BUPATI TOBA SAMOSIR AJAK SUKSESKAN PPLS 2011

Bupati Toba Samosir Pandapotan Kasmin Simanjuntak diwakili Asisten Adminitrasi Umum Lodewyk Panjaitan, SH membuka pelaksanaan Sosialisasi Pendataan Program Perlindungan Sosial (PPLS) 2011 di Balai Data Kantor Bupati Toba Samosir, Kamis (14/07) di Balige. Mengingat pentingya pelaksanaan pendataan ini, dalam sambutan tertulisnya, Bupati mengajak seluruh pihak terkait, khususnya jajaran di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Toba Samosir hingga tingkat desa/ kelurahan untuk memberikan dukungan yang optimal dan maksimal sesuai dengan kewenangannya guna mensukseskan pelaksanaan PPLS ini.

Bupati juga mengatakan bahwa untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat dan kehidupan yang bermartabat sebagai bagian dari pemenuhan dari hak-hak dasar warga negara secara layak, diperlukan langkah-langkah penanganan dan pendekatan yang sistematik, terpadu dan menyeluruh. Langkah-langkah sistematik itu salah satunya dengan pelaksanaan pendataan untuk memperoleh basis data yang nantinya akan dipergunakan sebagai data acuan pelaksanaan program yang tepat sasaran dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat.

Ketua DPRD Toba Samosir Sahat Panjaitan yang juga hadir pada kegiatan ini, pada bimbingan dan arahannya mengharapkan agar pendataan/ pencacahan yang dilakukan agar benar-benar dilaksanakan untuk memperoleh data yang akurat dan update. Sahat juga meminta, agar para petugas pendata/ pencacah untuk difasilitasi dalam tugasnya mengingat kondisi wilayah Kabupaten Toba Samosir untuk beberapa lokasi masih sulit untuk dijangkau.

Kegiatan sosialisasi yang dimaksudkan untuk meminta dukungan dan partisipasi aktif dari seluruh elemen masyarakat dan pemerintah untuk memberhasilkan pendataan PPLS 2011 ini, menghadirkan pembicara Drs. Rufiansyah Putra, MSi yang juga menjabat Kepala Bagian Tata Usaha pada Badan Pusat Statistik Provinsi Sumatera Utara. Dalam makalah yang disampaikannya, Rufiansyah memaparkan seputar pembuatan basis data terpadu dan metodologi pendataan untuk program perlindungan sosial.  Sesuai dengan data yang disajikan, untuk wilayah Toba Samosir petugas lapangan yang bertugas untuk melakukan pendataan terdiri dari 16 orang pemeriksa lapangan (PML) didukung dengan 68 orang petugas pencacah lapangan (PCL). Setiap PCL akan bertugas untuk mendata +  3-4 desa dalam kurung waktu 30 hari dari tanggal 15 Juli hingga 14 Agustus 2011.

Selama pelaksanaan pendataan, adapun data yang dikumpulkan adalah data yang meliputi keterangan rumah tangga dan data keterangan sosial ekonomi anggota rumah tangga (ART). Data keterangan rumah tangga meliputi status penguasaan bangunan, luas dan jenis lantai, jenis dinding dan atap, sumber air minur, sumber penerangan, bahan bakar untuk memasak, fasilitas wc dan tinja, kepemilikan aset dan kepesertaan dalam program perlindungan sosial. Sementara untuk data keterangan sosial ekonomi ART mencakup nama, jenis kelamin, umur, status perkawinan, kecacatan, penyakit menahun, kehamilan, pendidikan dan kegiatan ekonomi ART yang ber usia 5 tahun ke atas.

PPLS 2011 itu sendiri dilaksanakan dengan tujuan untuk memperoleh basis data utama dan terpadu secara nasional untuk selanjutnya dipergunakan dalam berbagai program perlindungan sosial di tingkat pusat dan daerah. Melalui data yang diperoleh akan dapat diketahui keberadaan rumah tangga menengah ke bawah yang nantinya akan bermanfaat pada pelaksanaan program pembangunan yang tepat sasaran. Sebelumnya kegiatan PPLS ini pertama kali dilaksanakan pada tahun 2008 untuk pemutakhiran data yang selanjutnya digunakan sebagai basis data Rumah Tangga Sasaran Bantuan Tunai Langsung (RTS BTL). Data tersebut juga selanjutnya telah banyak digunakan dalam berbagai program program pemerintah yang bertujuan untuk mempercepat pengentasan kemiskinan, seperti Program Jamkesmas, Program Keluarga Harapan, Beras untuk Orang Miskin (Raskin), Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) dan program-program lainnya.

Kegiatan sosialisasi yang diselenggarakan oleh Badan Pusat Statistik Kabupaten Toba Samosir ini selama sehari ini mengangkat thema “Wujudkan Basis Data Sosial Ekonomi Terpadu yang Berkualitas untuk Mewujudkan Kesejahteraan Masyarakat”.  Dalam sosialisasi yang diisi dengan dialog interaktif ini, terlihat hadir Drs. Arusdin Sagala dan CY Hasugian (Staf Ahli Bupati), Kaban PM dan PD James Silaban, SE, Kabag Organisasi Drs. Marlindo Sibarani, Kabag Pemerintahan Oloan Pane, Kabag Kessos Almen Tambunan, Plt. Kabag Hukum Jhonny Sinaga, SH, MH dan para Camat se-Kabupaten Toba Samosir.

(Relis Bagian Humas dan Protokol Setdakab Toba Samosir)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s