PANSUS DPRD PROVSU BAHAS RANPERDA RTRW PROVSU TAHUN 2010-2030 WILAYAH ZONA IV DI BALIGE

“Tujuan Pansus ini adalah untuk menyerap semua aspirasi dari masyarakat, pakar, LSM,  dan dari Pemkab/Pemko se- Sumatera Utara”, demikian disampaikan Sudirman Halawa, Sekretaris Pansus Ranperda RTRW Sumatera Utara, pada acara pertemuan Pansus DPRD Provsu Pembahasan Ranperda RTRW Provsu 2010-2030 bersama BKPRD Provsu dan Pemerintah Kabupaten/Kota Zona IV (Kab. Tobasa, Tapteng, Taput, Samosir, Humbahas dan Kota Sibolga). Sudirman juga menjelaskan bahwa pansus membagi Sumut menjadi 6 zona dalam pembahasan Ranperda ini. “Untuk itu, Pemkab/ Pemko harus melakukan ekspose sehingga Tim Pansus tidak hanya menerima Ranperda dari segi akademis, sehingga nantinya tidak ada permasalahan lagi pada saat ranperda ini disahkan”, lanjut Halawa. “Oleh karena itu, kita semua harus memberikan perhatian dalam penyusunan ranperda ini”, tutup Halawa.

Pertemuan tersebut dilaksanakan di Balai Data Kantor Bupati Toba Samosir sesuai dengan surat Sekretaris DPRD Provsu Nomor 788/18/Sekr tanggal 14 April 2011, yang dihadiri dari masing-masing perwakilan Kabupaten/ kota zona IV. Rombongan Pansus Ranperda RTRW terdiri atas Drs. Biller Pasaribu, Tohonan Silalahi, SE., Washington Pane, Ir. Syahrial Pane, M. Nuh, Nasir, Ferry Kaban dan Sudirman Halawa (Sekretaris Pansus RTRW Sumut). Adapun Ketua Pansus sendiri adalah Bapak Jhon Hugo Silalahi.

Sementara itu Kepala Dinas Penataan Ruang dan Permukiman Propinsi Sumatera Utara dalam sambutan tertulisnya mengatakan, bahwa berdasarkan amanat Undang Undang Nomor 26 Tahun 2007 tentang Penataan Ruang, tahun 2010 RTWR Kabupaten/Kota harus sudah di perdakan. Namun disisi lain RTRW Provsu sendiri belum diperdakan yang seyogianya sudah diperdakan tahun 2009 kemaren.

“Tahun 2011 ini, BKPRD Propinsi Sumatera Utara berkeinginan agar proses legalisasi RTRW khususnya RTRW Propinsi Sumatera Utara, dapat diselesaikan, untuk itu kita bertemu saat ini guna mengumpulkan dan membahas hal-hal untuk dijadikan masukan maupun muatan terhadap substansi dari materi draft ranperda RTRW Provsu 2010-2030” lanjutnya. Beliau juga menyadari bahwa berbagai persoalan dihadapi dalam penyusunan RTRW Provsu 2010-2030, salah satunya adalah terbitnya SK Menhut Nomor 44/MENHUT-II/2005 tentang Penunjukan Kawasan Hutan di Propinsi Sumatera Utara. Penunjukan tersebut menimbulkan persepsi dan tafsiran yang berbeda-beda di lapangan. “Untuk menyelesaikan permasalahan penataan ruang tersebut membutuhkan upaya yang sungguh-sungguh dan terus menerus”, lanjutnya sebelum membuka pertemuan.

Kemudian Bupati Toba Samosir, Pandapotan Kasmin Simanjuntak, dalam sambutannya yang dibacakan Plt. Sekdakab Toba Samosir, Ir. Saibon Sirait, mengatakan bahwa penataan ruang merupakan hal yang sangat penting karena merupakan dasar dalam pelaksanaan pembangunan, arahan pengembangan ekonomi, dan pelestarian lingkungan. Bupati juga menjelaskan bahwa berdasarkan Undang Undang Nomor 26 Tahun 2007 tentang Penataan Ruang, penataan ruang propinsi maupun kabupaten/kota harus saling melengkapi satu sama lain, bersinergi dan tidak terjadi tumpang tindih kewenangan dalam penyelenggaraannya. Diakhir sambutannya Bupati Toba Samosir berharap kiranya pertemuan tersebut dapat berjalan dengan baik serta melalui pertemuan tersebut, Ranperda Provsu dapat semakin sempurna dan dapat mengakomodir serta menampung semua aspirasi dan kebutuhan kabupaten/kota dalam wilayah Propinsi Sumatera Utara.

Turut hadir dalam pertemuan ini Asisten Pemerintahan Setdakab Toba Samosir, Drs. Rudolf Manurung, perwakilan dari Dinas Penataan Ruang dan Permukiman Provsu, perwakilan dari Bappeda Propsu, perwakilan dari Bappeda dan Dinas Tarukim Kab. Toba Samosir, Kadis Tarukim Kab. Samosir, Kadis Tarukim Kab. Tapteng, Kadis Tarukim Kota Sibolga, Kadis Tarukim Kab. Taput, Kadis Tarukim Kab. Humbahas, Kabag Tapem Setdakab Toba Samosir, Drs. Oloan Pane, serta  Kabag Humas & Protokol Setdakab Toba Samosir, Arwanto Ginting, S.STP.

(Relis Bagian Humas dan Protokol Setdakab Tobasa)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s