“PEMELUK AGAMA MAYORITAS JANGAN MENEKAN YANG PEMELUK AGAMA MINORITAS, DAN SEBALIKNYA YANG MINORITAS JANGAN MEMBUAT TIRANI TERHADAP YANG MAYORITAS”

Demikian disampaikan Wakil Bupati Toba Samosir, Liberty Pasaribu, SH., M.Si pada acara Sosialisasi oleh Forum Komunikasi Umat Beragama/ FKUB Kabupaten Toba Samosir bekerjasama dengan Badan Kesatuan Bangsa, Politik dan Perlindungan Masyarakat (Kesbangpollinmas) Kabupaten Toba Samosir. Sosialisasi yang dilaksanakan di Hotel Gelora, Balige, Selasa, 28/06/2011, turut dihadiri oleh beberapa pejabat Pemkab Toba Samosir antara lain Kaban Kesbangpollinmas Dra. Lisbet Rialam Siahaan, Staf Ahli Bupati bidang Kemasyarakatan DR. CY. Hasugian, MA, Camat Lumbanjulu Drs. Agus Sitorus dan Kabag Humas Arwanto H. Ginting, S.STP.

“Mari bersama-sama melaksanakan ajaran agama yang kita peluk dengan baik agar mendapat pengakuan dari agama lain”, lanjut Liberty Pasaribu yang pada sosialisasi tersebut menjadi salah satu nara sumber dengan materi yang berjudul Peran Pemerintah dan Masyarakat dalam Mewujudkan Kerukunan Umat Beragama. Lebih lanjut Liberty mengatakan bahwa kerukunan umat beragama adalah keadaan hubungan sesama umat beragama yang dilandasi toleransi, saling pengertian, menghormati, menghargai kesetaraan dalam pengalaman agamanya dan kerjasama dalam kehidupan masyarakat, berbangsa dan bernegara di dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.

Kegiatan sosialisasi ini juga mendapat tanggapan positif dari peserta sosialisasi, salah satu diantaranya yaitu Camat Lumban Julu, Drs. Agus Sitorus, saat ditanya mengenai pemaparan materi tentang Peran Pemerintah dan Masyarakat dalam Mewujudkan Kerukunan Umat Beragama, menurutnya kerukunan umat beragama perlu diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Beliau berpendapat bahwa Kab. Toba Samosir dapat dijadikan sebagai salah satu barometer dalam kerukunan umat beragama di Prov. Sumatera Utara, dimana tidak pernah terjadi riak-riak permasalahan antar agama. Hal ini juga dapat dilihat dari perhatian Pemda kepada para pemeluk agama dan aliran kepercayaan yang ada di Kab. Toba Samosir dimana pada setiap perayaan hari besar semua agama dan aliran kepercayaan, Pemda Kab. Toba Samosir selalu hadir dan memberikan apresiasi yang cukup besar.

Kegiatan sosialisasi ini diikuti kurang lebih 100 peserta, yang terdiri dari unsur tokoh agama dan masyarakat se-Kab. Toba Samosir.

(Relis Bagian Humas dan Protokol Setdakab Toba Samosir)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s