Berita Terbaru

PEMKAB TOBA SAMOSIR TERIMA KUNJUNGAN KERJA STUDI KOMPARASI PEMKAB JEPARA

Sebanyak 30 orang rombongan dari Pemerintah Kabupaten Jepara, Rabu pagi (27/04/2011) melakukan kunjungan kerja ke Pemerintah Kabupaten Toba Samosir. Rombongan ini terdiri atas pimpinan SKPD sebanyak 18 orang, Camat 8 orang, serta pendamping 3 orang. Rombongan yang dipimpin langsung oleh Bapak Wakil Bupati Jepara, H. Ahmad Marzuqi dan selanjutnya diterima oleh Plt. Sekdakab Toba Samosir, Ir. Saibon Sirait di ruang kerjanya dengan didampingi oleh Asisten Pemerintahan Setdakab Toba Samosir Drs. Rudolf Manurung, Kabag Tapem Drs. Oloan Pane dan Kabag Humas dan Protokol Arwanto Ginting, S.STP.

Pertemuan antara kedua Pemerintah Kabupaten tersebut dilaksanakan di Balai Data Kantor Bupati Toba Samosir. Adapun agenda kunjungan kerja Pemkab Jepara ini adalah studi komparasi dalam rangka optimalisasi penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan.. Hadir pula dalam pertemuan tersebut beberapa pejabat di lingkungan Pemkab. Toba Samosir seperti Staf Ahli Bupati bidang Pemerintahan Drs. Dugat Panjaitan, Staf Ahli Bupati bidang Perekonomian Drs. Harri Naibaho, MM, Staf Ahli Bupati bidang Pembangunan Drs. Arusdin Sagala, Staf Ahli Bupati bidang Kemasyarakatan Drs. Consul Jonlys Hasugian, MA, Staf Ahli Bupati bidang Hukum Tito Siahaan, SH, Inspektur Kabupaten, Augus Simanjuntak, SE., Kadis Perhubungan dan Kominfo Drs. Espon Simanjuntak, MM, Kabag Kesra Almen Tambunan, Kabag Ortala Drs. Malindo Sibarani dan yang lainnya.

Bupati Toba Samosir, Pandapotan Kasmin Simanjuntak, dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan oleh Plt. Sekdakab mengatakan bahwa Pemkab Toba Samosir memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Pemkab Jepara yang telah memilih Kab. Toba Samosir sebagai daerah tujuan dalam melakukan studi komparasi terkait penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan. Bupati juga menyampaikan bahwa sebagai daerah otonom yang baru berusia 12 tahun, Pemkab. Toba Samosir akan terus berupaya agar dapat sejajar dengan daerah lain dengan mendorong dan meningkatkan pembangunan di berbagai bidang.

Bupati Pandapotan juga menjelaskan bahwa dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, Pemkab Toba Samosir mengedepankan nilai-nilai kasih dan kepedulian sesuai dengan visi Kab. Toba Samosir yaitu, “Mewujudkan Masyarakat Kabupaten Toba Samosir yang memiliki Kasih, Peduli dan Bermartabat”. Namun Pemkab Toba Samosir tetap mengharapkan masukan dari Pemkab Jepara yang notabene sudah lebih “dewasa” dibanding Kab. Toba Samosir terkait pelaksanaan pelayanan kepada masyarakat.

Sementara itu, Wakil Bupati Jepara, H. Ahmad Marzuqi mengatakan tahun ini adalah tahun peningkatan pelayanan masyakat di kabupaten yang terdiri atas 16 Kecamatan, 183 Desa dan 11 Kelurahan tersebut, sehingga dianggap perlu melakukan studi banding. H. Ahmad Marzuqi juga menjelaskan bahwa Kab. Jepara sudah terkenal di tingkat nasional bahkan internasional disamping sebagai kota kelahiran Pahlawan Nasional R.A. Kartini, juga karena kemampuan   masyarakatnya di bidang kerajinan ukir-ukiran. “Pertemuan ini sangat baik dan perlu dikembangkan, untuk itu kami berharap Pemkab. Toba Samosir dapat melakukan kunjungan komparasi balik ke Kab. Jepara” ungkap H. Ahmad Marzuqi di akhir sambutannya.

Setelah bertukar informasi baik melalui diskusi dan dialog interaktif seputar penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan, kegiatan ini kemudian diakhiri dengan pertukaran cenderamata dari masing-masing pemerintah kabupaten, kemudian rombongan Pemkab Jepara ini  melanjutkan perjalanannya ke Medan untuk selanjutnya kembali ke Kabupaten Jepara, Jawa Tengah.

(Relis Bagian Humas dan Protokol Setdakab Tobasa)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s