DESA BATU MANUMPAK SEBAGAI LOKASI KARYA BHAKTI TNI TA. 2011 DI KABUPATEN TOBA SAMOSIR

Terlihat Rombongan Bupati Toba Samosir Pandapotan Kasmin Simanjuntak beserta Uspida disambut dengan Tortor oleh Siswa/i SMP Negeri 2 Nassau

Dengan disambut hangat masyarakat serta diiringi tarian Tortor yang dipersembahkan oleh siswa/i SMP Negeri 2 Nassau, Bupati Toba Samosir Pandapotan Kasmin Simanjuntak beserta rombongan Uspida Kabupaten Toba Samosir menghadiri Pembukaan Karya Bhakti Tentara Nasional Indonsia Tahun Anggaran (TA) 2011 yang  untuk Wilayah Kabupaten Toba Samosir dipusatkan di Desa Batu Manumpak, Kecamatan Nassau, Kabupaten Toba Samosir pada hari Senin (06/06).

Dengan berbagai pertimbangan dan analisis yang dilakukan oleh KODIM 0210/ TU, Desa Batu Manumpak yang berpenduduk 915 jiwa ditetapkan sebagai lokasi Karya Bhakti TNI TA 2011 di wilayah Kabupaten Toba Samosir yang juga wilayah Kodim 0210/TU. Kegiatan Karya Bhakti ini terdiri dari kegiatan pembangunan fisik dan non fisik. Untuk jenis kegiatan fisik, melalui Karya Bhakti TNI TA 2011 akan dibangun MCK (Mandi, Cuci dan Kakus) sebanyak 4 (empat) unit. Mengingat lokasi desa ini berada pada ketinggian 800 m di atas permukaan laut, keberadaan MCK ini diharapkan akan mampu menjawab kesulitan masyarakat desa selama ini akan keberadaan fasilitas air bersih. Sementara itu, untuk kegiatan non-fisik, Karya Bhakti di desa yang mempunyai luas wilayah + 136 Km2 akan diisi dengan berbagai kegiatan penyuluhan kepada warga desa. Penyuluhan-penyuluhan yang dilakukan ini juga akan melibatkan beberapa instansi terkait sesuai dengan jenis penyuluhan yang diselenggarakan.

Karya Bhakti TNI merupakan suatu upaya dalam mewujudkan kemanunggalan TNI dan Rakyat untuk menciptakan kesejahteraan masyarakat serta mendorong terciptanya suasana kondusif dan stabilitas keamanan dalam negeri. Oleh karena itu, adapun thema yang diangkat dalam Karya Bhakti ini  adalah “Melalui Karya Bhakti TNI, kita tingkatkan kebersamaan dalam percepatan pembangunan untuk mengatasi kesulitan masyarakat di daerah guna mewujudkan ketahanan wilayah yang tangguh serta memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa”. Kegiatan Karya Bhakti ini juga mendapat dukungan luas dari masyarakat setempat. Dukungan ini diwujudkan dengan kerelaan warga menyerahkan lahannya untuk digunakan sebagai lokasi kegiatan Karya Bhakti ini dengan tidak menuntut ganti rugi.

Pembukaan Karya Bhakti TNI ini diawali dengan upacara dengan Inspektur Upacara Komandan Kodim 0210/TU Letkol (Inf) Habzen Sianturi, S.IP. Upacara ini  juga diisi dengan penyampaian laporan pelaksanaan Karya Bhakti kepada Letkol (Inf) Habzen Siantur, S.IP yang juga selaku Dan Satgas Karya Bhakti TNI. Dalam sambutannya, Letkol (Inf) Habzen Sianturi, S.IP menyampaikan harapannya melalui Karya Bhakti TNI ini akan dapat memperlihatkan tugas bantuan TNI dalam mengatasi kesulitan masyarakat serta dapat memupuk semangat gotong royong dan swadaya masyarakat dalam membangun daerahnya.

Untuk menandai pembukaan karya bhakti TNI TA 2011 ini, Dandim 0210/TU Letkol (Inf) Habzen Sianturi, S.IP menyerahkan peralatan gotong royong secara simbolis kepada perwakilan personil TNI, unsur masyarakat dan mewakili pelajar berupa cangkul, sekop dan plongki. Kemudian kegiatan dilanjutkan dengan penanaman pohon Trembesi di lapangan SMP Negeri 2 Nassau oleh Bupati Pandapotan Kasmin Simanjuntak bersama Uspida Kabupaten Toba Samosir.

Terlihat hadir pada pembukaan acara Karya Bhakti TNI TA 2011 di desa Batu Manumpak ini, Kajari Balige Timbul Pasaribu SH, Ketua Pengadilan Negeri Balige Tumpak Simanjuntak SH, Kapolres Tobasa AKBP Musa Tampubolon SH, SIk, Msi, Ketua TP PKK Toba Samosir  Ny. Netty Pandapotan Kasmin Simanjuntak br. Pardosi, Ketua Persit Kartika Chandra Kirana, Ketua Bhayangkari, Camat Nassau Tumpak Simanjuntak, SH, Kabag Humas dan Protokol Arwanto H. Ginting, SSTP, Kepala Sekolah SMP N 2 Nassau serta beberapa pimpinan SKPD di Lingkungan Pemkab Toba Samosir dan undangan lainnya.

(Relis Bagian Humas dan Protokol Setdakab Toba Samosir)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s