DINAS KOMINFO PROVSU SELENGGARAKAN SOSIALISASI KIP DAN INTERNET SEHAT

Salah satu elemen penting dalam suksesnya penyelenggaraan pemerintahan dapat dilihat dari kemampuan badan publik yang meliputi eksekutif, legislative, yudikatif dan badan lain selaku penyelenggara pemerintahan untuk memberikan layanan informasi bagi masyarakatnya. Hak untuk memperoleh informasi merupakan hak azasi yang akhirnya mengharuskan badan publik berkewajiban untuk memberikan layanan informasi yang berkualitas dan aktual secara cepat, mudah dan murah, tepat waktu, sederhana, efektif dan efisien. Ketersediaan informasi bagi para pengguna informasi akan membantu badan publik untuk menilai keberhasilan program dan kinerjanya karena informasi tersebut dapat membentuk opini para pengguna informasi.

Untuk mendukung era Keterbukaan Informasi Publik ini, Pemerintah Provinsi Sumatera Utara melalui Dinas Komunikasi dan Informatika Propinsi Sumatera Utara bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Toba Samosir melakukan Sosialisasi Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 dengan peserta terdiri dari para pimpinan SKPD dan camat serta staf di Lingkungan Pemkab Toba Samosir bertempat di Balai Data Kantor Bagian Umum Simanjalo Balige, Selasa (19/04/2011) . Hadir sebagai pembicara Kabid Pendapat Umum dan Hubungan Kelembagaan Dinas Kominfo Provsu Dra. Denny Simamora  dan pengelola website/ praktisi IT Benny H, S.Kom.

Sosialisasi yang dibuka secara resmi oleh Bupati Toba Samosir yang diwakili Asisten Pemerintahan Setdakab Toba Samosir Drs. Rudolf Manurung dalam sambutan tertulisnya menyambut baik atas terselenggaranya sosialisasi ini dan berharap agar hasil sosialisasi ini dapat diterapkan di seluruh SKPD di Kabupaten Toba Samosir sehingga dapat bermanfaat dalam mendorong kemajuan pembangunan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat di Toba Samosir.

Bupati juga mengatakan bahwa pemerintah sebagai badan publik harus merespon dan menyikapi amanat UU 14/2008 ini karena keterbukaan merupakan salah satu ciri kehidupan berdemokrasi di Negara ini. “Keterbukaan informasi publik mempunyai makna yang luas karena itu semua badan publik harus dapat mempertanggung jawabkannya dalam menyampaikan informasi secara terbuka kepada masyarakat atau para pengguna informasi”, tegasnya.

Dra. Denny Simamora dalam paparannya menegaskan pentingnya pemahaman tentang UU No. 14/ 2008 ini sehingga tidak terjadi kesalahpahaman antara pihak lembaga/ badan publik selaku pemilik/ sumber informasi dan pihak masyarakat sebagai pengguna informasi. Karenanya, setiap lembaga pemerintah nantinya harus memiliki Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) yang bertanggungjawab dalam mengelola informasi masing-masing di satuan kerjanya. “Paling lambat Agustus 2011 ini setiap badan publik harus memiliki PPID,” ujar Denny Simamora. Menjawab pertanyaan tentang apakah DPA suatu satuan kerja dapat dipublikasikan apabila diminta pengguna informasi, Denny menjawab hal itu tidak diperbolehkan hingga proses kegiatan selesai dilaksanakan atau telah dilakukan audit. “DPA satuan kerja tidak dapat dipublikasikan apabila kegiatan tersebut belum terlaksana atau belum selesai dalam proses pengauditan,” tegas Denny. Segala informasi yang dikecualikan, ujar Denny, bisa dilihat pada PP No.61 Tahun 2010.

Sementara itu, praktisi IT Benny H, S.Kom memaparkan penggunaan teknologi informasi yang akan memudahkan badan publik dalam menyajikan informasi yang akan dengan mudah pula diakses masyarakat pengguna informasi. “Semua itu nanti akan di-link-kan antara masing-masing satuan kerja dengan SKPD pengelola informasi dan dokumentasi sehingga  akan terkordinir secara terpusat,” tegas Benny.

Turut hadir dalam kesempatan itu Kepala Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika Toba Samosir Espon Simanjuntak, SH, Kabag Humas dan Protokol Setdakab Toba Samosir Arwanto H. Ginting, S.STP, Kasi Bina Pendapat Umum Diskominfo Provsu Dra. Renawaty Hutajulu dan Anor Simbolon.

(Relis Bagian Humas dan Protokol Setdakab Tobasa)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s