Berita Terbaru

PANEN PADI VARIETAS NON HIBRIDA OLEH BUPATI TOBA SAMOSIR

Bupati Toba Samosir Pandapotan Kasmin Simanjuntak, turut serta memanen langsung padi Demonstrasi Plot (demplot) Varietas non Hibrida di Desa Ombur lansang Kec. Silaen, Selasa (05/07/11). Padi yang dipanen adalah varietas Mekongga dan Ciherang yang merupakan bantuan dari Kementerian Pertanian Republik Indonesia.

Dalam sambutannya, Bupati menerangkan bahwa saat ini Kabupaten Toba Samosir diberi target untuk melakukan peningkatan terhadap produksi berasnya sebesar 5% dari 117 ribu ton pada tahun 2010 kemarin. Oleh sebab itu untuk memberhasilkan target tersebut diperlukan faktor pendukung seperti penyediaan sarana produksi pertanian melalui usaha pokok intensifikasi pertanian seperti penggunaan bibit unggul, pembangunan dan rehabilitasi Jaringan Irigasi Desa (JIDES) dan Jaringan Irigasi Tingkat Usaha Tani (JITUT). Usaha intensifikasi lainnya juga dilakukan dengan pengembangan penggunaan pupuk berimbang, penggunaan pupuk organik, proteksi pertanaman dengan melaksanakan Sekolah Lapangan Pengelolaan Lahan melalui pemberian alat mesin pertanian (ALSINTAN) kepada kelompok-kelompok tani. Bupati menambahkan bahwa saat ini Kabupaten Toba Samosir memiliki lahan sawah seluas 18.065 Ha yg tersebar di 16 Kecamatan, namun baru 4.042 Ha yang dapat melaksanakan pola tanam dua kali setahun. Maka untuk merangsang para petani meningkatkan produksi usaha taninya, Pemerintah Kabupaten Toba Samosir telah menjalin kerjasama dengan Kementerian Pertanian RI untuk memberikan bantuan kepada para petani berupa bantuan benih unggul, bantuan langsung pupuk dan perluasan indek pertanaman melalui Sekolah Lapangan Pengelolaan Tanaman Terpadu (SL-PTT).

Panen raya tersebut juga dihadiri oleh Ketua DPRD Kab. Tobasa Sahat Panjaitan beserta beberapa Anggota DPRD Kabupaten Tobasa  Togar Manurung, Monang Naipospos, Dua Robert Hutajulu, Sabam Simanjuntak dan Mangapul Siahaan. Disamping itu, juga terlihat hadir Kabag Humas dan Protokol Arwanto H. Ginting, S.STP, Camat Laguboti Taruli Siagian, SH, Kapolsek Silaen AKP Eddi S dan Danramil Silaen Kapten M. Simanjuntak serta anggota Kelompok Tani Sitambiri dan Kelompok Tani Sadalan.

Mengakhiri sambutannya, Bupati berharap agar petani di seluruh Kabupaten Toba Samosir khususnya Kecamatan Silaen akan mendukung program ini dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan demi terwujudnya visi Kabupaten Toba Samosir yang memiliki, “Kasih, Peduli dan Bermartabat”. Pada panen padi tersebut Bupati Tobasa, Ketua serta Anggota DPRD Toba Samosir yang hadir juga menyerahkan bantuan benih padi kepada Kelompok Tani Sitambiri dan Kelompok Tani Sadalan sebagai kelompok tani perintis dalam upaya pertanaman dua kali tanpa meninggalkan tradisi lokal yaitu dengan cara satu kali pertanaman dengan varietas lokal dan pertanaman kedua menggunakan varietas unggul.

Pada kesempatan itu Ketua DPRD mengucapkan selamat atas uji coba ini serta berharap untuk kedepannya agar para kelompok tani dapat melaksanakan program ini dengan sebaik-baiknya serta meminta Dinas Pertanian agar terus meningkatkan kinerjanya hingga target produksi padi oleh Kementerian Pertanian dapat tercapai.

Sementara itu berdasarkan laporan Kadis Pertanian, Ir. Parlindungan, bahwa setelah dilakukan penimbangan atas panen yang telah dilaksanakan tadi, varietas unggul ini dapat menghasilkan padi sebanyak 9,4 Ton/Ha. Parlindungan juga menambahkan bahwa saat ini Pemerintah Pusat telah memberikan bantuan langsung benih unggul sebanyak 144 Ton, cadangan benih nasional 50 ton, bantuan langsung pupuk berupa, pupuk organik sebanyak 1.728 ton, NPK sebanyak 576 Ton dan pupuk organik cair sebanyak 11.520 liter serta bantuan berupa pemberian alat mesin pertanian.

(Relis Bagian Humas dan Protokol Setdakab Toba Samosir)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s