Pendidikan

PAMERAN TUGAS AKHIR SMKN 1 LAGUBOTI DIBUKA SECARA RESMI OLEH BUPATI TOBA SAMOSIR

Dalam era globalisasi yang sangat pesat, setiap negara di belahan dunia ini mempersiapkan masyarakatnya menghadapi perubahan di berbagai sektor kehidupan, teknologi, informasi, komunikasi dan ekonomi. Seiring dengan era desentralisasi dan otonomi daerah, lulusan dari setiap tingkat satuan pendidikan, diharapkan dapat mempersiapkan diri agar mampu bersaing di sektor lapangan kerja. Untuk menciptakan lulusan yang berkwalitas, maka pengelolaan pendidikan harus sinergis antara pemerintah pusat, pemerintah kabupaten, masyarakat, dan stake holder pendidikan. Demikian sambutan Bupati Toba Samosir Pandapotan Kasmin Simanjuntak saat membuka secara resmi Pameran Tugas Akhir SMKN 1 Laguboti yang dirangkai dengan Doa Bersama untuk kesuksesan siswa/i menghadapi Ujian Nasional Tahun Pelajaran 2010/2011 bertempat di SMKN 1 Laguboti , Kamis (14/04/2011).

Sesuai dengan visi Kabupaten Toba Samosir Tahun 2010-2015 yakni untuk mewujudkan masyarakat yang memiliki Kasih, Peduli, dan Bermartabat dengan salah satu misinya yaitu meningkatkan mutu pendidikan dan pengembangan SDM, ujar bupati,  maka salah satu strategi percepatan pembangunan adalah melalui peningkatan mutu pendidikan masyarakat dan aparatur pemerintah. “Dengan pendidikan yang bermutu akan menghasilkan manusia yang handal, menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi, serta mempunyai kemampuan mengabdikan diri demi kemajuan masyarakat Toba samosir yang kita cintai ini,” ujar Pandapotan Kasmin Simanjuntak.

Sementara itu, Ketua DPRD Toba Samosir Sahat Panjaitan mengharapkan agar siswa/i dapat menyalurkan bakatnya yang terpendam ke arah yang lebih baik. Untuk itu, ujar Sahat Panjaitan, pihaknya siap mendukung dalam segi program dan dana. Karenanya, untuk APBD Tahun 2012 dirinya berjanji akan berjuang menampung anggaran bidang pendidikan hingga mencapai 30 %.

Acara peresmian pameran ditandai dengan mengetuk palu oleh Bupati Toba Samosir Pandapotan Kasmin Simanjuntak serta pengguntingan pita oleh Ny. Netty Pandapotan Kasmin Simanjuntak didampingi Ny. Agustina Liberty Pasaribu, Ketua DPRD Tobasa Sahat Panjaitan, uspida Toba Samosir, Kadis Pendidikan Toba Samosir diwakili Sekretaris Dinas Pendidikan Drs. Marangkup Sinurat, MM, Camat Laguboti Taruli Siagian, SH, Kepala SMKN 1 Laguboti Bosi Sianipar, ST, dilanjutkan dengan peninjauan pameran dan atraksi fashion show yang diperagakan oleh siswa/i SMKN 1 Laguboti jurusan tata busana serta penyerahan alat-alat kelengkapan menghadapi ujian yang diterima puluhan siswa/i se-Toba Samosir.

DOA BERSAMA MENGHADAPI UJIAN NASIONAL 2011

Dalam kesempatan yang sama sebelumnya telah diadakan Kebaktian/ Doa Bersama untuk kesuksesan dalam menghadapi Ujian Nasional TP.  2010/2011  dipimpin Praeses HKBP Distrik XI Toba Hasundutan Pdt. Diapari Simangunsong, MA. Dalam khotbahnya, Pdt. Diapari Simangunsong mengharapkan agar sebagai orang percaya pada Tuhan, para siswa/i dapat melawan dan mengatasi rasa takut dan khawatir akan kegagalan. Untuk itu, hendaknya ilmu anak-anak sekolah dapat diterapkan di lingkungan kehidupan sehari-hari sehingga bermanfaat pula bagi orang lain. Meskipun anak-anak jaman sekarang dapat hidup mandiri, dirinya mengingatkan agar setiap saat para pelajar harus bersandar dan berharap pada Tuhan.

JADWAL DAN PESERTA UJIAN NASIONAL TP. 2010/2011

Sebelumnya dalam laporan kegiatan, Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Toba Samosir Drs. Marangkup Sinurat, MM mengatakan peserta Ujian Nasional TP. 2010/2011 Kabupaten Toba Samosir berjumlah 11754 orang dengan perincian : SD/MI/ SDLB sebanyak  4099 orang, SMP/ MTs  3879 orang, SMA  2115 orang dan  SMK  1661 orang. Sementara untuk jadwal pelaksanaan Ujian Nasional, untuk tingkat SMA/SMK akan dilaksanakan pada tanggal  18 s/d 21 April 2011, untuk tingkat SMP/MTs pada tanggal 25 s/d 28 April 2011 dan untuk tingkat SD/MI/ SLB diselenggarakan pada tanggal 10 s/d 12  Mei  2011.

(Relis Bagian Humas dan Protokol Setdakab Tobasa)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s