Berita Terbaru

“JADIKANLAH JUBILEUM 150 TAHUN HKBP DAN 130 TAHUN HKBP BALIGE SEBAGAI MOTIVASI UNTUK MELAYANI TUHAN DAN BEKERJA DI LADANG-NYA”

Demikian disampaikan Bupati Toba Samosir dalam sambutannya yang dibacakan oleh Asisten Pemerintahan Setdakab Toba Samosir Drs. Rudolf Manurung, dihadapan ribuan jemaat HKBP Balige pada acara Pesta Jubileum 150 Tahun HKBP dan Ulang Tahun 130 Tahun HKBP Balige sekaligus syukuran pembangunan HKBP Balige. Lebih lanjut disampaikan oleh Bupati, bahwa kita patut bersyukur kepada Tuhan atas Injil yang dibawa oleh Missionaris dari Jerman 150 Tahun yang lalu ke tanah batak, sehingga orang batak terbebas dari occultisme, dan membawa kemajuan bagi bangsa batak di bidang pendidikan, kesehatan, ekonomi, sosial budaya maupun agama.

“Pada kesempatan ini juga kami mengajak seluruh parhalado dan jemaat HKBP Balige ini agar dapat mendukung visi dan misi Kab. Toba Samosir untuk 5 (lima) tahun ke depan, yaitu kehidupan yang berlandaskan “Kasih, Peduli dan Bermartabat”, lanjut Bupati dalam sambutannya.

Diakhir sambutannya, Bupati berharap agar para pendeta dan kaum rohaniwan yang ada di Kab. Toba Samosir tetap memberikan siraman rohani melalui khotbah yang senantiasa mengajak umat untuk hidup saling menghormati, toleransi, rukun dan damai baik diantara sesama pemeluk agama Kristen maupun dengan agama lain.

Acara yang dihadiri oleh Kajari Balige sekaligus Ketua Panitia 130 Tahun HKBP Balige Timbul Pasaribu, SH., Ibu Wakil Bupati Toba Samosir Ny. Agustina Sambenga Pasaribu, Wakil Ketua DPRD Jojor Tambunan, Anggota DPRD Mangapul Siahaan dan Franjos Sitorus, Kaban BPM & PD James Silaban, SE, Kaban Lindup & Pertambangan Drs. Agust Nadeak, M.Si, Kadis Pertanian Ir. Parlindungan Simanjuntak, Kadis PU Ir. Ferdinand Siahaan, Kepala BKD Budiyanto Tambunan, SE, Dir. RSUD Porsea dr. Pontas Batubara, Kakan Badan Penanggulangan Bencana sekaligus Sekretaris Panitia 130 Tahun HKBP Balige Drs. Rekson SImanjuntak, MM, Kabag Kesos Almen Tambunan dan Kabag Humas Arwanto Ginting, S.STP serta ribuan jemaat HKBP Balige, berjalan dengan hikmat yang terlaksana dari pagi hingga sore (Minggu, 19/06/2011).

Sementara yang bertindak sebagai pengkhotbah dalam ibadah pada pesta tersebut adalah Pdt. Pahala Simanjuntak, yang mengambil nats khotbah dari Jesaya 6: 1-13. Dalam khotbahnya Pdt. Pahala juga menceritakan sejarah masuknya ajaran Kristen ke tanah batak dan terbentuknya HKBP.

Timbul Pasaribu, SH, selaku Ketua Panitia, dalam sambutannya menyampaikan bahwa selama 2 (dua) tahun menjadi jemaat HKBP Balige telah banyak hal yang baik yang telah kita lakukan bersama. Kemudian Timbul Pasaribu juga berpesan, agar Pesta Jubileum yang dilaksanakan ini bukan hanya meniru-niru dari pesta jubileum yang pernah ada, namun juga harus memiliki manfaat buat jemaat HKBP Balige. Selaku Ketua Panitia, beliau yakin, kedepan seluruh jemaat HKBP Balige dapat semakin berbuat yang terbaik untuk Gereja HKBP.

Pesta Jubileum ini sendiri merupakan bentuk ucapan syukur jemaat HKBP, khususnya di Kab. Toba Samosir, atas telah sampainya ajaran Tuhan Yesus di tanah batak.

(Relis Bagian Humas dan Protokol Setdakab Toba Samosir)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s