Berita Terbaru

TOBA SAMOSIR TERBAIK II DALAM GERAKAN PENANAMAN SATU MILIAR POHON TINGKAT SUMATERA UTARA

Setelah pencanangan yang dilakukan pada Desember tahun 2010 lalu dengan berdasarkan Peraturan Menteri Kehutanan Nomor P.21/Menhut-II/2010 tentang Pedoman Penanaman Satu Milyar Pohon untuk Dunia (One billion Indonesian tress for the world)/OBIT Tahun 2010, penilaian akan keberhasilan dalam pelaksanaannya telah dilakukan. Bertepatan dengan pencanangan Tahun Kehutanan Internasional Tahun 2011 Tingkat Provinsi Sumatera Utara yang berlangsung di lokasi Arboretum USU, Desa Kuala Bekala, Kec. Pancur Batu (Selasa,26/4), juga diumumkan pemenang perlombaan Gerakan Penanaman Satu Milyar Pohon (One Billion Indonesian Trees For The World/OBIT) untuk Tingkat Provinsi Sumatera Utara. Kabupaten Toba Samosir ditetapkan sebagai pemenang terbaik Kedua pada lomba tersebut setelah Pemkab Deli Serdang.

“Keberhasilan dalam pencapaian prestasi ini merupakan salah satu wujud nyata dan kepedulian Pemkab Toba Samosir dalam menjaga kelestarian alam dan untuk mengantisipasi perubahan iklim global”, demikian disampaikan Kadis Kehutanan dan Perkebunan Kab. Toba Samosir Hormat Panjaitan, SIP melalui Sekretaris Dinas Kehutanan Jose Rizal Pasaribu di ruang kerjanya (Jumat,29/4). Jose Rizal Pasaribu juga mengatakan bahwa gerakan  menanam  pohon  disamping salah satu upaya untuk menjawab isu global perubahan iklim juga sangat berperan dalam penurunan emisi  ( GRK = Gas Rumah Kaca).  “Gerakan Penanaman Satu Milyar Pohon (One Billion Indonesian Trees for the World)/OBIT 2010 ini merupakan  amanat Presiden Republik Indonesia dalam rangka menanggulangi deforestasi, degradasi hutan dan lahan serta antisipasi terhadap dampak perubahan iklim”, tambahnya.

Jose Rizal Pasaribu juga menjelaskan bahwa untuk mengikuti perlombaan dengan kriteria perlombaan sebagaimaa telah ditetapkan dalam Peraturan Menteri Kehutanan Republik Indonesia Nomor : P.8/Menhut-II/2011 tentang Pedoman Penilaian Lomba Penanaman Satu Milyar Pohon Tahun 2010 Tingkat Nasional, Dinas Kehutanan dan Perkebunan Kab. Toba Samosir telah mengirimkan dokumen-dokumen untuk dinilai berupa Surat Bupati Toba Samosir dalam rangka sosialisasi pelaksanaan One Billion Indonesian Trees di Kabupaten Toba Samosir, Laporan jumlah bibit pohon yang ditanam dengan sumber dana pemerintah dalam rangka penyelenggaraan OBIT di Kabupaten Toba Samosir, Laporan Jumlah Bibit pohon yang ditanam dengan sumber dana non pemerintah dalam rangka penyelenggaraan OBIT di Kabupaten Toba Samosir, Laporan bulanan Realisasi Penanaman Bibit Pohon di Kabupaten Toba samosir dalam rangka penyelenggaraan OBIT di Kabupaten Toba Samosir, Laporan Bulanan posko Bibit, Realisasi Penanaman Bibit pohon di Kabupaten Toba Samosir dalam rangka penyelenggaraan OBIT di Kabupaten Toba Samosir, Berita Acara Serah terima Bibit ( bukti penyaluran bibit) oleh POSKO bibit dalam rangka penyelenggaraan OBIT di Kabupaten Toba Samosir dan Dokumentasi pelaksanaan OBIT di Kabupaten Toba Samosir.

“Dari Berkas-berkas/ dokumen pelaksanaan penanaman tersebut, akhirnya Kabupaten Toba Samosir ditetapkan sebagai Juara Terbaik II Perlombaan Penanaman Satu Milyar Pohon (One billion Indonesian tress for the world)/ OBIT Tingkat Provinsi Sumatera Utara, sebagaimana dituangkan dalam Surat Keputusan Gubernur Sumatera Utara Nomor : 188.44/324/KPTS/2011 Tanggal 12 April 2011 tentang Penetapan Pemenang Lomba Penanaman Satu Milyar Pohon (One Billion Indonesian Tress)”, jelas Pasaribu mengakhiri.

(Relis Bagian Humas dan Protokol Setdakab Tobasa)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s