UNTUK TINGKATKAN KESETIAKAWANAN SOSIAL DAN KEPEDULIAN, PEMKAB TOBA SAMOSIR LAKSANAKAN BHAKTI SOSIAL

Pemerintah Kabupaten Toba Samosir melalui Dinas Kesehatan bekerjasama dengan Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Cabang Balige, MUI Toba Samosir serta IPHI Provinsi Sumatera Utara menyelenggarakan bhakti sosial  dalam bentuk kegiatan “Khitanan Massal Gratis” di Balige pada hari Minggu (03/07). Bupati Pandapotan Kasmin Simanjuntak yang hadir pada kegiatan ini dalam sambutannya berharap melalui kegiatan ini akan mampu meningkatkan tingkat kesehatan masyarakat sehingga dapat berperan serta dalam pembangunan di Toba Samosir khususnya dalam mewujudkan masyarakat yang penuh kasih, peduli dan bermartabat. Tidak lupa Bupati juga mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh pihak terkait dalam pelaksanaan kegiatan tersebut hingga dapat berjalan baik dan sukses dan berharap kegiatan serupa akan dapat dilaksanakan secara berkelanjutan di masa mendatang.

Bhakti sosial sebagai kegiatan mewujudkan kesetiakawanan sosial juga mampu menjadi sarana yang efektif dalam menyalurkan kepedulian terhadap sesama, dengan demikian kebersamaan diantara masyarakat dapat terpupuk dan terpelihara dengan baik. Sebagaimana laporan yang disampaikan panitia penyelenggara, khitanan massal yang mengambil tempat di Kantor IPHI Toba Samosir ini, diikuti peserta berjumlah sekitar seratusan orang yang berasal dari beberapa kecamatan di Toba Samosir diantaranya dari Kecamatan Balige, Laguboti, Bonatua Lunasi dan dari Kecamatan Porsea. Pelaksanaan kegiatan “sunatan massal” sebagai bentuk kepedulian sosial ini ditangani oleh dr. Laily dan Ramadan Siregar dari Rumah Sakit Umum Daerah Porsea serta turut dibantu petugas medis dari Puskesmas setempat .

Pada kegiatan yang berlangsung dengan penuh keakraban ini, disamping dihadiri Pengurus IPHI Provinsi Sumatera Utara H. Ahmad Husein (Ketua)  dan H. Chaeruddin (Sekretaris)  serta Pengurus IPHI Tobasa dengan H. MT. Sibarani (Ketua), H. Arief Subairi (Sekretaris) dan Hj. Hotmauli Manurung (Bendahara), beberapa pejabat di Lingkungan Pemkab Toba Samosir juga terlihat hadir, diantaranya Asisten Pemerintahan Drs. Rudolf Manurung, Kaban PM dan PD James Silaban, SE, Plt. Kadis Kesehatan dr. Haposan Siahaan, M.Kes, Kabag Humas dan Protokol Arwanto H. Ginting, dan Camat Balige Sahala Siahaan.

PEMKAB TOBA SAMOSIR JUGA LAKSANAKAN BHAKTI SOSIAL DI NASSAU

Sehari setelah pelaksanaan Bhakti Sosial di Balige, Senin (04/07/11), Pemerintah Kabupaten Toba Samosir melalui Dinas Kesehatan kembali melaksanakan Bhakti Sosial berupa pengobatan gratis dan khitanan massal bagi masyarakat tidak mampu di Kecamatan Nassau yang dipusatkan di Desa Lumban Rau Timur dan Desa Sinta Dame, Kecamatan Nassau. Kegiatan Bhakti Sosial yang dihadiri Bupati Toba Samosir Pandapotan Kasmin Simanjuntak ini mengangkat tema, “Dengan Bhakti Sosial Pengobatan Gratis dan Khitanan Massal Kita Tingkatkan Kesetiakawanan Sosial dan Kepedulian Pemerintah Kabupaten Toba Samosir terhadap sesama Warga Khususnya Masyarakat di Kec. Nassau”. Turut hadir mendampingi Bupati pada kegiatan ini, antara lain Asisten Pemerintahan Drs. Rudolf Manurung, Kadis Kehutanan Hormat Panjaitan, Plt. Kadis Kesehatan dr. Haposan Siahaan, M.Kes, Kabag Humas dan Protokol Arwanto H. Ginting, S.STP dan Camat Nassau Tumpak Simanjuntak, SH.

Bupati Toba Samosir dalam sambutannya mengatakan bahwa pembangunan bidang kesehatan merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari pembangunan nasional, untuk itu diperlukan adanya komitmen dari Pemkab, yang salah satunya diwujudkan dengan pelaksanaan kegiatan Bhakti sosial  ini.  “Bhakti sosial ini diharapkan dapat menjangkau seluruh masyarakat di Kec. Nassau karena banyak manfaat yang diperoleh sehingga derajat kesehatan masyarakat semakin meningkat”, harap Bupati.

Plt. Kadis Kesehatan yang ditemui di lokasi menjelaskan bahwa kegiatan ini akan dilaksanakan selama 2 (dua) hari, sampai dengan hari Selasa (05/06/11) dengan tujuan untuk meningkatkan akses dan pemerataan pelayanan kesehatan masyarakat serta sebagai bentuk kepedulian untuk membantu masyarakat muslim yang belum berkhitan. Haposan juga menambahkan bahwa kegiatan ini akan diikuti lebih dari 300 orang untuk pengobatan gratis dan 68 orang untuk khitanan.

Pelaksanaan Bhakti Sosial ini mendapat antusiasme yang sangat besar, khususnya masyarakat di Desa Sinta Dame. Tokoh masyarakat Desa Sinta Dame, A. Nababan mengatakan, “saya mewakili masyarakat Desa Sinta Dame menyambut baik dan berterimakasih atas kepedulian Pemkab Toba Samosir atas pelaksanaan Bhakti Sosial ini”. Juga tampak hadir pada acara tersebut Kapolsek Habinsaran, AKP. W. Siagian dan Kades Sinta Dame Muara Pardosi, serta ratusan masyarakat Desa Sinta Dame.

(Relis Bagian Humas dan Protokol Setdakab Toba Samosir)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s