Berita Terbaru

ZIARAH 104 TAHUN GUGURNYA RAJA SISINGAMANGARAJA XII DIPERINGATI SECARA SEDERHANA

Wabup Tobasa Liberty Pasaribu menaburkan bunga di makam Raja Patuan Anggi (Putra Raja Sisingamangaraja XII)

Upacara ziarah nasional peringatan ke-104 tahun gugurnya Pahlawan Nasional dari Tanah Batak Raja Sisingamangaraja XII dilaksanakan di Kompleks Makam Raja Sisingamangaraja XII di Pagar Batu Balige Toba Samosir, Jumat (17/06/2011). Bertindak selaku Inspektur Upacara Wakil Bupati Toba Samosir Liberty Pasaribu, SH, M.Si.

Upacara peringatan dihadiri Ketua DPRD Tobasa Sahat Panjaitan, uspida Toba Samosir, para pimpinan SKPD dan PNS di Lingkungan Pemkab Toba Samosir, jajaran Polres Tobasa, Koramil 17 Balige, TNI dari Kipan A-Yonif 125 Simbisa Onan Sampang Balige, KNPI Tobasa, Organisasi Wanita, para pelajar, serta Golongan Siraja Batak Parbaringin Malim Marsada.

Upacara peringatan gugurnya Raja Sisingamangaraja XII yang gugur dalam kontak senjata melawan kolonial Belanda di daerah Sionom Hudon Utara Kabupaten Humbang Hasundutan ini, ditandai dengan mengheningkan cipta yang dipimpin langsung Irup Liberty Pasaribu serta dirangkai dengan penghormatan kepada arwah pahlawan serta peletakan karangan bunga.

Usai peletakan karangan bunga, Irup Liberty Pasaribu diikuti Ketua DPRD Sahat Panjaitan, uspida Tobasa, Ny. Agustina Liberty Pasaribu dan Op. Binsar boru Sinambela dari Golongan Siraja Batak melakukan tabur bunga di masing-masing makam Raja Sisingamangaraja XII, Raja Patuan Nagari dan Raja Patuan Anggi serta di makam keturunan pahlawan nasional dari Tanah Batak tersebut. Upacara yang cukup sederhana namun hikmat itu ditutup dengan pembacaan doa oleh Amaron Manik dari Kantor Kementerian Agama Kab. Toba Samosir.

Pada kesempatan tersebut hadir pula seorang perantau asal Pulau Samosir bernama Pdt. Jahidin Sihotang yang bermukim di California, Amerika Serikat. Jahidin mengaku hampir setiap tahun datang dari Amerika dan ziarah ke makam Raja Sisingamangaraja XII ini. “Saya bersyukur dan berterima kasih atas upaya yang dilakukan Pemkab Toba Samosir setiap tahunnya mengadakan upacara seperti ini. Kiranya perjuangan Raja Sisingamangaraja XII ini terpatri di sanubari generasi muda bangsa kita,” ujar Jahidin penuh semangat.

Sekedar informasi, Pahlawan Nasional Raja Sisingamangaraja XII gugur pada 17 Juni 1907 di daerah Sionom Hudon Utara Kabupaten Humbang Hasundutan bersama dua putranya yakni Raja Patuan Nagari dan Raja Patuan Anggi serta putri tercintanya Siboru Lopian setelah berperang selama 30 tahun melawan tentara penjajah kolonial Belanda dalam Perang Batak. Setelah dimakamkan di kawasan Tangsi Tarutung Tapanuli Utara, akhirnya pada 17 Juni 1953 tulang belulangnya dibawa ke Pagar Batu Balige untuk dimasukkan ke monumen yang telah dibangun Pemerintah Republik Indonesia, keluarga dan masyarakat.

(Relis Bagian Humas dan Protokol Setdakab Toba Samosir)

Wabup Tobasa Liberty Pasaribu dan Ibu beserta uspida Tobasa foto bersama dengan Golongan Siraja Batak Parbaringin Malim Marsada di depan Makam Raja Sisingamangaraja XII di Balige.
Sebagian peserta Upacara Ziarah Nasional 104 tahun gugurnya Pahlawan Nasional Raja Sisingamangaraja XII, Jumat (17/06/2011)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s