIL TOBASA SOSIALISASIKAN PELAYANAN ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN

Pemerintah Kabupaten Toba Samosir melalui Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil menghimbau masyarakat untuk segera mengurus dan melengkapi dokumen administrasi kependudukan dalam upaya mewujudkan tertib administrasi kependudukan.

“Administrasi kependudukan adalah rangkaian kegiatan penataan dan penertiban dalam penertiban dokumen dan  data kependudukan melalui pendaftaran penduduk, pencatatan sipil, pengelolan informasi administrasi kependudukan serta pendayagunaan hasilnya untuk pelayanan publik”, jelas Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kab. Tobasa Dra. Rosita Siagian ketika dikonfirmasi di ruang kerjanya seputar pelayanan administrasi kependudukan, Rabu (30/3/11).

Dra. Rosita Siagian juga menjelaskan bahwa dokumen kependudukan adalah dokumen resmi yang diterbitkan oleh instansi pelaksana yang mempunyai kekuatan hukum sebagai sebagai alat bukti autentik yang dihasilkan dari pelayanan pendaftaran penduduk dan pencatatan sipil. ”Oleh karena itu kami juga menghimbau agar data penduduk yang diisi pada formulir yang diajukan untuk memperoleh dokumen kependudukan supaya berpedoman pada data sebagaimana pada ijazah pemohon”, jelasnya lebih lanjut.

Dalam upaya penyebarluasan informasi tentang pelayanan administrasi kependudukan, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Toba Samosir juga melakukan berbagai strategi dalam sosialisasi administrasi kependudukan baik melalui media elektronik atau media cetak. “Kita sudah  melakukan sosialisasi melalui radio melalui sebuah program siaran info kependudukan dan catatan sipil. Sosialisasi ini berupa penyajian materi tentang administrasi kependudukan dan dilanjutkan dengan interaktif dengan para pendengar yang hendak bertanya seputar masalah administrasi kependudukan”, kata Rosita. Juga disampaikan bahwa pada sosialisasi sebelumnya melalui radio, Dra. Rosita Siagian telah memaparkan dan menjelaskan tata cara pengurusan Kartu Keluarga (KK) dan Kartu Tanda Penduduk (KTP). Selanjutnya pada program siaran berikutnya akan dilanjutkan dengan sosialisasi tentang Akte Kelahiran, Akte Pernikahan, Surat Pindah dan lainnya terkait administrasi kependudukan.

Dra. Rosita Siagian juga menerangkan bahwa sebagai dasar hukum dalam penataan administrasi kependudukan adalah Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2006 tentang Administrasi Kependudukan, PP Nomor 37 Tahun 2007 tentang pelaksanaan UU Nomor 23 Tahun 2006 tentang Administrasi Kependudukan, Perpres Nomor 25 Tahun 2008 Tentang persyaratan dan tata cara pendaftaran penduduk dan pencatatan sipil, Perda Kabupaten Tobasa Nomor 2 Tahun 2008 tentang organisasi perangkat daerah Kabupaten Toba Samosir dan Perbup Toba Samosir Nomor 17 Tahun 2008 tentang uraian tugas, fungsi masing-masing jabatan pada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Toba Samosir. “Sesuai ketentuan tersebut, kita juga secara bertahap telah menerapkan strategi nasional administrasi kependudukan yang meliputi pemutakhiran data, penerbitan NIK dan penerapan E-KTP”, sambung Rosita. Mengakhiri pembicaraan Kadis Dukcapil ini juga menghimbau, “kepada seluruh warga Toba Samosir  yang membutuhkan informasi lebih lanjut terkait administrasi kependudukan, silahkan langsung datang ke Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Toba Samosir, Jl. Muliaraja Balige”.

(Relis Bagian Humas dan Protokol Setdakab Tobasa)

28 thoughts on “DINAS KEPENDUDUKAN DAN CATATAN SIPIL TOBASA SOSIALISASIKAN PELAYANAN ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN”

  1. Selamat Siang,

    Saya mau tanya nomor telefon kantor catatan sipil tobasa di balige berapa ya ? Terimakasih banyak untuk informasinya.

