MENTERI HUKUM DAN HAM RI SERAHKAN PENGHARGAAN “ANUBHAWA SASANA DESA” KEPADA BUPATI TOBA SAMOSIR

Menteri Hukum dan HAM Republik Indonesia Patrialis Akbar, SH. MH memberikan penghargaan “Anubhawa Sasana Desa” kepada Bupati Toba Samosir Pandapotan Kasmin Simanjuntak, pada hari Jumat (24/6) di Hotel Grand Angkasa Medan. Pada kesempatan tersebut juga ditetapkan Desa Narumonda VII Kecamatan Siantar Narumonda dan Desa Silamosik II sebagai Desa Sadar Hukum Tingkat Provinsi Sumatera Utara Tahun 2011. “Pemberian Penghargaan dan peresmian desa Sadar Hukum di Provinsi Sumatera Utara tersebut dilaksanakan di sela-sela Rapat Koordinasi dan Konsultasi DILKUMJAKPOL yang diselenggarakan Kantor Wilayah Depkumham Provinsi Sumatera Utara”, demikian disampaikan Plt Kabag Hukum Setdakab Toba Samosir Jhonny Sinaga, SH, MH. di ruang kerjanya, Senin (27/06).

Selanjutnya Jhonny Sinaga juga menjelaskan bahwa pemberian penghargaan Anubhawa Sasana Desa oleh Menteri Hukum dan HAM RI kepada Bupati Toba Samosir Pandapotan Kasmin Simanjuntak merupakan wujud apresiasi atas keberhasilan Bupati dalam membina dan mengembangkan Desa Silamosik II dan Desa Narumonda VII sebagai Desa Sadar Hukum di wilayah Kabupaten Toba Samosir. “tentunya ini merupakan bentuk apresiasi terhadap kepemimpinan Bupati Toba Samosir Pandapotan Kasmin Simanjuntak di bidang penegakan hukum yang patut kita respon dan diwujudkan di Kabupaten Toba Samosir” ungkap Jhonny.

Penghargaan yang langsung diserahkan Patrialis Akbar SH, MH dan disaksikan Plt Gubernur Sumatera Utara Gatot Pujonugroho ST untuk Kabupaten Toba Samosir bersamaan dengan 15 (lima belas) Desa Sadar Hukum Tahun 2011 Tingkat Provinsi Sumatera Utara lainnya, diterima Kepala Desa Narumonda VII Pangihutan Sinambela didampingi Camat Siantar Narumonda Janji Situngkir, SH dan Kepala Desa Silamosik II Jhonson Sitorus, ST didampingi Camat Bonatua Lunasi Tiarma Sinurat, SS.

Sementara itu, Kasubbag Peraturan Perundang-undangan Lukman Siagian SH  menjelaskan bahwa pada penyerahan penghargaan tersebut, Menteri Hukum dan HAM dalam sambutannya juga meminta agar warga Desa Sadar Hukum yang telah ditetapkan dapat memberikan kontribusi terhadap masyarakat untuk taat hukum, sehingga taat hukum tidak hanya kewajiban, tetapi keterpaduan yang dilakukan seluruh elemen masyarakat.

“Penetapan Desa Narumonda VII dan Silamosik II sebagai desa sadar hukum dengan dasar kualifikasi karena desa tersebut telah memenuhi ketentuan diantaranya relatif tidak ada tindak criminal, tidak ada beredar narkotik dan perjudian, tidak ada perkawinan diluar ketentuan yang berlaku serta kesadaran membayar pajak diatas 95 %”, jelas Lukman.

Secara terpisah Kepala Desa Narumonda VII Pangihutan Sinambela setelah menerima penghargaan menyampaikan bahwa lewat penghargaan ini dirinya semakin termotivasi berupaya melakukan sosialisasi lebih intensif ketengah tengah warga desa sehingga warga Desa Narumonda VII dapat menjadi warga yang taat hukum dan angka kriminilitas dan termasuk perjudian dapat diminimalisir, tentunya dengan berkoordinasi dengan pihak keamanan dan penegak hukum lainnya.

Adapun penghargaan yang diserahkan berupa Piagam dan Medali Penghargaan serta Prasasti dari Kementerian Hukum dan HAM Republik Indonesia.

(Relis Bagian Humas dan Protokol Setdakab Toba Samosir)

4 thoughts on “MENTERI HUKUM DAN HAM RI SERAHKAN PENGHARGAAN “ANUBHAWA SASANA DESA” KEPADA BUPATI TOBA SAMOSIR”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s