“BUMI BUKANLAH WARISAN NENEK MOYANG YANG BISA KITA HABISKAN, NAMUN MERUPAKAN TITIPAN BAGI ANAK CUCU YANG HARUS KITA JAGA”

Kalimat di atas merupakan sepenggal kalimat yang disampaikan oleh Kaban Lingkungan Hidup dan Pertambangan Kab. Toba Samosir, Drs. Agust Nadeak, M.Si di hadapan seratus orang penanam, pada acara Penanaman Pohon Khas Toba Berkaitan Umpasa. Acara yang dilaksanakan di Agrowisata Taman Eden 100, Desa Sionggang Utara Kec. Lumban Julu, yang diprakarsai oleh Yayasan El Shaddai bekerja sama dengan Pemkab Toba Samosir (Sabtu, 19/06/2011).

Acara tersebut diselenggarakan dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup sedunia pada tanggal 5 Juni 2011 yang lalu. Pada acara tersebut hadir seratus orang penanam dengan menggunakan pakaian daerah masing-masing. Sementara bibit tanamannya diserahkan kepada penanam dengan diiringi Gondang dan Uning-uningan, dan pohon yang ditanam juga dilengkapi dengan umpasa, jenis tanaman dan nama penanamnya. Bibit pohon dapat ditebus kepada Panitia dengan uang minimal Rp 300.000,- yang nantinya uang tersebut akan digunakan untuk memelihara dan menjaga kelestarian lingkungan hidup di kawasan Danau Toba khususnya wilayah Kec. Lumban Julu.

Kaban Lindup dan Pertambangan Kab. Toba Samosir, Drs. Agust Nadeak, yang mewakili Bupati pada kesempatan itu menyampaikan, bahwa visi Kab. Toba Samosir adalah “Terwujudnya Masyarakat Kab. Toba Samosir yang memiliki Kasih, Peduli dan Bermartabat”, dimana salah satu misinya dalam mencapai visi tersebut adalah  meningkatkan penataan pembangunan lingkungan hidup yang ramah lingkungan atau berkelanjutan (sustainable development). “Maka untuk mencapai visi tersebut, sudah selayaknya kita menjaga kelestarian lingkungan hidup khususnya kawasan Danau Toba dengan menanam pohon khususnya pohon khas Toba seperti yang akan kita tanam sekarang” lanjutnya.

Pada acara tersebut hadir pula Kabag Humas Setdakab Toba Samosir, Arwanto H. Ginting, S.STP dan Camat Lumbanjulu, Drs. Agus Sitorus.

(Relis Bagian Humas dan Protokol Setdakab Toba Samosir)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s