    Salam Horas
    Romawati Pardosi

  2. tolong dong info atas pelayan publik yang dilakukan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Toba Samosir.
    Kalau bisa info facebook Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Toba Samosir.

    1. yth, Dr. Imran CF Marbun, S.IP, M.Sc

      terima kasih tanggapannya untuk menjadi masukan bagi kami, akan kami koordinasikan dengan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Toba Samosir, horas

      admin
      (humas)

  3. Sesuai SOP di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Toba Samosir, berapa lama ya Pak proses penerbitan Akta Nikah sejak permohonan dimasukkan? Permohonan saya sejak tapi belum selesai juga, malah harus menunggu 2 minggu lagi (kata petugas). Saya sudah bolak-balik menelepon ke nomor di atas belum pernah ada yang mengangkat. Masyarakat butuh kepastian. Tolong ya Pak hal ini disampaikan ke Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil. Mauliate. Horas..

    1. yth. Tumpak TInambunan

      terima kasih atas informasinya. akan kita tindak lanjuti agar instansi terkait sosialisasikan SOP atas layanan publik yang menjadi tanggung jawabnya, sehingga tingkat kepuasan masyarakat atas layanan tersebut akan semakin meningkat.

      (admin)

  4. HORAS….
    kepada admin / pemkab Tobasa
    bagaimana dan dimana saya bisa mendapatkan produk hukum(Perda dan Perbup) yang telah dikeluarkan oleh pemkab dan DPRD Toba Samosir. saya cari di situs (tobasamosirkab.go.id )ada menu produk hukum namun sangat disayangkan saya tidak menemukan Perda maupun Perbup. terutama Perda Kabupaten Tobasa Nomor 2 Tahun 2008 tentang organisasi perangkat daerah Kabupaten Toba Samosir dan Perbup Toba Samosir Nomor 17 Tahun 2008 tentang uraian tugas, fungsi masing-masing jabatan pada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Toba Samosir. mohon dipublikasikan. karna itu sangat mendukung keterbukaan dan transparansi informasi bagi masyarakat.
    Terima Kasih
    salam….

    1. yth. Cindy Pardede

      Untuk produk hukum (perda dan perbup) yang saudari maksudkan, dapat menghubungi Bagian Hukum Setdakab Toba Samosir di Kantor Bupati TOba Samosir.

      terima kasih
      (admin)

  5. Horas..saya warga porsea, mau menikah di kampung, tetapi saya sudah terdaftar sebagai warga di daerah lain, saya sudah mengurus surat pindah dulunya. Bagaimana prosedur supaya Akte Nikah saya bisa dikeluarkan di CaPil Balige?dan apa syarat yang harus saya lengkapi?
    Terimakasih

    1. yth. Marlen Siagian

      Terima kasih atas pertanyaannya, pengurusan akte nikah dilakukan setelah terlebih dahulu melengkapi berkas sebagai berikut :
      1. Surat Nikah dari gereja/ kua
      2. Kartu Keluarga orang tua dari ke 2 pihak (suami/isteri)
      3. KTP Suami/ Isteri
      4. Surat Pengantar dari Kades setempat divalidasi camat
      5. Pas Photo Gandeng berwarna uk. 4×6 8 lbr

      Untuk informasi secara lengkap dan akurat dapat menghubungi Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Toba Samosir cq Kabid Pencatatan Sipil di nomor telp 0632 322305

      Informasi juga dapat diperoleh melalui Kades setempat atau Kantor Camat Porsea.

      horas
      (admin)

  6. saya kecewa dgn pelayanan diisduk capil tobasa.
    awal bulan februari kemaren saya urus akte nikah tapi sampai skrg blm jg siap”.
    padahal mnrt stafnya paling lama satu bln sdh selesai.
    apakah sprti ini gambaran pelayanan publik di tobasa ?

