Berita Terbaru

PEMKAB TOBASA SOSIALISASIKAN KONVERSI MINYAK TANAH KE LPG 3 KG

Mengingat keterbatasan dan kelangkaan minyak tanah saat ini, penggunaan LPG merupakan salah satu alternatif yang sangat memberikan keuntungan ekonomis bagi masyarakat. Konversi minyak tanah ke LPG disamping memberikan keuntungan dari aspek ekonomi juga memberikan keuntungan lain berupa penggunaan energi yang ramah lingkungan. Dibandingkan pembakaran minyak tanah yang menghasilkan gas carbon dan asap, pemakaian LPG relatif tidak menghasilkan asap dan relatif tidak berbau. “Program Konversi Minyak Tanah ke LPG 3 KG di Kabupaten Toba Samosir sudah dilaksanakan sejak Oktober 2010”, jelas Kabag Perekonomian Setdakab Toba Samosir Drs. Agust Nadeak, MSi pada Sosialisasi Program Konversi Minyak Tanah ke LPG 3kg di Balai Data Kantor Bupati Toba Samosir, Kamis (07/04/11).

Dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Wakil Bupati Liberty Pasaribu, SH, MSi, Bupati Toba Samosir menyampaikan bahwa Pemerintah Kabupaten Toba Samosir mendukung sepenuhnya program ini dan mengharapkan agar semua pihak yang berperan dalam pemberhasilan program konversi ini dapat bekerja secara maksimal dan penuh tanggung jawab sehingga program ini berjalan sukses.

Lebih lanjut Drs. Agust Nadeak, MSi menjelaskan bahwa Program Konversi ini  dilakukan secara bertahap, dengan tahap pertama diawali dengan kegiatan sosialisasi dan edukasi di tingkat Kabupaten yang juga akan dilanjutkan di tingkat kecamatan. Tahap kedua berupa pendataan calon penerima paket LPG 3 kg dan sesuai dengan Peraturan Menteri ESDM Nomor 26 Tahun 2009 tentang Penyediaan dan Pendistribusian LPG bahwa calon penerima paket LPG 3 kg adalah masyarakat yang berpenghasilan atau pengeluarannya tidak lebih dari Rp. 1.500.000 per bulan. “setelah diverifikasi calon penerima paket konversi yang sudah terdata sebanyak 33.650, yang terdiri dari 33.246 rumah tangga dan 404 unit usaha mikro”, katanya.

Untuk pendistribusian paket perdana sebagai tahap ketiga, PT Pertamina telah menghunjuk PT. SCO Prima Inovatindo sebagai konsultan pelaksana di wilayah Kabupaten Toba Samosir. “Dan sebelum diadakan pendistribusian, sosialisasi di tingkat kecamatan harus sudah rampung kita laksanakan sesuai jadwal yang telah ditetapkan”, kata Nadeak.

Turut hadir dalam sosialisasi ini antara lain para pimpinan SKPD di Lingkungan Pemkab Toba Samosir,  Camat se-Kabupaten Toba Samosir dan para Kepala Bagian pada Sekretariat Daerah Kabupaten Toba Samosir.

(Relis Bagian Humas dan Protokol Setdakab Tobasa)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s