UNTUK MENINGKATKAN KINERJA PEMERINTAH, BUPATI TOBASA IKUTI OKPPD

Balige (13/4/11) Kepala daerah dengan berbagai latar belakang pendidikan dan profesi dituntut untuk memiliki pemahaman dalam penyelenggaraan pemerintahan daerah dengan aplikasi prinsip-prinsip kepemerintahan yang baik (good and clean government). Didorong niat dan dalam upayanya untuk membangun Kabupaten Toba Samosir guna kesejahteraan masyarakat sesuai visi dan misi Kabupaten Toba Samosir sebagaiman telah tertuang dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah 2011-2015, Bupati Toba Samosir Pandapotan Kasmin Simanjuntak mengikuti Orientasi Kepemimpinan dan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (OKPPD) bagi Bupati/ Walikota dan Wakil Bupati/ Wakil Walikota Angkatan I Tahun 2011 yang dibuka langsung oleh Menteri Dalam Negeri RI Gamawan Fauzi. Usai membuka secara resmi, Mendagri juga memberikan bimbingan dan arahan serta pembekalan umum kepada seluruh peserta orientasi.

Orientasi Angkatan I yang telah terlaksana dari tanggal 19 Maret sampai dengan 9 April 2011, diselenggarakan oleh Badan Pendidikan dan Pelatihan Kementerian Dalam Negeri dan bertempat di Badan Pendidikan dan Pelatihan Kementerian Dalam Negeri Jl. Taman Makam Pahlawan No.8, Kalibata, Jakarta, dengan menghadirkan para widyaiswara dan fasilitator dari Kementerian Dalam Negeri, Kementerian PAN dan RB, Kementerian PU, Kementerian Luar Negeri, Kementerian LH, Bappenas, Lembaga Administrasi Negara, KPK, BPK, BPKP, LKPP, Kejaksaan RI, Badan Kepegawaian Negara (BKN), Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan BKKBN. Orientasi yang mengangkat thema “Melalui Orientasi Kepala Daerah Kita Tingkatkan Kinerja Pemerintah Daerah untuk Mewujudkan Kesejahteraan Masyarakat” merupakan tindak lanjut dari pelaksanaan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 24 Tahun 201.

Selama mengikuti orientasi kepemimpinan dan penyelenggaraan pemerintahan daerah dengan metode pembelajaran dan observasi lapangan, para peserta OKPPD ini juga dibekali dengan materi-materi seputar konsep demokrasi dan kebangsaan, sistem pemerintahan daerah dan nasional, hubungan pemerintah daerah dan DPRD, kepemimpinan dan etika pemerintahan, pencegahan korupsi, isu-isu aktual, materi MFD (mental, fisik dan disiplin) dan praktek penyelenggaraan pemerintahan daerah.  Melalui materi-materi tersebut nantinya diharapkan akan dapat meningkatkan kapasitas dan kapabilitas   para kepala daerah serta didorong dengan sikap dan semangat pengabdian dalam melaksanakan tugas pemerintahan.

Pada pelaksanaan metode observasi lapangan (OL) yang diselenggarakan selama 3 (tiga) hari, Bupati Pandapotan Kasmin Simanjuntak berkesempatan untuk mengamati secara langsung praktek kepemimpinan dan penyelenggaraan pemerintahan daerah di Kabupaten Garut, Provinsi Jawa Barat. Selama mengikuti observasil lapangan ini, Bupati Toba Samosir tergabung dalam kelompok bersama Walikota Solok, Walikota Denpasar, Bupati Ogan Ilir, Bupati Seluma, Wabup Bintan dan Wabup Banjar diterima langsung oleh Wakil Bupati Garut Dicky Candra. Melalui observasi lapangan ini, diharapkan akan menjadi best practices bagi seluruh peserta untuk dapat mengamati langsung praktek kepemimpinan kepala daerah dalam penyelenggaraan pemerintah daerah yang telah dinilai berhasil dan sukses dalam menangani pembangunan dan pemerintahan dan selanjutnya dapat membandingkan secara langsung dengan kondisi di daerahnya masing-masing.

Sementara itu, Kabag Humas dan Protokol Setdakab Tobasa Arwanto H. Ginting, SSTP di ruang kerjanya (Rabu,13/4/11) dalam tanggapannya seputar keikutsertaan Bupati Toba Samosir dalam orientasi ini mengungkapkan bahwa dengan mengikuti orientasi ini menunjukkan keseriusan Bupati Toba Samosir beserta jajarannya untuk memberhasilkan program pemerintah dalam penyelenggaraan pemerintahan di Kabupaten Toba Samosir. “Orientasi ini akan memberikan acuan dan pedoman dalam peningkatan kinerja pemerintah untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat sebagaimana visi dan misi yang telah ditetapkan”, ujar Arwanto.

Arwanto H. Ginting juga menjelaskan bahwa selama mengikuti OKKD ini, Bupati Tobasa dan para kepala daerah/ wakil kepala daerah lainnya dibekali dengan berbagai materi seputar pemberhasilan program pemerintah daerah dengan menitikberatkan pada program-program unggulan sebagaimana potensi dan kondisi di wilayahnya. “Pembekalan yang diperoleh selama orientasi ini juga akan dapat digunakan sebagai alat evaluasi dan pembanding dalam penyelenggaraan pemerintah daerah, dengan harapan akan memberikan efek yang lebih baik dalam penyelenggaraan pemerintahan daerah di Tobasa”, jelasnya. Arwanto juga menambahkan bahwa dengan mengikuti orientasi ini, misi Pemerintah Kabupaten Toba Samosir untuk mewujudkan pemerintah daerah yang berintegritas dalam menjalankan roda pemerintahan secara efektif dengan kebijakan yang tepat sehingga mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat serta didukung lembaga legislatif akan terwujud.

(Relis Bagian Humas dan Protokol Setdakab Tobasa)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s