PERINGATAN HARKITNAS KE 103 DAN HARDIKNAS TINGKAT KABUPATEN TOBA SAMOSIR PENUH HIKMAT

“Dengan Semangat Hari Kebangkitan Nasional ke-103 tahun 2011, kita wujudkan kebangsaan yang berkarakter, bersatu dan berdaya saing menuju masyarakat yang sejahtera”, demikian disampaikan Bupati Toba Samosir Pandapotan Kasmin Simanjuntak dalam sambutannya ketika bertindak selaku Inspektur Upacara pada Upacara Peringatan Hari Kebangkitan Nasional  yang dirangkai dengan peringatan memperingati Hari Pendidikan Nasional tingkat Kabupaten Toba Samosir di Balige, Jumat (20/05).

Pada kesempatan tersebut, Bupati juga meminta agar momen ini dapat lebih dimaknai dan direnungkan khususnya mengenai semangat kebangsaan mengingat berbagai dinamika yang berkembang serta kondisi pasang surut akhir-akhir ini di Indonesia khususnya di Kabupaten Toba Samosir sebagai konsekuensi dari perkembangan zaman dan tuntutan masyarakat. Bupati juga mengajak seluruh peserta upacara dan seluruh masyarakat Toba Samosir untuk tetap menjaga konsistensi nilai-nilai kebangsaan yang telah dirintis para pendahulu bangsa karena dengan demikian akan mampu memperkuat jatidiri, identitas dan karakter sebagai Bangsa Indonesia.

Sementara itu, thema yang diangkat dalam peringatan Hari Pendidikan Nasional kali ini adalah “Kita wujudkan Pendidikan Karakter sebagai pilar Kebangkitan Bangsa dan meningkatkan semangat kebangsaan dalam keanekaragaman latar belakang dan budaya bangsa”. Upacara yang mulai digelar pada pukul 09.00 Wib dengan mengambil tempat di Lapangan Sisingamangaraja XII Balige, juga diisi dengan Pencanangan Pendidikan berbasis Karakter bagi siswa yang ditandai dengan pemukulan gong oleh Bupati Toba Samosir serta dilanjutkan dengan penyematan pin kepada perwakilan siswa dan guru oleh Bupati Tobasa dan para Uspida Toba Samosir. Kepada para perwakilan siswa dan guru juga diberikan buku kurikulum pendidikan berbasis karakter yang diterima secara simbolis melalui beberapa perwakilan siswa dan guru.

Sekaitan dengan hal tersebut, mengingat makin banyaknya muncul perilaku destruktif, anarkis dan radikalis, dalam sambutannya Pandapotan Kasmin Simanjuntak kembali menekankan bahwa pendidikan memiliki peran dan tanggung jawab yang besar dalam membentuk karakter kebangsaan melalui pendidikan berbasis karakter yang harus dimulai dalam Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) hingga Perguruan Tinggi.

Bupati Toba Samosir juga menyerahkan bibit pohon secara simbolis kepada para Kepala UPTD Dinas Pendidikan se-Kabupaten Toba Samosir dalam rangka mensukseskan pelaksanaan Gerakan Nasional Penanaman Satu Milyar Pohon/ One Billion Trees (OBIT) dan untuk membentuk karakter cinta lingkungan yang juga dapat dimulai dalam lingkungan sekolah mengingat prestasi yang telah diraih Kabupaten Toba Samosir yang menduduki peringkat terbaik kedua dalam pelaksanaan OBIT tingkat Provinsi Sumatera Utara tahun 2011.

Selama upacara ini berlangsung, terlihat barisan kesatuan upacara yang terdiri dari barisan PNS, OKP/ Ormas, Mahasiswa/i, Siswa/i SD, SLTP, SLTA se-Kecamatan Balige tertata rapi dan dalam kondisi tertib. Juga terlihat anak-anak yang tergabung dalam barisan PAUD sangat antusias mengikuti jalannya upacara ini. Hal ini dapat menyiratkan bahwa betapa nilai-nilai dan semangat kebangkitan nasional serta nuansa nasionalisme terlihat sangat tinggi pada masyarakat Kabupaten Toba Samosir.

ZIARAH NASIONAL

Sebelumnya, juga dalam rangka memperingati Hari Kebangkitan Nasional ke-103 tingkat Kabupaten Toba Samosir pada pukul 08.00 Wib bertempat di Taman Makam Pahlawan Bahagia dilaksanakan Upacara Ziarah Nasional untuk mengenang jasa-jasa para pahlawan nasional khususnya para pahlawan yang telah meletakkan tonggak kebangkitan nasional. Dalam Upacara Ziarah Nasional ini, Kepala Kejaksanaan Negeri Balige Timbul Pasaribu, SH bertindak sebagai Inspektur Upacara dengan Komandan Upacara KBO Sabhara Polres Toba Samosir Ipda S. Simanjuntak. Upacara, ziarah nasional ini juga dirangkai dengan kegiatan peletakan karangan bunga dan tabur bunga di makam para pahlawan oleh Bupati Toba Samosir beserta Uspida Toba Samosir.

Hadir dalam upacara ziarah nasional ini para Asisten Setdakab Toba Samosir, para Staf Ahli Bupati, para pimpinan SKPD di Lingkungan Pemkab Toba Samosir, para para pejabat Eselon III di Lingkungan Pemkab Toba Samosir, Pimpinan BUMD/ BUMN,  Pimpinan Instansi Vertikal di Toba Samosir dan Perwira TNI/ Polri.

(Relis Bagian Humas dan Protokol Setdakab Tobasa)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s