TIM SAR PENCARIAN KORBAN TENGGELAM DILEPAS BUPATI TOBASA

Tim SAR yang berjumlah sekitar 6 (enam) orang dilepas Bupati Toba Samosir Pandapotan Kasmin Simanjuntak untuk melakukan pencarian korban tenggelam di muara Binanga Aek Halian yang bermuara ke Danau Toba (Senin,02/05). Dengan didampingi angggota DPRD Toba Samosir Mangapul Siahaan, SSi dan Sabam Simanjuntak, pelepasan Tim SAR ini diawali doa yang dipimpin oleh Pendeta M. Pakpahan. Pada kesempatan tersebut, Bupati Pandapotan Kasmin Simanjuntak juga memberikan penghiburan dan semangat kepada keluarga korban, dengan harapan agar keluarga korban dapat tabah menghadapi musibah ini serta untuk berserah sepenuhnya kepada Tuhan Yang Maha Kuasa. Beliau juga mengharapkan para korban dapat segera diketemukan.

Sesuai dengan informasi yang diperoleh dari Kapolsek Balige, tenggelamnya para korban diperkirakan pada hari Minggu (01/05) sekitar pukul 15.15 Wib saat melakukan kegiatan memancing di lokasi kejadian. Namun tiba-tiba arus deras binanga (sungai) menghanyutkan kedua korban. Adapun para korban adalah ZS (15 tahun) dan IS (19 tahun), warga Desa Sianipar Sihai-hail, Kec. Balige.

Setelah melepas Tim SAR, Bupati juga menyaksikan jalannya proses pencarian korban didampingi oleh Staf Ahli Bupati CY. Hasugian, Harri Naibaho, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Alam Rekson Simanjuntak, Kepala Dinas Sosial Sangkap Pasaribu, Kepala Badan Kesbangpolinmas Edward Tampubolon, Kabag Humas dan Protokol Arwanto H. Ginting, SSTP, serta Kabid Peningkatan Strategi Badan Kesbangpolinmas Eddy M. Sihaloho, S.Sos.

Sebelumnya, ketika kedua korban tenggelam pada hari Minggu (01/05), Tim Penyelamat dari Polsek Balige dibantu speed boat Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika Kab. Tobasa telah melakukan pencarian korban hingga Minggu malam, namun korban belum diketemukan. Karena sudah malam, akhirnya pencarian dihentikan sementara dan kemudian dilanjutkan pada Senin pagi.

Selama pencaharian dilakukan, terlihat Camat Balige Sahala Siahaan, Kapolsek Balige AKP Gibson Siagian dan Dan Sub Denpom  Balige Kapten Dwi Darsono sangat pro aktif dalam melakukan upaya-upaya yang hendak dilaksanakan dalam proses pencarian para korban. Terlihat juga ratusan masyarakat berada di sekitar lokasi kejadian sangat antusias menyaksikan upaya pencarian para korban ini dengan harapan para korban akan segera diketemukan.

(Relis Bagian Humas dan Protokol Setdakab Tobasa)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s