DISEMINASI HAM DI TOBA SAMOSIR OLEH KEMENKUMHAM RI

Dari Kiri ke Kanan Kiswan, MSi, Lodewyk Panjaitan, SH, AM Sitorus, SH, MH dan Tito Siahaan, SH pada Diseminasi Hak Asasi Manusia di Kantor Bupati Toba Samosir (31/05)

Kementerian Hukum dan HAM Republik Indonesia melalui Direktorat Jenderal Hak Asasi Manusia, dan Kanwil Kemenkumham Provinsi Sumut bekerjasama dengan Bagian Hukum Setdakab Toba Samosir menyelenggarakan Diseminasi Hak Asasi Manusia di Kabupaten Toba Samosir dengan mengambil tempat di Balai Data Kantor Bupati Toba Samosir di Balige, Selasa (31/05).

Dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Asisten Adminstrasi Umum Setdakab Toba Samosir Lodewyk Panjaitan, SH, Bupati Toba Samosir Pandapotan Kasmin Simanjuntak mengatakan bahwa Pemkab Toba Samosir sangat mendukung program diseminasi ini hingga nantinya revitalisasi peran hak asasi manusia akan mampu meningkatkan kesadaran hukum masyarakat di bidang hak asasi manusia.  Bupati juga menyampaikan ajakan untuk menghormati dan melindungi hak asasi manusia sebagai hak dasar yang bersifat kodrati dan universal. “Oleh karena itu harus dihormati, dimajukan, dipenuhi, dilindungi dan tidak boleh diabaikan, dikurangi atau dirampas oleh siapapun”, tegasnya.

Diseminasi sebagai upaya penyebarluasan informasi tentang Hak Asasi Manusia ini diisi dengan pemaparan oleh beberapa pembicara. Asisten Administrasi Umum Lodewyk Panjaitan selaku pembicara pertama memaparkan materi dengan judul “Pembangunan berbasis HAM bagi Kelompok Rentan”, dimana pada meteri yang disampaikannya ini, Lodewyk Panjaitan menjelaskan bahwa kelompok rentan dapat didefenisikan dalam berbagai konteks, dan untuk konteks pembangunan HAM ini, didefenisikan sebagai bagian dari masyarakat baik yang kerap terpinggirkan dalam menikmati hak-haknya. Untuk memaksimalkan pembangunan HAM bagi kelompok rentan, Lodewyk mengatakan bahwa disamping berbagai produk hukum yang ada, juga diperlukan adanya identifikasi keadaaan seberapa rentan kelompok masyarakat tersebut dalam berbagai lingkup karakteristik.

Selanjutnya, Tito Siahaan, SH selaku pembicara berikutnya, mempresentasikan materi seputar Perdagangan Manusia/ Trafficking in Person. Staf Ahli Bupati Toba Samosir bidang Hukum dan Politik ini memaparkan berbagai jenis trafficking yang sering terjadi serta faktor-faktor penyebab trafficking. Dalam paparannya, Tito Siahaan menyampaikan bahwa Pemerintah telah berupaya menyusun suatu perangkat hukum guna menjerat dan menindak para pelaku trafficking melalui Undang-Undang Nomor 21 tahun 2007 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Perdagangan Orang.

Sebagai narasumber terakhir pada diseminasi ini adalah Bapak Kiswan, MSi dari Direktorat Jenderal Hak Asasi Manusia, Kementerian Hukum dan HAM RI dengan makalah yang berjudul “Perlindungan dan Pemenuhan Hak-Hak Anak”. “Perlindungan Anak adalah segala kegiatan untuk menjamin dan melindungi anak dan hak-haknya agar dapat hidup, tumbuh, berkembang, dan berpartisipasi secara optimal sesuai dengan harkat dan martabat kemanusiaan serta mendapat perlindungan dari kekerasan dan diskriminasi”, jelas Kasubbid Evaluasi dan Pengembangan Diseminasi HAM ini dalam paparannya.

Setelah pemaparan dari narasumber, diseminasi ini juga dirangkai dengan sesi tanya jawab. Para peserta yang terdiri aparat di Lingkungan Pemkab Toba Samosir ini, juga terdiri dari beberapa elemen masyarakat diantaranya Organisasi Wanita TP PKK, DWP, PGRI, PWKI dan dari LSM serta insan pers. Panita kegiatan ini juga membekali para peserta dengan buku yang memuat Undang-Undang Nomor 39 tahun 1999 tentang Hak Asasi Manusia dan kumpulan peraturan perundang-undangan lainnya.

(Relis Bagian Humas dan Protokol Setdakab Toba Samosir)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s