PNPM-MP KEC. BALIGE SELENGGARAKAN MAD SOSIALIASI

Dengan dihadiri dan dibuka secara resmi oleh Camat Balige Drs. Sahala Siahaan, Unit Pelaksana Kegiatan (UPK) Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat-Mandiri Perdesaan (PNPM-MP) menyelenggarakan Musyawarah Antar Desa (MAD) Sosialisasi yang bertempat di Gedung Sekolah Minggu HKBP, Jl. Gereja, Balige (Rabu,04/05). “Program PNPM merupakan suatu upaya pemerintah dalam meningkatkan kualitas hidup, kemandirian, dan kesejahteraan masyarakat”, demikian disampaikan Sahala Siahaan dalam bimbingan dan arahannya. Sahala Siahaan juga menjelaskan bahwa pada program PNPM-MP, masyarakat mempunyai peranan yang sangat penting karena program ini mengenal istilah Masyarakat yang Mengajukan, Masyarakat yang Menetapkan, Masyarakat yang Melakukan, Masyarakat yang Mempertanggungjawabkan serta Masyarakat yang Melestarikan. Oleh karena itu, Camat Balige ini menghimbau dan mengharapkan adanya partisipasi aktif dari seluruh pelaku-pelaku PNPM baik di desa dan kecamatan serta dukungan dari seluruh masyarakat dari 29 Desa dan 6 Kelurahan di Kecamatan Balige selaku pelaku utama PNPM.

Sementara itu dalam sosialisasinya Fasilitator Kabupaten Agustinus Siregar, SE menjelaskan bahwa MAD Sosialisasi merupakan pertemuan antar desa untuk sosialisasi awal tentang tujuan, prinsip, kebijakan, prosedur maupun hal-hal lain yang berkaitan dengan PNPM Mandiri Perdesaan serta untuk menentukan kesepakatan kesepakatan antar desa dalam melaksanakan PNPM Mandiri Perdesaan.

Sedangkan yang menjadi materi pembahasan dan kegiatan yang dilaksanakan pada MAD Sosialisasi PNPM-MP Kec. Balige ini diantaranya Sosialisasi Kebijakan PNPM-MP TA 2011, Sosialisasi Skema Pelaksanaan PNPM-MP TA 2011, Pemilihan dan Penetapan Tim Pelaksana Pelatihan (OC), Pembahasan Rencana Alokasi DOK Perencanaan dan DOK Pelmas TA 2011, Membahas dan Menyepakati sanksi-sanksi Pelaksanaan PNPM-MP TA 2011, Membahas dan Menyepakati Perguliran SPP, Membahas dan Menyepakati Jadwal Musyawarah Desa Sosialisasi.

MAD yang terselenggara selama sehari ini juga menghasilkan dokumen Berita Acara yang menuangkan hasil-hasil keputusan musyawarah dimana dokumen tersebut selanjutnya akan menjadi pedoman dan acuan pada pelaksanaan kegiatan-kegiatan PNPM sebagaimana dalam rencana kerja dan tindak lanjut (RKTL)yang telah disusun.

Pada pelaksanaan MAD ini, para peserta yang hadir merupakan wakil per desa sebanyak enam (6) orang yang terdiri dari Kepala desa, 2 orang wakil dari BPD/nama lain yang sejenis (jika sudah ada), dan 3 orang tokoh masyarakat (sekurang-kurangnya 3 dari ke enam wakil tersebut adalah perempuan) dari semua desa di kecamatan Balige.

Turut hadir pada pelaksanaan MAD Sosialisasi antara lain Horas Siahaan (Sekretaris BKAD), Agustinus Siregar, SE (Fasilitator Kabupaten), Jefferson Sitanggang (Fasilitator Pemberdayaan Kec. Balige), Donald Sigalingging (Fasilitator Teknik Kec. Balige), Porman Nainggolan (PjOK), Jonson D. Siahaan (Ketua UPK), Dian Asry Panjaitan (Sekretaris UPK), Hotni J. Simanjuntak (Bendahara UPK), Indah J. Pakpahan (Pendamping Lokal) serta undangan lainnya.

(Relis Bagian Humas dan Protokol Setdakab Tobasa)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s