BUPATI TOBA SAMOSIR MENDORONG PEMBUATAN PUPUK KOMPOS UNTUK ATASI KELANGKAAN PUPUK KIMIA

Bupati Toba Samosir Pandapotan Kasmin Simanjuntak meninjau lokasi pembuatan dan pengolahan pupuk kompos yang berlokasi di Desa Parbagasan, Kecamatan Uluan, Kabupaten Toba Samosir pada hari Minggu (03/07). Pengoperasian pengolahan dan pembuatan pupuk kompos ini atas prakarsa Prof. DR. Adler Manurung salah seorang putra terbaik Toba Samosir sebagai wujud kepedulian untuk menjawab kesulitan petani dalam menghadapi kelangkaan pupuk kimia. Bupati Pandapotan Kasmin Simanjuntak sangat menyambut baik dan memberikan apresiasi yang tinggi atas kehadiran dan kepedulian putra/i Toba Samosir dari perantauan yang pada kesempatan ini memberikan perhatiannya dengan membangun pengelolaan dan pembuatan pupuk kompos serta menghadirkan investor demi kemajuan pembangunan di  Toba Samosir. Bupati juga mengatakan akan memberikan dorongan dan dukungan sepenuhnya dalam pelaksanaan pembuatan kompos ini karena akan dapat menjawab kelangkaan ketersediaan pupuk kimia, seraya meminta dukungan dari seluruh lapisan masyarakat untuk terus mendorong kemajuan di Toba Samosir. ”Kiranya kita bisa bekerja sama untuk membangun daerah yang kita cinta ini”, ujar Bupati.

Dalam pertemuan ini Prof. DR. Adler Manurung mengatakan Kabupaten Toba Samosir memiliki potensi alam yang tinggi khususnya dalam pembuatan pupuk  kompos/ organik. “Dengan adanya potensi alam yang tinggi ini, saya ingin menerapkan teknologi pembuatan pupuk kompos di Toba Samosir ini sesuai dengan pengalaman saya”, kata Adler. Pada kesempatan tersebut, selama meninjau lokasi pembuatan pupuk kompos ini,  putra kelahiran Tobasa ini juga menghadirkan investor dari luar negeri yakni Gabriel  yang berasal dari Amerika Serikat dan George dari Kanada.

Adler juga menambahkan bahwa selain sebagai pembutan pupuk kompos, keberadaan pengolahan kompos ini akan dapat membantu para petani dalam menghadapi kelangkaan pupuk kimia. “Dengan adanya lokasi pengolahan dan pembuatan pupuk kompos di daerah kita ini maka petani kita tidak kewalahan apabila terjadi kelangkaan pupuk kimia, dengan demikian akan dapat meningkatkan hasil produksi petani yang sendirinya akan meningkatkan kesejahteraannya,” ujar Adler.

Tidak lupa Adler Manurung juga meminta dukungan dan kerjasama Pemerintah Kabupaten Toba Samosir khususnya melalui Yayasan Persaudaraan Bangso Batak (YPBB), sehingga program ini akan mampu memberikan kontribusi yang signifikan demi terwujudnya peningkatan pembangunan di Toba Samosir khususnya di sektor pertanian. “Kami menerapkan pembuatan pupuk kompos dengan bahan baku kotoran ternak (sapi), kemudian akan diolah dengan dikeringkan serta dihaluskan dengan mesin penghalus, setelah itu  dimasukkan ke mixer (parabola) yang nantinya dengan campuran air yang secukupnya akan membentuk butiran. Butiran ini akan dikeringkan selama 4 jam lalu, dan kompos sudah siap digunakan”, jelas Adler.

Adler juga menyampaikan bahwa untuk saat ini, pengolahan dan pembuatan kompos ini telah mampu berproduksi hingga 5 ton per hari. “Kiranya dengan adanya dukungan Bapak Bupati, kita akan bisa memproduksi hingga lebih dari 50 ton”, harapnya disambut tepuk tangan para hadirin.

Beberapa pejabat di Lingkungan Pemkab Toba Samosir terlihat dalam rombongan Bupati ini, diantaranya Asisten Pemerintahan Setdakab Toba Samosir Drs. Rudolf Manurung,Kepala Badan PM dan PD James Silaban, SE, Kabag Humas dan Protokol Setdakab Toba Samosir Arwanto H. Ginting, S.STP, Camat Uluan Elister Manurung, SH,dan  Camat Lumban Julu Drs. Agus Sitorus. Juga terlihat hadir para tokoh masyarakat, pemuka adat dan pemuka agama Kecamatan Uluan.

(Relis Bagian Humas dan Protokol Setdakab Toba Samosir)

2 thoughts on “BUPATI TOBA SAMOSIR MENDORONG PEMBUATAN PUPUK KOMPOS UNTUK ATASI KELANGKAAN PUPUK KIMIA”

    1. yth. eliston lumbantobing

      terima kasih responnya, akan kami usahakan, namun mengingat pengolahan kompos ini masih dalam tahap pengerjaan, kiranya nanti setelah selesai akan kita dapatkan informasi selengkapnya.

      horas
      (redaksi/ kasubbag PPD)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s