UNTUK PENINGKATAN PEMBANGUNAN SEKTOR PENDIDIKAN, BUPATI TOBA SAMOSIR ADAKAN PERTEMUAN DENGAN PARA KEPALA SEKOLAH SMA/ SMK

Bupati Pandapotan Kasmin Simanjuntak bersama Wabup Liberty Pasaribu, SH, MSi didampingi Plt. Sekdakab Toba Samosir Drs. Liberty Manurung, MM Biztel dan Kepala Dinas Pendidikan Kab. Toba Samosir Dra. Mariani Simorangkir, MPd bertemu para Kepala Sekolah SMA/SMK di Balige (09/06)

Bupati Toba Samosir Pandapotan Kasmin Simanjuntak bersama Wakil Bupati Toba Samosir Liberty Pasaribu, SH, MSi pagi tadi (Kamis, 09/06) menggelar pertemuan dengan 35 (tiga puluh lima) orang Kepala SMA/SMK Negeri dan Swasta se-Kabupaten Toba Samosir. Pertemuan tersebut dimaksud diadakan untuk menyamakan persepsi serta evaluasi terhadap pelaksanaan pembangunan sektor pendidikan di Kabupaten Toba Samosir mengingat sektor pendidikan merupakan salah satu sektor penting pada pilar pembangunan sebagaimana visi dan misi Kabupaten Toba Samosir.

Mengawali arahannya, Bupati Toba Samosir mengucapkan terima kasih kepada seluruh kepala SMA/SMK serta seluruh jajaran Dinas Pendidikan Toba Samosir maupun pihak-pihak terkait atas terselenggaranya Ujian Nasional untuk jenjang Pendidikan SMP/MTS dan SMA/SMK Tahun Pelajaran 2010/2011 yang terbilang sukses, dengan tingkat kelulusan sebesar 99,76% untuk SMA dengan jumlah siswa/i sebanyak 6.585 orang, tingkat kelulusan SMK sebesar 100% dengan jumlah siswa/i 5.786 orang dan tingkat kelulusan SMP sebesar 100%.

Selanjutnya, Bupati menghimbau agar pihak sekolah senantiasa berkoordinasi dengan Dinas Pendidikan, agar memiliki pemahaman yang sama dalam menggali Potensi Pendanaan serta pemanfaatannya, sehingga dalam pengelolaannya benar-benar efektif, efisien serta sesuai dengan peraturan perundang-undangan. “Menyikapi berbagai tantangan yang ada secara khusus bidang pendidikan, serta mencari solusi terbaik pemecahannya, maka pada kesempatan ini, kami mengharapkan forum ini dapat kita manfaatkan untuk membangun kebersamaan dalam mengatasinya, sehingga tantangan yang kita hadapi dapat teratasi sekaligus kita mengharapkan terbangunnya komitmen bersama dalam pembangunan Kabupaten Toba Samosir khususnya pendidikan”, ungkap Bupati. Sebelumnya juga dalam arahannya, Bupati Pandapotan Kasmin Simanjuntak tidak lupa kembali menegaskan komitmen Pemkab Toba Samosir yang tidak akan menolerir oknum pegawai negeri sipil yang melakukan perbuatan mencederai martabat Pemkab Toba Samosir khususnya dalam pembangunan sektor pendidikan, untuk itu beliau mengajak seluruh Kepala SMA/SMK yang hadir agar menegakkan disiplin pada unit kerja masing-masing sesuai dengan PP Nomor 53 Tahun 2010.

Dalam pertemuan yang dilaksanakan di Balai Data Kantor Bupati Toba Samosir tersebut, turut dihadiri Plt. Sekdakab Toba Samosir Drs. Liberty Manurung, MM Biztel, Kadis Pendidikan Dra. Mariani Simorangkir, M.PD, Kepala Dinas PPKKD Drs. Thamrin Simanjuntak, MSi, Kabag Humas dan Protokol Setdakab Toba Samosir Arwanto Ginting, S.STP serta para Kepala Bidang di Lingkungan Dinas Pendidikan Kabupaten Toba Samosir.

Sementara itu sebelumnya pada awal pertemuan,  Kadis Pendidikan Kab. Toba Samosir  dalam laporannya mengatakan bahwa tujuan pertemuan ini dilakukan diantaranya untuk meningkatkan kinerja Kepala Sekolah dalam optimalisasi potensi sekolah. Mariani juga menyampaikan dengan melalui pertemuan ini juga diharapkan akan mampu meningkatkan pemahaman Kepala Sekolah mengenai potensi pembiayaan sekolah, dapat meningkatkan kemampuan Kepala Sekolah dalam pengelolaan pembiayaan sekolah sesuai dengan ketentuan, serta mampu meningkatkan efektifitas pembiayaan sekolah dalam pencapaian tujuan sekolah. Pada pertemuan yang berlangsung hikmat ini, Mariani Simorangkir, MPd juga menjelaskan bahwa potensi pembiayaan yang sudah dan akan diterima sekolah terdiri dari Bantuan Operasional Manajemen Mutu (BOMM) dimana untuk SMA Negeri/Swasta sebesar Rp 90.000/siswa/tahun dan SMK Negeri/Swasta sebesar Rp 60.000/siswa/tahun, yang bersumber dari dana dekonsentrasi yang dibayarkan pada akhir tahun anggaran oleh Dinas Pendidikan Provsu. Pembiayaan lain dari bantuan Pelaksanaan Ujian Nasional Tahun Pelajaran 2010/2011, untuk SMA Negeri/Swasta Rp 28.000/siswa dan SMK Negeri/Swasta Rp 20.000/siswa.

(Relis Bagian Humas dan Protokol Setdakab Toba Samosir)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s