BAGIAN HUKUM SETDAKAB TOBASA BAHAS DRAFT RANPERDA

Untuk melaksanakan dan menyesuaikan sebagaimana amanat Undang-Undang Nomor 28 tahun 2009 tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah, Bagian Hukum Setdakab Toba Samosir melaksanakan pembahasan draft ranperda dengan bertempat di Ruang Rapat Mini Kantor Bupati Toba Samosir di Balige, Selasa (10/05).

Pada setiap pembahasan materi draft ranperda dengan dipimpin dan dipandu para Asisten Setdakab Toba Samosir yang membawahi bidang terkait, diantaranya Asisten Administrasi Umum Lodewyk Panjaitan, SH dan Asisten Ekonomi Pembangunan Ir. Saibon Sirait  juga membahas esensi penerbitan perda dan ketentuan-ketentuan yang harus dipenuhi dalam penerbitan perda pajak daerah dan retribusi daerah. Pembahasan draft ranperda ini dilaksanakan selama 2 (dua) hari, sejak 9 Mei hingga 10 Mei 2011 dengan menghadirkan seluruh pimpinan dan staf SKPD yang terkait dalam pemungutan pajak daerah dan retribusi daerah.

Dalam pembahasan draf ranperda ini para Staf Ahli juga memberikan masukan dan berbagai pokok pemikiran untuk selanjutnya dapat dijadikan sebagai pertimbangan dalam penyusunan draft ranperda tersebut.

Plt Kabag Hukum Setdakab Tobasa Jonny Sinaga, SH, MH menyampaikan bahwa materi pembahasan draft ranperda ini diantaranya draf ranperda pajak daerah yang meliputi pajak restoran, pajak hiburan, pajak reklame, pajak penerangan jalan, pajak mineral bukan logam dan batuan serta pajak air tanah. Sementara itu, untuk draf ranperda retribusi daerah yang dibahas menurut Jonny Sinaga diantaranya ranperda retribusi pelayanan kesehatan, pengganti biaya cetak KTP dan Akta Catatan Sipil, pelayanan parkir, penyediaan/ penyedotan kakus, pengujian kendaraan bermotor, pemeriksaan alat pemadam kebakaran, pelayanan tera/ tera ulang, pengendalian menara telekomunikasi, retribusi grosir/ pertokoan, retribusi terminal, retribusi tempat khusus parkir, retribusi rumah potong hewan, retribusi pelayanan kepelabuhan, retribusi tempat rekreasi dan olah raga, retribusi izin tempat penjualan minuman beralkohol, retribusi izin gangguan dan retribusi izin trayek.

Turut hadir pada pembahasan draft ranperda ini para Staf Ahli Bupati Toba Samosir yaitu CY. Hasugian, Drs. Arusdin Sagala, Drs Harry Naibaho dan Tito Siahaan, SH.

(Relis Bagian Humas dan Protokol Setdakab Tobasa)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s