KIM “KARYA” DESA LUMBAN LOBU BERPRESTASI DI TINGKAT SUMUT

Masih dalam rangka menyemarakkan Hari Kebangkitan Nasional, Pemerintah Kabupaten Toba Samosir melalui Bagian Humas dan Protokol Setdakab Toba Samosir telah  mengirimkan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) “KARYA” yang berasal dari Desa Lumban Lobu, Kec. Bonatua Lunasi  untuk mengikuti perlombaan “Obrolan Pembangunan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) se-Sumatera Utara” Tahun 2011. Lomba Obrolan Pembangunan ini dilaksanakan pada hari Kamis (19/05) dengan mengambil tempat di Taman Bina Budaya Medan, Jl. Perintis Kemerdekaan Medan dan diikuti oleh hampir seluruh perwakilan Kabupaten/ Kota se Provinsi Sumatera Utara.

KIM “KARYA” di bawah pimpinan Torang Sitorus ini berhasil menunjukkan prestasi yang membanggakan dengan meraih gelar terbaik ke tiga dalam lomba yang diselenggarakan Bidang SKDI Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Sumatera Utara ini. Lomba Obrolan Pembangunan KIM ini mengambil tema obrolan “Dengan Semangat Kebangkitan Nasional, Kita Tingkatkan Ketahanan Masyarakat dalam Kerangka NKRI”.

Meskipun baru pertama kali mengikuti kegiatan ini di tingkat provinsi, KIM “Karya” ini berhasil menunjukkan kualitas dan kapasitas masyarakat Toba Samosir sebagai lembaga kecil di dalam masyarakat sebagai jembatan dalam penyampaian informasi di masyarakat.

Dengan prestasi yang diperoleh ini, KIM “KARYA” telah memperlihatkan kualitas Sumber Daya Manusia di Kabupaten Toba Samosir khususnya di bidang penyampaian informasi  karena mampu menyingkirkan para peserta dari Kabupaten/ Kota yang sudah menjadi langganan juara dan sudah biasa mengikuti perlombaan yang telah menjadi agenda rutin Dinas Kominfo Prov. Sumut.

Prestasi yang diukir KIM “Karya” yang beranggotakan Berton Sitorus, Junensi Gurning, Saba Butar-Butar, Hendra Butar-Butar dan Julius Sitorus diharapkan akan mampun mendorong lahirnya kelompok-kelompok informasi masyarakat lainnya di Kabupaten Toba Samosir. Atas prestasinya ini, KIM “Karya” menerima penghargaan berupa piagam dari Gubernur Sumatera Utara serta uang pembinaan.

WABUP TOBASA TERIMA AUDIENSI KIM “KARYA”

Sementara itu, ketika menerima audiensi KIM “Karya” Lumban Lobu  dipimpin Camat Bonatua Lunasi Tiarma Sinurat didampingi Sekcam Hendra Butar-butar, AP bertempat di Ruang Wakil Bupati Toba Samosir, Senin (23/05/2011), Wakil Bupati Toba Samosir Liberty Pasaribu, SH, M. Si berpesan agar KIM “Karya” di masa-masa mendatang dapat lebih meningkatkan prestasinya. Liberty Pasaribu merasa bangga meskipun proses latihan cukup singkat dan dana yang terbatas, namun KIM “Karya” mampu berkiprah di tingkat Propinsi Sumatera Utara dengan meraih juara III. “Saya berharap agar KIM Karya ini mampu menjadi corong pembangunan kepada masyarakat dalam memberikan informasi kemasyarakatan, sehingga masyarakat dapat merasakan sosialisasi pembangunan yang akan, sedang, dan sudah terlaksana,” ujar Liberty Pasaribu. Karenanya, dirinya berharap agar setiap kecamatan bahkan desa dan kelurahan di Kabupaten Toba Samosir memiliki minimal satu Kelompok Informasi Pembangunan sehingga pesan-pesan pembangunan sampai langsung ke masyarakat.

 (Relis Bagian Humas dan Protokol Setdakab Tobasa)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s