  7. Horas….
    Sebenarnya berapa lama proses pembuatan akta nikah terhitung sejak permohonan diajukan?
    Sudah 3minggu lebih dr tgl pengajuan saya, ttp sampai skrg blm selesai.
    Berdasarkan informasi yg saya terima, blanko akta nikah itu sedang kosong.
    Kira2 butuh berapa lama sampa blanko akta nikah itu ada?
    Saya sungguh sangat sangat membutuhkan dokumen akta nikah tsb utk urusan kedinasan saya.
    Terima kasih

    1. yth. lidya siahaan

      sesuai SOP penerbitan akta nikah maksimal hingga 1 bulan, karena sebagian dipengaruhi ketersediaan pasokan blanko.
      mohon konfirmasi kembali ke dinas Catpilduk di nomor telp (0632) 322305.

      horas
      admin

  8. horas,
    Saya menikah bulan februari akhir dan saya mulai mengajukan pengurusan akte nikah mulai maret tapi sampai sekarang tidak jadi jadi, saya pusing karena saya sudah ditanyain oleh RT tempat saya tinggal mengenai kelengkapan surat2 saya (saya tinggal di jateng).kira2 kpn ya akte nikah saya baru jadi, sebenarnya berapa lama sih akte nikah baru bisa keluar dan berapa sebenarnya biaya pengurusan akte nikah.
    Mohon penjelasan nya biar saya dan yg lainnya tidak bingung.karena pengurusan surat kependudukan di tempat saya tinggal nggak pernah selama ini.

    terimakasih.

    1. yth soni siahaan

      Pengurusan akte nikah dilakukan setelah terlebih dahulu melengkapi berkas sebagai berikut :
      1. Surat Nikah dari gereja/ kua
      2. Kartu Keluarga orang tua dari ke 2 pihak (suami/isteri)
      3. KTP Suami/ Isteri
      4. Surat Pengantar dari Kades setempat divalidasi camat
      5. Pas Photo Gandeng berwarna uk. 4×6 8 lbr

      Sesuai SOP penerbitan akta nikah maksimal hingga 1 bulan, namun karena ketersediaan pasokan blanko dari pemerintah atasan, akta tersebut terlambat, mohon maaf atas keterlambatan ini.

      Untuk informasi secara lengkap dan akurat silahkan menghubungi Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Toba Samosir cq Kabid Pencatatan Sipil di nomor telp 0632 322305

      terima kasih
      kasubbag ppd/admin

  9. Horas Bapak /Ibu…
    Saya telah menanyakan status E-KTP saya ke pusat (http://sapa.kemendagri.go.id) tetapi mereka mengatakan NIK saya invalid. Saya disarankan menanyakan kepada Administrator Database Dinas Kependudukan dan Pencacatan Sipil Kabupaten /Kota (Data SIAK) apakah NIK saya belum dikirim atau tidak terkirim? tolong NIK saya dicek 1212015312880001, sebelumnya saya pernah rekam data E-KTP. Jika fisik E-KTP belum jadi setidaknya NIK saya terdaftar di data center. Terimakasih Bapak /Ibu

  10. Horas…au namanjalo pasu pasu ma tgl 27/06/15.i gareja hkbp simare2jae laguboti..alai di tikki i dang i undang hami parcatatan sipil..dung sidung si ulaon nami..pittor hu urusma catatan sipil..alai sappe sadarion tgl 11/08/15 dang namarnasidung..ahado kendalana???

    1. Yth, Pak Hatorangan.

      Silahkan menghubungi langsung kantor Catpilduk Tobasa pada jam kerja, untuk mengetahui secara langsung letak permasalahannya. Menurut pihak Catpilduk banyak hal bisa menjadi penyebab Akte tersebut belum selesai.

      Terima Kasih
      Admin

  11. Maaf kenapa setiap saya telepon nomornya tidak diangkat ya ?
    apakah nomor telepon yang tertera sudah tidak terpakai lagi?
    Mohon info ya.
    Terima kasih.
    Salam.

  12. Saya mau catatan sipil di Balige. Tetapi saya dan calon saya KTP Jakarta. Apakah saya masih bisa Catatan sipil disana? Persyaratannya apa saja yah?

      1. Maaf pak, nomor nya tidak aktif. Mohon di konfirmasi lg bila perlu diberikan teguran karena menurut saya pelayanan Capil Tobasa sangat tidak memuaskan. Terimakasih

Leave a Reply

