BUPATI TOBA SAMOSIR : “JADILAH PELAYAN YANG BAIK DAN ALAT PEMERSATU”

Demikian disampaikan langsung Bupati Toba Samosir Pandapotan Kasmin Simanjuntak kepada 12 (dua belas) kepala desa (kades) yang baru dilantik dan diambil sumpahnya pada hari Kamis (14/07) di Balai Data Kantor Bupati Toba Samosir di Balige. Ketika mengambil sumpah/ janji para kepala desa tersebut, Bupati juga mengingatkan para kepala desa bahwa sumpah/ janji yang mereka ucapkan mengandung tanggung jawab terhadap bangsa dan negara, tanggung jawab memelihara dan menyelamatkan Pancasila dan UUD 1945 serta tanggung jawab untuk kesejahteraan masyarakatnya. “Artinya, saudara telah mengikat janji dengan Tuhan Yang Maha Esa dalam menjalankan tugas sebagai Kepala Desa”, kata Bupati.

Pada kesempatan tersebut, para kepala desa yang baru dilantik diingatkan untuk tidak mengangkat sekretaris desa, karena sebagaimana amanat Peraturan Pemerintah Nomor 72 tahun 2005, sekretaris desa akan diangkat dari pegawai negeri sipil oleh sekretaris daerah kabupaten atas nama bupati. Dalam melaksanakan tugas-tugasnya, Bupati juga meminta kepada para kepala desa untuk selalu tanggap dan sigap dalam memperhatikan prioritas kebutuhan masyarakatnya. Para kepala desa juga harus mampu memupuk kerjasama dengan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) dalam merumuskan kebijakan yang akan ditempuh khususnya dalam rencana pembangunan dan peningkatan pelayanan kepada masyarakat di desanya.

Acara pelantikan yang  juga dirangkai dengan pemasangan tanda pangkat dan jabatan kepada seluruh kades tersebut, juga dihadiri Asisten Pemerintahan Drs. Rudolf Manurung, Kaban PM dan PD James Silaban, SE, Kabag Pemerintahan Oloan Pane, Kabag Humas dan Protokol Arwanto H. Ginting, SSTP dan para camat dari seluruh kepada desa yang dilantik.

Berdasarkan Surat Keputusan Bupati Nomor 174 tahun 2010, Surat Keputusan Bupati masing-masing nomor 130, 131, 132, 133, 158, 160 dan nomor 161 tahun 2011, para kepala desa yang dilantik dan diambil sumpahnya adalah Tasman Tambunan (Kades Lumban Pea Timur, Kec. Balige), Pandapotan Sirait (Kades Dolok Nauli, Kec. Parmaksian), Heli Falber Manurung (Kades Jonggi Manulus, Kec. Parmaksian), Harmen Simangunsong (Kades Parparean IV, Kec. Porsea), Abidan Silaen (Kades Siringkiron, Kec. Silaen), Anggiat Naiborhu (Kades Natolutali, Kec. Silaen), Jasben Rudi Aziz Tambun (Kades Silombu, Kec. Bonatua Lunasi), Donglas Naiborhu (Kades Naga Timbul Timur, Kec. Bonatua Lunasi), Janso M. Butar-Butar (Kades Partoruan Lumban Lobu, Kec. Bonatua Lunasi), Antoni Erikson Sitorus (Kades Lumban Sangkalan, Kec. Bonatua Lunasi), Agen Simangunsong (Kades Panamparan, Kec. Habinsaran) dan Basri Siagian (Kades Bonan Dolok I, Kec. Balige).

Di akhir acara, para kepala desa beserta keluarga yang baru dilantik berkesempatan menerima ucapan selamat bertugas dari Bupati dan dari para pejabat di Lingkungan Pemkab Toba Samosir, setelah itu ditutup dengan sesi photo bersama.

(Relis Bagian Humas dan Protokol Setdakab Toba Samosir)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s