Berita Terbaru

WABUP LIBERTY PASARIBU PERINTAHKAN JAJARANNYA IKUTI PERATURAN

(Senin,25/07) Dalam rapat koordinasi di Balai Data, Kantor Bupati Toba Samosir yang bertajuk pembinaan dan evaluasi pelaksanaan program pembangunan Tahun 2011 yang dihadiri oleh seluruh pimpinan SKPD yang terdiri dari kepala dinas, kepala kantor, camat dan para kepala bagian, Wakil Bupati Toba Samosir Liberty Pasaribu, SH, MSi kembali menekankan seluruh aparatnya untuk memberikan perhatian penuh atas tugas dan tanggung jawabnya serta dapat bekerja secara profesional, sehingga sasaran yang diinginkan dapat tercapai dalam peningkatan pembangunan di Toba Samosir. Wakil Bupati juga meminta kepada seluruh pimpinan SKPD untuk mengoptimalkan kerjasama dan koordinasi secara internal. Liberty Pasaribu mengharapkan agar seluruh jajaran di Lingkungan Pemkab Toba Samosir dapat bekerja sesuai dengan ketentuan yang berlaku. “Ikuti aturan dan peraturan yang ada…!” perintahnya.

Pembahasan seputar realisasi pelaksanaan fisik kegiatan dan penyerapan dana pada seluruh SKPD TA 2011 juga dilakukan pada rapat koordinasi ini, dimaksudkan untuk lebih mendorong dan memacu percepatan pelaksanaan program dan kegiatan sebagaimana dengan perencanaan yang telah ditetapkan. Pemaparan realisasi penyerapan anggaran dan pelaksanaan fisik ini disampaikan oleh Kepala Bagian Administrasi Pembangunan Setdakab Toba Samosir Tumpal M. Malau setelah mengkompilasi laporan yang sudah disampaikan seluruh SKPD.

Untuk tertib administrasi dalam pengelolaan keuangan daerah, khususnya dalam penyerapan dana yang bersumber dari DAK, Kadis PPKKD Thamrin Simanjuntak mengharapkan agar para pengguna DAK mempedomani Peraturan Menteri Keuangan Nomor 126/PMK.07/2010 tentang Pelaksanaan dan Pertanggungjawaban Anggaran Transfer ke Daerah. Mengingat mekanisme pencairan dana nya telah diatur, Thamrin berharap khususnya SKPD yang telah melakukan proses lelang/ tender DAK untuk segera menyelesaikannya pencairannya karena pencairan dana untuk DAK telah ditentukan batas akhirnya. “Keterlambatan pencairan dana, dapat berakibat dana tidak dapat dicairkan lagi”, ujarnya.

Pada kesempatan lain, Inspektorat Kabupaten melalui Inspektur Augus Simanjuntak sebagai leading sector pelaksana pengawasan internal, mengharapkan agar pengawasan internal oleh para pimpinan SKPD berupa waskat dapat lebih ditingkatkan untuk menekan temuan yang timbul dalam pemeriksaan.”Pengawasan yang baik serta tertib administrasi, akan menghasilkan kinerja yang baik pula”, kata Augus. Khusus dalam pengawasan pelaksanaan pembangunan fisik, Augus berharap, agar monitoring dapat dilakukan secara optimal oleh para pimpinan SKPD khususnya kepada pengawas dari pihak ketiga.

Mengakhiri rapat koordinasi ini, Drs. Liberty Manurung MM Biztel selaku Plt Sekdakab mengharapkan agar hal-hal yang diungkapkan dan telah dibahas pada rakor tersebut dapat menjadi perhatian lebih lanjut para pimpinan SKPD dan dapat dijadikan sebagai alat evaluasi dalam menjalankan tugas-tugas untuk mendorong capaian kinerja yang diharapkan. Liberty Manurung juga memerintahkan agar seluruh SKPD dapat menyampaikan laporan realisasi fisik dan keuangan secara berkala dan berkesinambungan kepada Inspektorat Kabupaten guna lebih meningkatkan kualitas pelaksanaan tugas melalai pengawasan. Menanggapi masih rendahnya penyerapan dana dan pelaksanaan fisik, para pimpinan SKPD diminta untuk melakukan langkah-langkah yang nyata dalam mencapai target yang telah ditetapkan sehingga pelaksanaan program dan kegiatan dapat berjalan sesuai rencana dan dalam koridor peraturan yang berlaku. Sementara itu, terkait dengan masih rendahnya kemampuan dan pemahaman yang dimiliki bendaharawan dalam pengelolaan keuangan daerah, Drs. Liberty Manurung, MM Biztel meminta Dinas PPKKD Kabupaten Toba Samosir untuk mengagendakan pelaksanaan pelatihan peningkatan kompetensi bagi para bendaharawan.

(Relis Bagian Humas dan Protokol Setdakab Toba Samosir)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s