DISAMBUT BAIK PEMKAB TOBASA, SERIKAT TANI TOBASA SAMPAIKAN ASPIRASI

Serikat Tani Toba Samosir menyambangi Kantor Bupati Toba Samosir (Rabu,11/05) untuk menyampaikan aspirasinya seputar pembangunan pertanian di Kabupaten Toba Samosir. Rombongan Serikat Tani Tobasa yang diperkirakan berjumlah hampir seratus orang ini diterima langsung oleh Plt. Sekretaris Daerah Kabupaten Toba Samosir Drs. Liberty Manurung, MM Biztel dengan didampingi Asisten Ekonomi Pembangunan Ir. Saibon Sirait, Kadis Pertanian, Peternakan dan Perikanan Ir. Parlindungan serta Sekretaris Dinas Kehutanan dan Perkebunan Jose Rizal Pasaribu.

Mewakili Bupati Toba Samosir, Plt. Sekdakab Drs. Liberty Manurung MM Biztel menyambut baik kedatangan Serikat Tani Tobasa ini, dan berharap melalui pertemuan yang dilakukan di Balai Data Kantor Bupati Toba Samosir tersebut akan diperoleh berbagai buah pikiran dan saran dalam upaya meningkatkan pembangunan khususnya di sektor pertanian di Toba Samosir. “Marilah kita bersama-sama mengawal dan mendukung program pembangunan khususnya program pembangunan sektor pertanian”, ajak Liberty. Liberty Manurung juga menegaskan bahwa sebagai salah satu pilar pembangunan di Kabupaten Toba Samosir, Bupati Toba Samosir telah menginstruksikan dan menekankan agar para pimpinan SKPD terkait untuk berupaya memenuhi kebutuhan masyarakat dalam program kerjanya.

Warinson Sitio selaku koordinator rombangan dalam kesempatan tersebut menyampaikan seruan Serikat Tani Tobasa sebagaimana dituangkan dalam Surat Pernyataan Serikat Tani Tobasa yang diantaranya meminta agar Pemerintah Daerah Kabupaten Toba Samosir dapat memberikan perhatian dan dukungan yang lebih pada sektor pertanian berupa dukungan pada pengalokasian APBD karena disamping sektor pertanian merupakan sebagai salah satu pilar pembangunan juga mengingat mayoritas mata pencaharian masyarakat Toba Samosir adalah bertani. Dalam menanggapi seputar pengalokasi APBD ini, Plt. Sekdakab Liberty Manurung menegaskan bahwa APBD yang disusun adalah APBD yang berpihak kepada masyarakat sesuai skala prioritas yang telah ditetapkan.

Serikat Tani Tobasa yang mengusung slogan Wujudkan Petani yang Kuat, Mandiri dan Sejahtera melalui Warinson juga mengharapkan adanya keterlibatan Serikat Tani Tobasa dalam penyusunan kebijakan pertanian di Toba Samosir serta mengharapkan realisasi bantuan ternak dan rumah kompos kepada Gapoktan. Menanggapi hal tersebut, Kadis Pertanian, Peternakan dan Perikanan Toba Samosir Ir. Parlindungan menyambut baik usulan dan permintaan yang disampaikan Serikat Tani Tobasa. “Kebutuhan dan keinginan yang disampaikan masyarakat pada musrenbang, sudah kami tampung pada grand design program kerja kami”, jelas Parlindungan. Selanjutnya Ir Parlindungan juga meminta agar Serikat Tani Tobasa dan seluruh kelompok tani di Toba Samosir dapat menjalin kebersamaan dan kerjasama dengan Dinas Pertanian, Peternakan dan Perikanan Kabupaten Toba Samosir dalam upaya meningkatkan pembangunan sektor pertanian di Toba Samosir.

Dalam pertemuan ini turut dihadiri para Kepala Bagian Sekretariat Daerah Kabupaten Toba Samosir, diantaranya Kabag Perekonomian Drs. Agust Nadeak, MSi, Kabag Pembangunan Martua Tumpal Malau, SP, Kabag Kessos Almen Tambunan dan Kabag Ortala Drs. Marlindo Sibarani.

(Relis Bagian Humas dan Protokol Setdakab Tobasa)

4 thoughts on “DISAMBUT BAIK PEMKAB TOBASA, SERIKAT TANI TOBASA SAMPAIKAN ASPIRASI”

  1. Jangan asal ok aja bos! tapi kenyataan dan tindakan yang dibutuhkan oleh para petani.
    Karena Saya merasa sebagai putra Sigaol yang masyarakatnya rata2 petani dan nelayan.

    1. yth. Pembela Butar-Butar, SE

      trima kasih, kiranya berbagai program yang telah disusun dalam memajukan pertanian di Toba Samosir dapat terselenggara dengan baik sehingga mampu meningkatkan taraf hidup para petani di Kabupaten Toba Samosir.

      salam
      (red)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s