Berita Terbaru

KEGIATAN PEMBUKAAN JALAN DAN PEMBANGUNAN JEMBATAN AEK GULANGAN PROGRAM PNPM-MP DIRESMIKAN BUPATI TOBASA

Seperti biasa dalam kunjungan kerjanya, Bupati Toba Samosir Pandapotan Kasmin Simanjuntak kembali disambut dengan antusias serta pelukan hangat dari masyarakatnya. Pada hari Jumat (13/05) , ratusan masyarakat bersama Kepala Desa Meranti Barat R. Siagian menyambut Bupati Toba Samosir dengan penuh suka cita mengingat untuk pertama kali Desa Meranti Barat mendapat kesempatan dikunjungi oleh seorang kepala daerah. Kunjungan kerja Bupati kali ini merupakan kunjungan kerja dalam rangka meresmikan Proyek Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Perdesaan (PNPM-MP) kegiatan pembangunan jembatan Aek Gulangan dan pembukaan jalan di Desa Meranti Barat, Kecamatan Silaen.

Bupati Toba Samosir Pandapotan Kasmin Simanjuntak dalam sambutannya mengatakan bahwa Program PNPM – Mandiri Perdesaan merupakan program nasional yang bertujuan untuk mengatasi persoalan kemiskinan dan pengangguran. Bupati sangat menyambut baik pelaksanaan program ini karena dapat menunjukkan bentuk kepedulian masyarakat Desa Meranti Barat dalam memberhasilkan pembangunan di desa mereka dan secara khusus pemberhasilan PNPM Mandiri Perdesaan. “Pada hari ini masyarakat Desa Meranti Barat Kecamatan Silaen telah memperlihatkan hasil nyata pembangunan melalui PNPM Mandiri Perdesaan”, kata Bupati. Bupati Pandapotan Kasmin Simanjuntak juga memberikan apresiasi yang tinggi kepada masyarakat Desa Meranti Barat dimana sesuai perencanaan awal kegiatan ini hanya berupa pembukaan jalan desa sepanjang 1.400 meter. Namun, kemudian didukung dari swadaya masyarakat desa dalam pembukaan jalan tadi telah membuahkan sisa dana yang selanjutnya dapat digunakan untuk penambahan fisik yaitu membangun Jembatan Aek Gulangan. Lebih lanjut Bupati juga menyampaikan bahwa pembangunan ini mengambil peranan yang sangat penting dalam membuka akses desa karena sangat berperan penting memperlancar jalur transportasi dalam menghubungkan desa ini dengan desa lainnya terutama ke ibukota kecamatan.

Diakhir sambutannya Bupati meminta bahwa untuk mencapai kemajuan agar unsur pemerintah desa dan lembaga kemasyarakatan dapat lebih meningkatkan kapasitasnya dalam memfasilitasi pembangunan partisipatif, dengan demikian maka tingkat swadaya masyarakat dapat lebih ditingkatkan. Bupati juga berharap kiranya masyarakat di desa dapat memahami konsep dan strategi untuk mengurangi kemiskinan, dengan menyusunnya melalui nilai-nilai yang bersifat partisipatif, transparan, akuntabel, aplikatif dan berkesinambungan. Sementara itu, dalam keterangannya Fasilitator Teknik Kabupaten Toba Samosir Donald Sigalingging, pembukaan jalan sepanjang 1.400 meter tersebut menelan biaya Rp 335.565.600 yang bersumber dari PNPM-MP serta didukung dengan swadaya masyarakat. Sedangkan jembatan Aek Gulangan dibangun dari sisa dana atas pembukaan jalan tersebut. Jembatan yang berdiri kokoh di atas Sungai Aek Gulangan tersebut memiliki panjang 12 meter, lebar 2,5 meter dan tinggi 7 meter.

Turut hadir pada acara tersebut, Wakil Ketua DPRD Toba Samosir Rahmat K. Manullang, ST, Anggota DPRD Toba Samosir Robinson Sibarani, Kaban PM & PD Kab. Toba SamosirJames Silaban, SE, Camat Silaen Harapan Napitupulu, Camat Parmaksian Elisber Tambunan, SE, Camat Sigumpar Arifin Simanjuntak, Danramil Silaen, UPK Kec. Silaen, TPK Desa Meranti Barat serta pelaku-pelaku PNPM-MP lainnya baik tingkat desa, kecamatan dan kabupaten.

(Relis Bagian Humas dan Protokol Setdakab Tobasa)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s