14 LEMBAGA PAUD DI TOBA SAMOSIR TERIMA BANTUAN DARI CSR BNI 46

Program Pendidikan Anak Usia Dini atau PAUD merupakan salah satu amanat Undang Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, pada pasal 1 ayat 14 berbunyi, “Pendidikan Anak Usia Dini adalah suatu upaya pembinaan yang ditujukan kepada anak sejak lahir sampai dengan usia enam tahun yang dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut”. “Program ini sangat penting karena usia 0 s/d 6 tahun merupakan masa emas pembentukan otak dan karakter anak. Hal ini juga senada dengan salah satu falsafah Batak, yaitu “Sala Mandasor Sega Luhutan”. Demikian disampaikan Bupati Toba Samosir melalui kata sambutannya yang dibacakan oleh Wakil Bupati, Liberty Pasaribu, SH., M.Si., pada acara penyerahan bantuan BNI 46 Cabang Balige. Bantuan tersebut merupakan bentuk kepedulian Bank BNI 46 melalui Corporate Social Responsibility (CSR) mereka sebagaimana amanat Undang Undang Nomor 40 Tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas pada pasal 74.

Penyerahan bantuan dilakukan secara simbolis oleh Wakil Kepala BNI 46 Cabang Balige, Rudi Harsa, kepada Pemkab Toba Samosir yang diterima Wakil Bupati. Bantuan tersebut kemudian diserahkan Wakil Bupati kepada Kepala Dinas Pendidikan, yang diwakili Sekretaris Dinas Pendidikan, Drs. Marangkup Sinurat, untuk disebarkan kepada 14 PAUD di Kab. Toba Samosir. Penyerahan CSR ini dilaksanakan pagi tadi (Selasa, 19/07/2011) di halaman SMP N 1 Satu Atap, Desa Lintong Nihuta, Kec. Tampahan.

Pada kesempatan tersebut Bupati juga mengajak seluruh lapisan masyarakat agar turut bertanggung jawab menjaga keberlangsungan program PAUD dengan melakukan pendampingan, penguatan lembaga, monitoring dan evaluasi, serta dukungan dari segenap lembaga baik BUMN maupun BUMD. Bupati juga mengucapkan terimakasih kepada Pimpinan BNI 46 beserta segenap jajarannya atas dukungan dan bantuan nyata kepada 14 PAUD di Kab. Toba Samosir, dan berharap kiranya hal ini diikuti oleh lembaga BUMN, BUMD serta perusahaan lainnya yang berada di Kab. Toba Samosir.

Sementara itu, Rudi Harsa mengatakan CSR yang diserahkan, merupakan program BNI  46 Pusat, dimana Bank BNI Cabang Balige ditunjuk menjadi salah satu penyelenggaranya. Rudi menambahkan bahwa program ini bersifat berkelanjutan dan berharap semoga di tahun mendatang BNI 46 Cabang Balige masih ditunjuk untuk melaksanakan hal yang sama. Rudi juga berharap kiranya bantuan ini dapat dipelihara dengan baik agar dapat dipergunakan secara berkelanjutan.

Adapun bantuan yang diberikan yaitu 10 (sepuluh) unit Komedi Putar, 4 (empat) unit Panjatan Pelangi, 4 (empat) unit Jungkitan, 2 (dua) unit ayunan lempar, 10 (sepuluh) unit APE dalam, dan 2 (dua) unit ayunan hadapan.

Acara yang juga dirangkai dengan pengukuhan siswa/i baru kelas VII SMPN 1 Satu Atap ini juga dihadiri Wakil Ketua TP PKK Toba Samosir Agustina Sambenga br. Sibuea, SKM. Turut hadir Staf Ahli Bupati bidang Pemerintahan Drs. TA. Dugat Panjaitan, Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan DR. C.Y. Hasugian, Kabag Humas dan Protokol Arwanto H. Ginting, S.STP, Camat Tampahan Manoras Taraja, SH., Danramil Balige Kapten Inf. P. Siahaan, Kades Lintong Nihuta Holong Simanjuntak, para guru, siwa/I SMPN 1 Satu Atap Tampahan, serta anak-anak peserta PAUD.

(Relis Bagian Humas dan Protokol Setdakab Toba Samosir)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s