Berita Terbaru

WABUP TOBASA : PELAYANAN KESEHATAN KEPADA MASYARAKAT JANGAN HANYA TERGANTUNG JAM KERJA

Untuk mempercepat pencapaian sasaran pembangunan kesehatan di Indonesia, Kementerian Kesehatan telah melakukan terobosan melalui berbagai upaya yang dilaksanakan secara berkesinambungan. Satu diantaranya adalah Bantuan Operasional Kesehatan (BOK) yang diharapkan dapat berkontribusi meningkatkan akses dan pemerataan pelayanan kesehatan masyarakat utamanya melakukan kegiatan promotif dan preventif sesuai dengan Standar Pelayanan Minimal (SPM) bidang kesehatan dengan fokus pencapaian Millenium Development Goals (MDGs) pada tahun 2015.

Demikian sambutan Bupati Toba Samosir yang disampaikan Wabup Toba Samosir Liberty Pasaribu, SH, M.Si saat membuka secara resmi Sosialisasi / Pembinaan Jaminan Kesehatan Masyarakat (Jamkesmas), Jaminan Pelayanan Persalinan (Jampersal), dan Bantuan Operasional Kesehatan (BOK) Tingkat Kab. Toba Samosir Tahun 2015 bertempat di Ruang Audio-Visual TB Centre Balige, Kamis (09/06/2011).

Dalam kesempatan itu, Liberty Pasaribu menjelaskan perubahan mekanisme penyaluran dana BOK yaitu yang semula melalui mekanisme bantuan sosial diubah menjadi melalui mekanisme tugas pembantuan. Untuk itu, Liberty berharap agar keberadaan dana BOK dapat meningkatkan kemampuan pemerintah daerah yang sangat terbatas dalam hal alokasi untuk biaya operasional puskesmas di Toba Samosir.

Di sisi lain, ditegaskan Liberty Pasaribu, pelayanan kesehatan kepada masyarakat di Toba Samosir jangan hanya tergantung pada saat jam kerja atau jam dinas. “Untuk itu para pelayan kesehatan di Kab. Tobasa harus fleksibel menghadapi saat-saat kebutuhan kesehatan warga, karena sewaktu-waktu warga dapat mendadak ditimpa sakit atau membutuhkan pelayanan medis tanpa tergantung pada jam dinas pelayan kesehatan di rumah sakit, puskesmas atau polindes,” tegas Liberty.

Hadir dalam kesempatan itu anggota DPRD Tobasa Monang Naipospos, Plt. Sekda Tobasa Drs. Liberty Manurung, MM.Biz.Tel selaku Ketua Tim Koordinasi Jamkesmas dan BOK Kab. Tobasa, para pimpinan SKPD Pemkab Tobasa antara lain staf ahli DR. C.Y. Hasugian, MA, Plt. Kadis Kesehatan Dr. Haposan Siahaan, M.Kes, Kepala BKKAKB Dr. Frida Sinaga, para kepala puskesmas se-Tobasa, dan instansi terkait lainnya.

Acara pembukaan diisi dengan Sosialisasi Jamkesmas dan Jampersal (dr. Sabam Simatupang, MPH), Sosialisasi BOK (Drs. Herbet Pasaribu, S.Si.Apt), dan Mekanisme Pelaporan Jamkesmas, Jampersal dan BOK (Siti Nuraya Sirait, SKM dan Ruslanni Simbolon).

(Relis Bagian Humas dan Protokol Setdakab Toba Samosir)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s