RAPAT STAF PEMBINAAN, KOORDINASI DAN EVALUASI PELAKSANAAN PROGRAM PEMBANGUNAN DIPIMPIN LANGSUNG WABUP LIBERTY PASARIBU

Untuk melakukan pembinaan dan dalam rangka meningkatkan koordinasi dan evaluasi pelaksanaan  program pembangunan TA 2011, dengan dipimpin langsung Wakil Bupati Toba Samosir Liberty Pasaribu, SH, MSi telah diselenggarakan rapat staf yang melibatkan para Asisten Setdakab Toba Samosir, para Staf Ahli Bupati, seluruh pimpinan dan Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) masing-masing SKPD, dan para Kabag Setdakab Toba Samosir. Rapat staf ini diselenggarakan di Balai Data Kantor Bupati Toba Samosir Lt. IV pada hari Kamis (26/05).

Sebelumnya Plt. Sekretaris Daerah Kabupaten Toba Samosir Drs. Liberty Manurung, MM Biztel menyampaikan bahwa tujuan diselenggarakannya rapat staf ini adalah untuk mempercepat realisasi kegiatan program pembangunan serta penyerapan anggaran pelaksanaan kegiatan pembangunan. Liberty Manurung juga mengharapkan nantinya agar dalam setiap pelaksanaan program pembangunan agar terlebih dahulu disusun kerangka acuan atau TOR (Term of Reference).

Wakil Bupati Toba Samosir Liberty Pasaribu, SH, MSi dalam bimbingan dan arahannya menyampaikan beberapa hal untuk menjadi perhatian dan pedoman bagi seluruh pimpinan SKPD dalam melaksanakan tugas dan fungsinya. Sekaitan dengan kegiatan pelaksanaan kunjungan ke lapangan oleh DRPD Toba Samosir sehubungan dengan penyampaian LKPJ Bupati Tahun 2010, Wakil Bupati  menghimbau agar pimpinan SKPD dapat mendampingi dan mendukung pelaksanaan kegiatan tersebut dengan harapan para pimpinan SKPD akan dapat memberikan saran dan pendapat tentang hasil penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan.

Terkait pelaksanaan tender/ lelang proyek, Liberty Pasaribu meminta agar segera dapat dilaksanakan tender/ lelang sebagaimana mekanisme dan ketentuan pengadaan barang dan jasa, karena hal tersebut akan dapat menjaga target pengerjaan dan kualitas proyek terjaga dengan baik. Pada kesempatan lain dalam rapat Staf ini, Kabag Administrasi Pembangunan Setdakab Toba Samosir Martua Tumpal Malau, SP melakukan pemaparan tentang Peraturan Presiden Nomor 54 tahun 2010 tentang Pengadaan Barang/ Jasa Pemerintah.

“Agar capaian target program dan kegiatan tercapai dengan baik, saya mengharapkan agar fungsi pengawasan internal oleh pimpinan SKPD supaya lebih ditingkatkan sesuai PP 60 tahun 2008”, ungkapnya ketika membahas seputar pengawasan internal. Oleh karena itu, sebagai lini terdepan dalam melaksanakan pengawasan, Wabup meminta agar Inspektorat Kabupaten dapat lebih meningkatkan fungsi pengawasannya.

Di akhir bimbingan dan arahannya, Wabup Liberty Pasaribu kembali mengajak serta memotivasi seluruh PNS di Lingkungan Pemkab Toba Samosir untuk dapat berbuat lebih demi kemajuan, serta meminta agar menjadi aparat yang lebih responsif atas saran dan kritikan yang disampaikan. “Marilah bersama-sama dan lebih kompak untuk membuat perubahan yang lebih baik, supaya kita dapat lebih maju”, pinta beliau.

Selama pelaksanan rapat staf ini juga dilakukan diskusi dan dialog interaktif diantara seluruh peserta yang hadir seputar kendala-kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan program dan kegiatan pemerintah, pembangunan dan kemasyarakatan.

(Relis Bagian Humas dan Protokol Setdakab Tobasa)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s